Perpanjang Kontrak, F1 akan Terus Balapan di Suzuka Sampai 2024

SUZUKA, Carvaganza – Balapan Formula 1 di Jepang dipastikan akan tetap digelar sampai beberapa tahun ke depan. Pasalnya, Sirkuti Suzuka telah menyepakati kontrak baru dengan Formula 1, yang diperpanjang sampai tiga tahun ke depan. Dengan begitu, salah satu seri klasik Formula 1 akan bertahan di tengah banyaknya sirkuit jalan raya baru berdatangan.

Kontrak baru ini diumumkan pada hari Sabtu (24/4/2021) lalu, dengan F1 sepakat dengan kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan Mobilityland, promotor Grand Prix Jepang. Tahun ini, GP Jepang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2021. Suzuka telah menjadi tuan rumah Grand Prix Jepang untuk F1 selama tiga puluh tahun lebih, sejak 1987.

“Saya sangat senang bahwa Formula 1 akan terus balapan di Sirkuit Suzuka selama tiga tahun ke depan,” kata CEO dan Presiden F1, Stefano Domenicali.

Suzuka

“Jepang memiliki tempat khusus di hati dan pikiran para penggemar F1 di seluruh dunia, dan Suzuka telah menadi tuan rumah bagi banyak momen paling legendaris olahraga ini, dengan 11 gelar juara pembalap ditentukan di sana.

“Grand Prix Jepang selalu menampilkan drama yang mencekam dan menarik, dan saya senang kami dapat terus menghadirkan aksi dan kegembiraan Formula 1 kepada para penggemar motorsport Jepang yang bergairah.”

Salah satu faktor pendukung diperpanjangnya kontrak Jepang untuk tetap di kalender F1 adalah menyusul kehadiran pembalap muda asal Jepang, yaitu Yuki Tsunoda. Pembalap tim Alpha Tauri itu bersinar tahun lalu di  kejuaraan F2, dan didukung karirnya oleh Honda dan Red Bull. Hadirnya Tsunoda diperkirakan akan semakin meningkatkan minat penonton dari Jepang.

Selain itu, Honda yang telah memutuskan akan hengkang dari F1 pada tahun depan, telah berinvestasi besar-besaran tahun ini untuk tampil kompetitif mengejar gelar juara dunia. Pada dua seri pertama F1 musim ini, Red Bull telah meraih posisi kedua di Bahrain dan satu kemenangan di Imola melalui Max Verstappen. Alpha Tauri yang juga bermesin Honda ikut menunjukkan performa menjanjikan untuk kompetitif di papan tengah.

Senna Prost Suzuka

Domenicali kemudian menyampaikan bahwa perpanjangan kontrak Suzuka ini adalah bagian dari komitmen jangka panjang untuk mengembangkan F1 di pasar Asia. Selain Jepang, saat ini F1 juga punya balapan di China dan Singapura, sementara balapan di Vietnam yang tahun lalu batal sedang dicari salon penggantinya.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada anggota Formula 1, termasuk pertama-tama Tuan Stefano Domenicali, atas pengertian yang ditunjukkan selama negosiasi. Kami bertekad untuk melanjutkan upaya kami bersama dengan penduduk lokal Prefektur Mie dan Kota Suzuka agar Sirkuit Suzuka terus dicintai oleh para penggemar di seluruh dunia dan berkontribusi pada kemakmuran budaya olahraga motor,” ujar President Representative Director Mobilityland, Kaoru Tanaka.

Tahun depan, Suzuka akan merayakan usia 60 tahun sejak pertama kali berdiri. Beberapa momen ikonik F1 yang pernah terjadi di Suzuka antara lain duel sengi tantara Ayrton Senna dan Alain Prost pada tahun 1989 dan 1990. Lalu pada tahun 2014, menjadi catatan kelam untuk Suzuka lewat kecelakaan yang merenggut nyawa Jules Bianchi.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda