Beranda Updates Honda Patenkan Transmisi 11 Kecepatan

Honda Patenkan Transmisi 11 Kecepatan

TOKYO, 24 Agustus 2016 – Saat ini gear perpindahan gigi terbanyak adalah 10-kecepatan. Namun Honda Motor Co. Ltd membuat terobosan. Honda membuat transmisi baru dengan jumlah gear hingga 11-kecepatan. Hak paten tersebut di sahkan pada tanggal 27 Mei 2016 silam disaksikan oleh Izumi Masao.

Nah, yang mengejutkan adalah transmisi tersebut tak hanya menggunakan 11 gear, namun juga menggunakan 3 buah kopling. Saat ini jumlah kopling terbanyak hanya 2 buah. Kebanyakan penggunaan dual-clutch terdapat di mobil super hingga hypercar.

Honda memilih penggunaan kopling 3 buah adalah untuk mengurangi adanya torque removal. Dimana torque removal kerap terjadi pada transmisi dual-clutch. Jika melihat visi Honda yang mengutamakan efisiensi, mungkin transmisi otomatis triple-clutch 11-kecepatan sangat cocok untuk diaplikasikan.

Oh ya, transmisi ini kemungkinan akan digunakan pada mobil Honda di masa depan. Namun sampai saat ini kita belum mengetahui mobil apa yang akan menggunakan transmisi ini. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini mobil super milik Honda hanyalah Honda NSX.

Oh ya, Honda merupakan pabrikan kedua yang mengesahkan transmisi 11-kecepatan. Pabrikan pertama yang mengesahkan transmisi tersebut adalah Ford. Ford mengesahkan transmisi tersebut 3 tahun lalu.

TITO LISTYADI

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza