Beranda Modification Hyundai Genesis Coupe Disulap Jadi Baja Runner, Adopsi LS2

Hyundai Genesis Coupe Disulap Jadi Baja Runner, Adopsi LS2

CALIFORNIA, Carvaganza.com – Sudah banyak banget mobil yang dimodif jadi mobil balap Baja. Istilahnya Baja Runner. Dari mobil sedan, SUV sampai pikap. Bahkan ada juga mobil Porsche lama yang disulap jadi mobil sejenis. Hasilnya gokil, betul-betul beda dari orisinilnya.

Nah kemarin, seorang penggemar motorsport asal California, Amerika, membangun Hyundai Genesis coupe model tahun 2010  menjadi Baja Runner. Baja (baca Baha) atau nama resminya Baja 1000 adalah balapan off-road di Meksiko yang digelar setiap tahun di Semenanjung Baja California.

Balapan ini digelar atas ide Ed Pearlman tahun 1967 dan merupakan sanction motorsport SCORE International. Tercatat sebagai salah satu balapan off-road paling bergengsi di dunia dengan peserta mancanegara seperti Argentina, Australia, Brasil, Belgia, Kanada, Amerika, Jerman, Prancis dan lain-lain.

Baca juga: Bikin Mobil Listrik Bergaya Balap, Lihat Paket Modifikasi Porsche Taycan Ini

Baja 1000 adalah kompetisi putaran terakhir dari empat seri yang digelar setiap tahun. Tiga balapan lainnya adalah SCORE Desert Challenge, SCORE San Felipe 250 dan SCORE Baja 500. Baja 1000 diikuti oleh semua tipe mobil yang dibagi berdasarkan kelas yakni kelas mobil, truk, sepeda motor, ATV dan Buggy.

Kembali ke soal Hyundai Genesis coupe. Sebenarnya, modif mobil ini sudah ada di channel Youtube setahun lalu. Diposting oleh Alex Ankrom. Tapi waktu itu belum jadi booming karena belum diposting di marketplace Facebook. Nah, berita ini jadi heboh karena diposting di FB dengan harga jual US$ 15.000 (sekitar Rp 190 jutaan).

Apa istimewanya mobil ini? Pasalnya kalau dilihat dari tampang sudah awut-awutan. Pipa baja sudah melintang dimana-mana, termasuk ruang mesin. Yang pasti, yang pertama paling istimewa  adalah powernya. Didongkrak jadi 400 hp, lantas dibenamkan LS2 yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-speed Tremec T56. Nah komponen itu dicomot dari Pontiac GTO 2006 dan dipadukan menjadi satu unit kesatuan girboks.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Dimodifikasi a la Trueno AE86 di Film Initial D

Baca juga: Berkonsep Offroad, Honda Jazz Ini Dimodifikasi Ekstrem

Mengutip web www.thedrive.com, suspensi standar sudah dibuang diganti dengan custom suspensi four-link. Suspensi depan juga custom dan suspensi coilover King sudah dilengkapi external reservoir. Pemilik mengklaim bahwa total travel suspensi kendaraan tersebut 14 inci, jarak main yang cukup aman untuk Baja Runner.

Untuk mendukung pengereman, pemilik memodif alat henti ini agar kecepatan mobil bisa diimbangi dengan daya henti yang presisi. Makanya diadopsi rem Brembo dengan master cylinder Wilwood. Rem tangan diganti dengan sistem hidrolik. Untuk melindungi pengemudi dari bantingan jika mobil terpelanting, diberi roll-bar multi titik. Saking nyelenehnya sang pemilik, roll-bar di cat warna-warni. Kalau untuk jendela dan pintu jangan harap ada. Kalau pun ada, kacanya tak bisa dibuka tutup secara otomatis.

Baca juga: Modifikasi Toyota Fortuner, Off-roader dari Bollywood

Apakah dengan harga US$ 15.000 dollar mobil itu masih worth it? Tergantung Anda melihatnya dari kaca mata mana. Dari kaca mata pemilik tentu saja iya. Kalau sudah begini, harga tidak menjadi patokan. Kalau pun Anda beli, harga tersebut bisa logis saja.

Tentu jangan harap bisa senyaman sedan karena mobil ini sudah disiksa habis-habisan. Tapi barang-barang yang dibenamkan di dalamnya, mahal-mahal. LS5 dan Tremec T56nya bisa dicopot dan dijual lagi. Tapi kalau Anda senang off-road dan motorsport seperti Baja 1000, pasti mobil itu akan diajak untuk ikutan kompetisi atau sekadar menyalurkan hobi.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...

100 Mobil Meriahkan Ultah Ke-2 Jakarta All New Corolla (JANC) Senayan

JAKARTA, Carvaganza – Perayaan ulang tahun merupakan hal yang ditunggu komunitas mobil. Seperti pecinta Toyota Corolla Generasi ke-8 (1996 – 2001) yang tergabung dalam...