Honda Jadi Sponsor Utama Formula 1 GP Jepang 2021

SUZUKA, Carvaganza – Grand Prix Formula 1 di Jepang yang diselenggarakan di sirkuit Suzuka pada 8 – 10 Oktober 2021 mendatang akan menggunakan nama resmi FIA Formula One World Championship Honda Japannese Grand Prix 2021. Kehadiran Honda sebagai sponsor utama pada GP Jepang 2021 merupakan tahun terakhir pabrikan tersebut berpartisipasi di ajang F1.

“Honda merasa sangat terhormat untuk kembali menjadi sponsor utama Honda Grand Prix Jepang di arena balap tradisional, Sirkuit Suzuka, seperti yang terjadi di musim 2018. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar F1 dan pihak terkait. Kami akan melakukan segala upaya yang kami bisa dengan Scuderia AlphaTauri dan juga Red Bull Racing untuk mendapatkan hasil terbaik di Sirkuit Suzuka,” kata Koji Watanabe, Chief Officer for Brand & Communication Operation, Honda Motor Co., Ltd.

Pada ajang Formula 1 musim 2021, Honda diketahui menjadi bagian dari tim Alphatauri dan Red Bull Racing. Honda berhasil mengembangkan mesin hybrid produksinya pada dua tim jet darat tersebut.

Pada akhir pekan ini, Honda akan mengikuti seri balap ketiga di Grand Prix Portugal yang akan berlangsung di Sirkuit Algarve International Circuit, Portimao. Pada balap F1 Grand Prix Portugal musim lalu, pembalap tim Red Bull Honda, Max Verstappen berhasil finis di posisi ketiga sementara pembalap tim Scuderia AlphaTauri, Pierre Gasly berhasil finis di posisi kelima. Diharapkan pada musim ini, Honda dapat meraih podium dan memaksimalkan mesin yang ditanamkan pada mobil AlphaTauri dan Red Bull Racing.

Ajang Formula One Japanese Grand Prix pertama kali diadakan pada tahun 1976, dan mulai digelar di Sirkuit Suzuka yang dimiliki oleh Mobilityland Corporation yang juga sebagai anak perusahaan dari Honda Motor Co., Ltd sejak tahun 1987. Honda sebelumnya juga pernah menjadi sponsor utama F1 Japanese Grand Prix pada tahun 2018 lalu, dimana Max Verstappen dari tim Red Bull Racing berhasil menduduki posisi ketiga.

F1 Formula 1 Red Bull Racing Honda

Selain itu, Honda sudah mengikuti ajang balap Formula 1 sejak Grand Prix Jerman 1964 pada GP Bahrain 2021 lalu, Honda berhasil mencatatkan podium ke-200, selain itu Honda juga mencatakan kemenangan perdananya di Grand Prix Emilia Romagna.

Sirkuit Suzuka, Jepang juga baru saja mengumumkan perpanjangan kontraknya dengan FIA sebagai penyelenggara ajang balap F1 Japanese Grand Prix hingga tahun 2024 mendatang.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda