Honda Mendebut Civic 2022 Ke Publik Padahal Baru Prototipe

TOKYO, carvaganza -  Pabrikan Honda baru saja menyelesaikan perkenalan prototipe Honda Civic terbaru lewat virtual. Banyak yang bertanya, buat apa Honda mendebutkan mobil yang masih purwarupa ke hadapan publik?

Kita jangan lupa, percaya atau tidak, umur Honda Civic itu sudah hampir 50 tahun. Sampel pertamanya masuk ke jalur produksi di Jepang tahun 1972. Sejak itu, sedan kecil plus  varian hatchbacknya menjadi makanan pokok bagi segmen sedan di Amerika. Honda Civic mendunia dan menguasai pangsa pasar di sejumlah kawasan mancanegara.

Nah dalam usianya yang mendekati hampir setengah abad, sedan empat pintu generasi ke-11 mendapatkan penyegaran. Memang masih purwarupa, alias baru sampel sebelum masuk tahap produksi. Tapi pabrikan sudah menyatakan prototipe itu mewakili mobil versi produksi yang bakal diluncurkan tahun depan.

Soal platform, masih mengadopsi gagasan yang sama dengan model yang sekarang. Namun mendapatkan pembaruan di eksterior dan interior, penambahan fitur dan mengadopsi teknologi yang lebih canggih.

Baca juga: Ini Link Dan Cara Menonton Live Streaming Launching Honda Civic Di Twitch


Sedan prototipe ini mendapatkan tampilan depan baru dengan grille yang lebih menonjol. Lampu depan dibuat lebih tajam dengan aksen LED daytime running light. Penyempurnaan itu bikin fascia depan Civic menjadi lebih tegas, tapi dengan tetap mempertahankan desain yang simpel.

Untuk kelir dipilih warna mendekati oranye atau pabrikan menyebutnya Solar Flare Pearl. Memang warnanya terlihat menjadi lebih mewah. Pabrikan juga memberikan sentuhan desain baru pada Velg 19 inci dan diberi kelir hitam. Membuat terlihat menonjol.

Bagian belakang didesain lebih berani dibandingkan versi sebelumnya. Lampu belakang dibuat split dengan porsi yang lebih besar, dibuat memanjang. Rumah lampu dibuat dengan aksen gelap. Spoiler ‘trailing-edge’ yang ditata apik membuat profil Civic menjadi lebih dinamis sekaligus membantu mobil dari sisi aerodinamika.

Untuk bagian dalam, pabrikan nyaris menyapu bersih tampilan kabin Civic sebelumnya. Perubahan dilakukan secara dramatis. Dari hasil live streaming terlihat desain dashboard dibuat lebih flat, horisontal dengan tombol pengaturan yang lebih sedikit dibandingkan sebelumya. Fascia dashboard memang terlihat lebih bersih. Tampaknya, Civic ingin memokuskan pengembangan kabin agar lebih dinamis dan memiliki visibilitas lebih baik.

Dalam hal fitur teknologi yang tertanam di kabin, layar sentuh membesar dari 7,0 inci menjadi 9,0 inci. Layar monitor tertancap di bagian atas dashboard, terkesan seperti mengambang. Namun dalam hal mesin, pabrikan masih  belum bersedia memberikan informasi lebih detail. Tak diketahui apakah masih akan memakai versi lama atau atau mendapat sentuhan pembaruan.

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda