Indonesia Jadi Tuan Rumah Hot Wheels Legends Tour Tahun Ini, Ajang 'Lebaran' Pecinta Diecast Dunia

Hot Wheels Legend Tour

JAKARTA, Carvaganza - Sejak pertama kali digelar pada 2018 silam Hot Wheels Legends Tour akan kembali digelar tahun ini dan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Gelaran ini sebelumnya diadakan di beberapa negara seperti Malaysia, New Zealand, Jerman, Brazil, Meksiko, Inggris dan Jepang serta telah menghasilkan ribuan modifikasi Hot Wheels setiap tahunnya. 

Hot Wheels Legends Tour Indonesia juga merupakan bentuk dukungan dari Hot Wheels kepada kemajuan industri otomotif, terutama di bidang modifikasi mobil. Selain itu, diharapkan lewat ajang Hot Wheels Legends Tour ini dapat memperkuat hubungan antara pecinta Hot Wheels di Indonesia maupun di beberapa negara lainnya. 

Terdapat beberapa tahap yang akan diterapkan pada kompetisi Hot Wheels Legends Tour yang nanti pemenangnya akan berkesempatan untuk diabadikan sebagai miniatur mobil diecast Hot Wheels berskala 1:64, yang akan diproduksi dan dipasarkan secara masal ke seluruh dunia.

Hot Wheels Legend Tour

Bagi peserta yang ingin mengikuti ajang Hot Wheels Legends Tour Indonesia ini dapat mendaftarkan diri mulai 1 Juni sampai dengan 5 Agustus 2022 lewat website www.hotwheelsindo.com dengan mengunduh foto-foto dan video modifikasi mobilnya serta data personal pemiliknya.

Baca Juga: Deretan Pabrikan Ini Segera Ganggu Dominasi Toyota di Le Mans

Pada penyelenggarannya Hot Wheels Legends Tour Indonesia akan berkolaborasi dengan beberapa media otomotif, media diecast, dan juga influencer otomotif. Selain itu Hot Wheels Legends Tour Indonesia juga bekerja sama dengan komunitas modifikasi The ELITE dan ajang modifikasi mobil terunik ini diharapkan dapat menarik kurang lebih 500 peserta dari seluruh Indonesia.

“Setelah empat tahun dan puluhan acara telah digelar, sungguh luar biasa melihat perkembangan Hot Wheels Legends Tour, baik di AS maupun di luar AS,” kata Ted Wu, Vice President, Global Head of Design for Vehicles, Mattel.

“Mengalihkan sebagian besar acara dengan konsep virtual selama dua tahun terakhir, kami melihat kompetisi telah bersatu dalam sebuah komunitas pegiat modifikasi global dan penggemar Hot Wheels yang sepenuhnya baru. Kami bersemangat untuk melanjutkan pertumbuhan ini pada tahun 2022 ketika kami kembali acara langsung yang merupakan akar kami. Kompetisi tahun ini dijamin menjadi yang terbaik, dan kami tidak sabar untuk melihat berbagai modifikasi luar biasa yang akan muncul selama tur,” pungkasnya.

Hot Wheels Legend Tour

Nantinya dari seluruh peserta yang terdaftar akan diambil lima puluh (50) mobil modifikasi terbaik yang kemudian dinilai kembali untuk dicarikan 1 pemenang dalam sebuah acara khusus Indonesia Finals pada bulan Agustus 2022.

Sementara itu akan terdapat sejumlah kriteria penilaian dari juri, di antaranya inspirasi yang diambil untuk mobil modifikasinya, karakter desain, orisinalitas, garage spirit dan performa atau kelayakan kendaraan di jalan rata.

Penjurian akan dilakukan langsung secara online oleh para desainer Hot Wheels pusat. Sementara juri dari Indonesia akan diwakili oleh Audi Wajong dari kalangan pegiat otomotif, Didiet Bandietoz dari Bandietoz Garage Custom, dan Feldani Effendy pemimpin redaksi Majalah Diecast Indonesia sekaligus kolektor diecast.

Hot Wheels Legend Tour

Pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia akan mendapatkan kesempatan masuk dalam APAC (Asia Pacific) Semifinal dan berlanjut ke Global Semifinal di mana pemenang akan diadu dengan seluruh pemenang dari masing-masing negara. Ajang Global Semifinal ini akan dilakukan secara virtual oleh para juri internasional dari Hot Wheels Amerika pada bulan Oktober 2022.

Semifinalis tersebut akan masuk dalam fase terakhir yaitu Global Grand Finals secara virtual pada tanggal 12 November 2022. Kesepuluh finalis tersebut akan datang dari Amerika Serikat, Amerika Latin, Asia Pacific dan EMEA (Eropa, Middle East dan Africa).

Pemenang yang beruntung akan  mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah, merchandise eksklusif lainnya dan sertifikat autentik dari Hot Wheels, serta kesempatan memenangkan diecast collector cars edisi khusus Hot Wheels Legends Tour.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 8 Pelanggaran Yang Ditindak Selama Operasi Patuh Jaya 2022

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature