Beranda Updates F1: Lolos Drama Tikungan 1, Hamilton Dominasi GP Perancis 2018

F1: Lolos Drama Tikungan 1, Hamilton Dominasi GP Perancis 2018

LE CASTELLET, 25 Juni 2018 – Perancis telah kembali ke kalender balap Formula 1, dan Lewis Hamilton juga kembali menunjukkan perlawanannya terhadap Sebastian Vettel di kejuaraan dunia tahun ini dengan mendominasi F1 Grand Prix Perancis 2018, Minggu (24/6/2018). Kemenangan cukup mudah diraih Hamilton, terhindar dari insiden di lap pembuka.

Juara dunia bertahan yang meraih pole position itu sukses lolos dari tabrakan yang melibatkan Vettel dan Valtteri Bottas saat berebut posisi kedua, menuju tikungan 1 sirkuit Paul Ricard selepas start. Vettel yang terlambat mengerem akhirnya menyenggol Bottas di sisi luar, membuat keduanya terlempar ke belakang karena kerusakan mobil masing-masing.

Kerusakan sayap depan memaksa Vettel masuk pit untuk perbaikan di akhir lap pertama, diikuti Bottas yang mengalami bocor ban belakang. Sementara hanya beberapa detik setelah Vettel vs Bottas, terjadi tabrakan antara dua pembalap lokal, Pierre Gasly dan Esteban Ocon di tikungan 3, langsung membuat keduanya keluar dari balapan.

Ketika safety car berakhir di lap 6 dan balapan dimulai kembali, Hamilton memimpin dengan dihantui oleh Max Verstappen (Red Bull Racing) yang juga berhasil menghindari insiden tikungan 1. Carlos Sainz (Renault) secara mengejutkan berada di posisi ketiga pada saat restart, namun tidak bertahan lama seiring berjalannya balapan.

Di saat Hamilton dengan tenangnya memimpin tanpa ada perlawanan kuat dari Verstappen, Vettel dengan cepat memperbaiki posisinya dari posisi ke-17 menjadi ke-5 pada lap 20, diikuti Bottas yang merangkak naik meski tidak secepat Vettel.

https://twitter.com/F1/status/1010921032465539073

Kesalahan Vettel di awal balapan membuatnya diganjar penalti waktu 5 detik. Penalti tersebut dijalaninya saat melakukan pitstop kedua di lap 42, untuk melakukan serangan di lap-lap akhir dengan ban ultrasoft.

Strategi agresif juga diterapkan Ferrari pada Kimi Raikkonen yang start menggunakan kompon ban ultrasoft, untuk berganti ke kompon supersoft di saat para rival terdekatnya menggunakan soft di stint kedua. Terbantu masalah teknis yang dialami Daniel Ricciardo, Raikkonen pun berhasil mencuri posisi finish ketiga.

Beberapa lap jelang finish, muncul virtual safety car menyusul terhentinya mobil Lance Stroll (Williams) karena pecah ban depan yang merusak sayap depannya. Virtual safety car yang berakhir di setengah lap terakhir tidak mempengaruhi persaingan di baris depan.

Hamilton akhirnya meraih kemenangan ketiga musim ini di depan Verstappen dengan jarak 7,090 detik, diikuti Raikkonen di posisi ketiga. Ricciardo finish keempat dan aman dari kejaran Vettel di posisi kelima, sementara rookie Charles Leclerc (Sauber) kembali mendulang poin lewat finish ke-10.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Last Updates

Chevrolet Siapkan Corvette Special Edition, Meluncur Akhir Pekan Ini

DETROIT, 23 Januari 2019 – Setelah tidak merilis model baru selama Detroit Motor Show 2019, Chevrolet justru akan meluncurkan salah...

OLX Gandeng OtoSpector Sediakan Layanan Inspeksi Mobil Bekas

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Platfom jual beli otomotif, OLX, bekerja sama dengan OtoSpector menghadirkan layanan inspeksi mobil bekas. Layanan...

Lexus LX 570 SPORT Hadir di Indonesia Harga Rp 3,255 Miliar

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Cukup lama tak terdengar, Lexus Indonesia mengawali tahun 2019 dengan menghadirkan High Luxury SUV, yaitu...
video

VIDEO: Merasakan Kenikmatan BMW Seri 6 GT di Indonesia

JAKARTA, 22 Januari 2019 - BMW Indonesia telah menghadirkan BMW Seri 630i GT (Gran Turismo) di Indonesia. Mobil ini merupakan SUV hasil perpaduan...

MINI Cooper S 3-Door Edisi 60 Tahun Hanya Dijual 500 Unit

COWLEY, 22 Januari 2019 – Merek MINI tahun ini akan memasuki usia ke-60 tahun, sejak pertama kali hadir sebagai BMC...