Beranda Updates F1: Diwarnai Team Order, Hamilton Pimpin Finish 1-2 Mercedes di GP Rusia...

F1: Diwarnai Team Order, Hamilton Pimpin Finish 1-2 Mercedes di GP Rusia 2018

SOCHI, 1 Oktober 2018 – Koleksi kemenangan Lewis Hamilton musim ini kembali bertambah, menyusul kesuksesannya finish terdepan pada seri Formula 1 Grand Prix Rusia 2018, Minggu (30/9/2018). Namun, kemenangannya kali ini sedikit ternodai oleh strategi team order dari tim Mercedes.

Mengamankan finish di posisi 1-2, Mercedes harus meminta Valtteri Bottas menyerahkan posisi terdepan kepada rekan setimnya itu, demi mengamankan posisi dari kejaran Sebastian Vettel yang finish di posisi ketiga.

Bottas start dari pole position dan berhasil memimpin balapan melewati tikungan 2, setelah berhasil dari serangan Vettel dari posisi ketiga dan sempat menyodok ke posisi kedua. Hamilton yang menanfaatkan slipstream dari Bottas sukses menahan Vettel kembali ke posisi ketiga.

https://twitter.com/F1/status/1046389161068916738

Menuju lap 12, Mercedes bertindak lebih awal dengan memanggil Bottas masuk pit, yang lalu diikuti Ferrari dengan memanggil Vettel di lap berikutnya. Vettel dengan strategi undercut sukses melewati Hamilton merebut posisi kedua, saat Hamilton masuk pit satu lap setelah dirinya.

Keunggulan Vettel atas Hamilton tidak bertahan lama, karena kesalahan dua lap setelahnya memungkinkan Hamilton mendekat dan menyalipnya di tikungan 5. Posisi tersebut bertahan untuk hingga paruh kedua balapan.

Max Verstappen yang start dari posisi 19 karena penalti penggantian komponen power unit, berada di posisi pertama setelah agresif berhasil menyalip pembalap lain dan mayoritas di baris depan sudah masuk pistop. Kondisi ini yang kemudian memaksa Mercedes putar otak.

Bermaksud untuk mengejar dan menyalip Verstappen di depan kedua pembalapnya, Mercedes perintahkan Bottas untuk bertukar posisi dengan Hamilton di lap 25. Selain untuk menjauh dari serangan Vettel, team order ini juga agar Hamilton bisa mengejar dan susul Verstappen yang membuat kecepatan Mercedes di aliran udara kotor melambat.

Verstappen nyatanya masih memiliki ban yang cukup prima untuk menjaga jarak aman dari Hamilton. Dengan satu set ban kompon soft yang dipakai sejak start, Red Bull akhirnya panggil Verstappen masuk pit di lap 43. Posisi kelima akhirnya diraih Verstappen di akhir balapan.

Terbebas dari hambatan Verstappen, Hamilton akhirnya raih kemenangan ketiganya berturut-turut, memimpin Bottas yang tampak kecewa. Sementara Vettel mempertahankan peluangnya kejar gelar juara dunia dengan finish ketiga di sirkuit Sochi.

WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Tes Jakarta-Bogor, All-New Honda Brio Minum Bensin 30 Km/Liter

BOGOR, 20 Maret 2019 - All-New Honda Brio membuktikan seberapa irit konsumsi bahan bakarnya sebagai city car andalan Honda di...

Menjelajah Jakarta, Kabin Toyota New Veloz Terbukti Lebih Senyap

JAKARTA, 20 Maret 2019 - Mungkin Anda sudah pernah membaca hasil test drive Toyota New Avanza dan New Veloz yang dilakukan...

BMW X3 Varian Baru, Lebih Sporty dan Lebih Ringan

TANGERANG, 20 Maret 2019 - Setahun sudah kehadiran BMW X3 xDrive20i di Indonesia dan kali ini dihadirkan varian baru dari...

Tips Defensive Driving a la Chevrolet

JAKARTA, 20 Maret 2019 – Mobilitas yang tinggi membuat banyak di antara kita yang menghabiskan waktu di jalan raya. Berada...

Gabung T2 Motorsports, Rio Haryanto akan Balap Pakai Ferrari

JAKARTA, 20 Maret 2019 – Setelah meninggalkan Formula 1 tahun 2016 lalu, Rio Haryanto tahun ini siap kembali mengikuti balap...