Ferrari Siap Luncurkan Mobil Sport Bermesin V6 Pekan Depan

MARANELLO, Carvaganza – Belum lama ini Ferrari tertangkap sedang melakukan uji coba di fasilitas pribadinya di Maranello. Supercar tersebut diduga akan menggendong mesin V6 hybrid dan menjadi reinkarnasi dari Ferrari Dino yang eksis di era 1970-an. Menyusul kabar tersebut, Ferrari baru saja mengumumkan akan meluncurkan model terbaru pada 24 Juni 2021 mendatang melalui video teaser yang diunggah di youtube melalui akun resminya. 

Pada video tersebut, Ferrari menggaet David Tonizza yang merupakan atlet esport Ferrari sedang melakukan manuver di atas mesin simulatornya. Meski belum mengumumkan model apa yang akan diluncurkan, namun kehadiran David Tonizza merupakan sebuah langkah besar di jajaran Ferrari. Salah satu yang diproyeksikan adalah mobil Ferrari dengan paket powertrain hybrid dan teknologi baru di dalamnya. 

Jika menghubungkan dengan supercar yang tertangkap tengah melakukan pengujian tersebut, Ferrari tersebut menggunakan basis dari SF90 Stradale. Terlihat pada lekukan di fascia depan dengan desain lampu yang sangat khas, ditambah lagi posisi intake di belakang pintu yang terlihat identik dengan SF90.

Ferrari Teaser

Namun pada kesempatan tersebut beberapa bodinya ditutup agar tidak terlalu mencolok dan pabrikan juga tampak berusaha mengecoh pada fotografer, dengan memasang dua pipa knalpot palsu di belakang. Indikasi penggunaan mesin hybrid juga tampak dari stiker peringatan berwarna kuning di sekitar intake samping.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa mesin V6 yang digunakan memiliki kapasitas 3.0 liter dengan twin-turbo yang dikawinkan pada sistem hybrid. Mesin tersebut digadang-gadang mampu menghasilkan tenaga hingga 700 hp dan akan menggunakan sistem penggera roda belakang.

Meski akan menggunakan sistem hybrid, namun Ferrari belum mengungkap spesifikasi baterai yang akan ditanamkan di dalamnya. Namun kabarnya motor listrik tersebut mampu membawa Ferrari berjalan sejauh 25- 30 kilometer. Teknologi lain yang akan disematkan pada Ferrari Hybrid ini di antaranya anti-lag dan power boost.

Ferrari V6 Hybrid

Meski demikian pengembangan powertrain ini disebut menjadi hal krusial bagi Ferrari, yang isunya akan diterapkan juga untuk calon SUV pertama mereka, yaitu Purosangue. Untuk model SUV nanti, Ferrari akan menggunakan platform Roma yang dimodifikasi. Tujuan diubahnya platform modular ini agar memungkinkan aplikasi mesin mulai dari V6, V8 dan sampai dengan V12. 

Dengan rencana tersebut seluruh model Ferrari akan didukung dengan sistem hybrid tanpa mengurangi aura asli dari mesin-mesin berkonfigurasi V. Meski belum jelas mobil mana yang akan diluncurkan pada 24 Juni mendatang namun ada beberapa referensi menarik di atas. Sekadar informasi, jika benar Ferrari dengan kode F171 ini diproduksi berarti akan menjadi panantang baru untuk McLaren Artura yang menggunakan sistem powertrain hybrid dengan tenaga maksimal 671 hp.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda