Ferrari Ungkap Spesifikasi 812 Competizione A, Ada Versi Targa Juga

MARANELLO, Carvaganza – Ferrari akhirnya merilis penuh mobil bermesin V12 terbarunya, yang diklaim sebagai V12 paling hardcore. Menyusul debut awalnya di akhir bulan April lalu, kini model berbasis 812 Superfast ini diluncurkan dengan dua versinya. Bernama Ferrari 812 Competizione, gran turismo hardcore ini hadir dalam versi coupe dan atap terbuka.

Dua varian tersebut terbagi menjadi 812 Competizione dan 812 Competizione A dengan bukaan atap ala Targa. Tambahan ‘A’ tidak disebutkan secara pasti, namun kemungkinan besar adalah singkatan dari kata Aperta yang artinya terbuka dalam bahasa Italia. Imbuhan ‘Aperta’ juga kerap Ferrari pakai di model convertible atau atap terbuka, seperti 458 Speciale Aperta.

Oleh Ferrari, mobil ini diklaim sebagai model V12 murni dengan performa paling ganas yang pernah diproduksi dari Maranello. Performa 812 Competizione hanya kalah dari LaFerrari dan SF90 Stradale, yang keduanya menggunakan powertrain hybrid. Kita sudah bahas soal Comeptizione versi hardtop sebelumnya, dan untuk versi Competizione A ini dibangun berbasis pada 812 GTS yang memiliki atap lipat.

Ferrari 812 Competizione A

Pada kesempatan ini, Ferrari juga mengumumkan jumlah terbatas diproduksinya dua model baru ini. Versi coupe 812 Competizione dikatakan hanya akan diproduksi terbatas, dengan harga mulai € 499.000 alias sekitar Rp 8,5 miliar. Sementara 812 Competizione A akan lebih eksklusif, dan dibanderol mulai € 578.000 atau setara Rp 9,9 miliar. Dua model ini diklaim sudah ludes terjual ke semua peminatnya di dunia.

Mesin V12 6,5 liter naturally aspirated yang dibawa dari basis 812 Superfast membengkak performanya, dengan tenaga menjadi 818 hp dan torsi 717 Nm. Sebelumnya, performa dasar 812 yaitu bertenaga 789 hp dan torsi 695 Nm. Mesin juga kini punya rev limit lebih tinggi, menjadi 9.500 rpm, yang salah satu tujuannya untuk menyajikan teriakan mesin yang lebih merdu. Mesin juga diberikan con-rod yang 40% lebih ringan, berikut pin pada piston dan camshaft yang punya lapisan karbon seperti berlian, demi meminimalisir friksi dan tingkatkan durabilitas.

Ferrari melakukan kalibrasi ulang pada software transmisi 812 Competizione, untuk mempersingkat proses perpindahan gigi sebanyak 5 persen. Sementara rasio gearbox dual-clutch 7-percepatan di dalamnya masih sama seperti di 812 Superfast. Alhasil, akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapainya dalam 2,85 detik, dengan top speed diklaim pada angka 340 km/jam.

Ferrari 812 Competizione A

Selain itu, optimalisasi performa dari 812 Competizione juga datang dari aplikasi material serat karbon yang semakin ekstensif. Modifikasi aerodinamika membuat downforce meningkat, berkat desain baru bumper dan splitter depan, diffuser dan kaca belakang yang berubah berwujud louvre. Digusurnya kaca belakang menjadi louvre ini demi menghasilkan vortex dari aliran udara. Pada bonnet terpasang panel karbon untuk arahkan udara, sementara spoiler belakang membesar dan ditinggikan sudutnya.

Sampai saat ini juga, Ferrari tidak mengungkap berapa unit masing-masing dari versi 812 Competizione akan dilahirkan dari Maranello. Yang jelas, versi Competizione A akan lebih eksklusif jumlahnya.supercar V12 edisi spesial ini ditujukan kepada mereka para kolektor dan penikmat Ferrari sejati.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda