Beranda New Cars Harga Rp 300 Jutaan, Begini Spesifikasi Lengkap Kia Seltos

Harga Rp 300 Jutaan, Begini Spesifikasi Lengkap Kia Seltos

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar SUV kompak di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran Kia Seltos di tahun 2020 ini. Tentunya, Seltos bisa menjadi pilihan baru SUV dengan desain modern dan keren, serta fitur menarik, jika melihat bagimana spesifikasi yang ditawarkannya.

Oleh PT Kreta Indo Artha (KIA), agen pemegang merek baru Kia Motors di Indonesia, Seltos diluncurkan pada hari Senin (20/1/2020), di Jakarta, tepatnya di mal Kota Kasablanka. Dengan spesifikasi lengkapnya, Seltos siap berhadapan dengan para pemain lama seperti Honda HR-V, Chevrolet Trax, bahkan Wuling Almaz.

Terdapat tiga opsi varian untuk Seltos versi pasar Indonesia, yaitu E, EX dan EX+. Masing-masing varian dipasarkan dengan harga on the road (Jakarta) mulai Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta untuk varian EX, serta Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+.

“All-New Kia Seltos merupakan model penting bagi Kia karena Seltos memiliki peran penting dalam perluasan jejak global Kia. Kia telah mengadaptasi kekuaran dalam desain, kualitas dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia,” terang Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri.

Lantas apa yang membuat Seltos menjadi pilihan menarik di antara para rivalnya? Simak ulasan lengkap spesifikasinya berikut ini.

Eksterior

Desain eksterior Seltos seolah membuatnya tidak bisa disandingkan dengan model Kia lainnya saat ini, setidaknya yang sudah dipasarkan di Indonesia. Kesan gagah dan mewah ala mobil Eropa bisa dirasakan dari penampilan eksterior Seltos.

Kombinasi desain lampu utama dan grille pada fascia depan sepintas mirip dengan SUV premium asal Inggris, Range Rover. Namun, Kia tetap menegaskan identitas khasnya lewat bahasa desain Tiger Nose pada bagian grille, yang dihiasi aksen chrome bertekstur.

Lampu utama sudah sepenuhnya menggunakan LED, disertai daytime running lights (DRL) yang terhubung dari lampu utama sampai ke sebagian grille depan. Gagahnya tampilan di depan diikuti oleh bumper yang dilengkapi dengan skidplate besar, bersentuhan warna two-tone layaknya SUV sejati.

Baca juga: Kia Seltos Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 299 Juta
Baca juga: Harga Kia Seltos di Indonesia Senggol HR-V dan Almaz

Tampilan sisi samping tidak monotone berkat aplikasi body cladding pada setiap pintu, yang memberikan kesan dinamis dan modern. Velg 17 inci palang lima dual tone pun mendukung karakter dinamis desain Seltor, dilengkapi rem cakram di seluruh roda dan ground clearance setinggi 190 mm.

Garis desain lampu depan diikuti oleh lampu belakang, dilengkapi dengan kombinasi LED seluruhnya. Garnish berupa lis chrome di pintu bagasi menambah sentuhan mewah untuk Seltos.

Ada enam pilihan warna untuk eksterior Seltos, yaitu; Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Interior

Nuansa warna hitam mendominasi bagian kabin Seltos, dengan desain minimalis namun tegas. Kombinasi kepraktisan, mewah dan canggih ditawarkan dengan baik saat melihat interior SUV yang perdana muncul di India pada tahun 2019 lalu ini.

Material kulit menciptakan kesan mewah dalam kabin Seltos, yang melapisi setir dan seluruh jok di depan dan belakang, serta sunroof elektrik. Menariknya, lapisan jok punya tekstur berbentuk ala berlian, yang umumnya ada di mobil-mobil premium dari Eropa.

Pengaturan posisi duduk untuk pengemudi bisa disesuaikan dalam 8 arah, yang termasuk pengaturan setir tilt dan telescopic. Desain setir sendiri cenderung sporty dengan bentuk flat-bottom, yang menambah kepraktisan saat bermanuver.

Karena dibangun berbagi basis dengan Hyundai Kona, maka melihat layout dashboard dan konsol tengah Seltos sangat identik dengan Kona. Mulai dari layar sentuh infotainment 8 inci, desain tuas transmisi, sampai posisi kompartemen yang tersedia.

Untuk sistem infotainment pada layar sentuh sendiri, Kia sudah melengkapi Seltos dengan kompatibilitas untuk koneksi smartphone via Apple CarPlay dan Andoid Auto. Selain terhubung dengan kamera mundur, head unit pun sudah didukung Bluetooth voice recognition.

Untuk kenyamanan penumpang khususnya di kursi baris kedua, Seltos menyediakan ruang kaki dan kepala cukup lega. Apalagi tiga titik rebah untuk kursi belakang menjadi nilai plus bagi penumpang, yang bisa direbahkan dengan rentang sudut hingga 32 derajat.

Mesin dan Transmisi

Meski basisnya sama seperti Kona, Kia justru memberikan varian mesin berbeda untuk Seltos di indonesia. Kalau Kona bermesin 2.0 liter empat silinder, Seltos justru mendapat mesin empat silinder Kappa 1.4 liter turbo.

Spesifikasi mesin ini sama seperti yang Kia tawarkan untuk pasar India, dengan output tenaga 138 hp dan torsi 242 Nm. Menariknya, Seltos di Indonesia mendapat varian transmisi otomatis DCT (dual-clutch) 7-speed, layaknya mobil sport performa tinggi.

Dengan transmisi tersebut, tentunya distribusi output mesin menjadi lebih singkat pada setiap perpindahan giginya. Untuk dipacu kencang, transmisi jenis ini juga akan memberikan sensasi lebih menyenangkan saat transmisi dioperasikan secara manual.

Mesin dan transmisi didukung dengan fitur Drive Traction Selector, untuk memberi pilihan pengaturan mode mengemudi sesuai kebutuhan. Untuk mode Drive terdapat tiga pilihan yaitu Sport, Eco dan Normal, sementara mode Traction juga tiga pilihan; Snow, Mud dan Sand.

Fitur dan Teknologi

Kia cukup murah hati memberikan banyak fitur pendukung untuk Seltos di pasar Indonesia. Khususnya untuk fitur keselamatan, keamanan dan pendukung pengemudi, Seltos termasuk yang terlengkap untuk di kelasnya.

Struktur body pada Seltos diproduksi dengan komposit material besi dan alumunium yang rigid namun ringan. Material yang disebut Advanced High-Strength Steel ini mampu mengurangi getaran dari kontur jalan, sekaligus menyerap energi saat terjadi tabrakan.

Untuk keselamatan, tersedia 6 buah airbag untuk baris depan (EX, EX+), sementara untuk varian terendah hanya ada dua airbag. Untuk pengemudi, Kia berikan fitur Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Assist Control (HAC).

Selain itu, masih ada pula rangkain fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Brake-force Assist (BA), Traction Control (TC) dan empat titik sensor parkir.

Untuk kepraktisan selama perjalanan, pada konsol tengah di bawah dashboard terdapat kompartemen khusus yang sudah terintegrasi wireless charger untuk smartphone. Jadi, tidak perlu khawatir repot mencari kabel USB saat akan mengisi ulang baterai smartphon di tengah perjalanan.

Melihat spesifikasi lengkap yang ditawarkan Kia, tampaknya Seltos bisa menjadi penantang serius dan menarik di segmen SUV yang saat ini dikuasai oleh HR-V. Bukan tidak mungkin kalau nantinya Seltos bisa mengantarkan Kia bangkit kembali di pasar otomotif Tanah Air.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...