F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish terdepan di Silverstone pada seri 70th Anniversary Grand Prix. Pilihan ban yang tepat mengantarkan Verstappen raih kemenangan pertama Red Bull di 2020. Balapan kedua berturut-turut di Sirkuit Silverstone, Inggris ini menjadi peringatan 70 tahun sejak balapan perdana F1 digelar, tahun 1950. Sepanjang balapan, duet Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas hampir tidak berdaya memberi perlawanan terhadap Verstappen. Berbekal start di posisi keempat, Verstappen langsung menyerang sejak balapan dimulai, merebut posisi ketiga dari Nico Hulkenberg di tikungan 1. Di saat mayoritas pembalap sepuluh besar di grid start dengan ban kompon medium, Verstappen justru menggunakan kompon hard. Red Bull ingin terapkan stint pertama yang panjang untuk pembalap andalannya tersebut. Dengan ban yang seharusnya lebih pelan, Verstappen berhasil menjaga jarak tidak sampai tiga detik dari duo Mercedes, yang dipimpin Bottas. Karena keausan ban yang cukup massif, Mercedes akhirnya instruksikan kedua pembalapnya masuk pit. Bottas berganti ban di lap 14, diikuti oleh Hamilton pada lap berikutnya. Situasi ini memberikan posisi terdepan kepada Verstappen, dengan ban berkondisi lebih baik.

Startegi Ban

Meski dengan mobil lebih kencang dan kompon ban sama-sama hard, Bottas dan Hamilton masih kesulitan mengimbangi kecepatan Verstappen. Padahal, ban yang dipakai Verstappen sudah digunakan sampai lebih dari 20 lap di Silverstone yang terkenal menyiksa ban. Verstappen akhirnya masuk pit di akhir lap 27, berganti dari kompon hard ke medium. Sedikit kesalahan oleh kru pitnya membuat Bottas berhasil menyalip saat Verstappen keluar pit. Dengan ban masih prima, Verstappen langsung menyalip kembali Bottas tidak lama kemudian di tikungan Woodcote. Tidak berselang lama, duel keduanya berlanjut saat bersamaan masuk pit stop di lap 32. Hamilton sempat memimpin balapan, menerapkan strategi lebih panjang untuk stint kedua dengan ban medium. Kecepatan yang unggul di cuaca panas memungkingkan Verstappen tampil lebih kencang dan menutup jarak dengan Hamilton. Sampai akhirnya Mercedes panggil Hamilton masuk pit di lap 42, posisi terdepan kembali kepada Verstappen dan Bottas. Terlempar ke posisi keempat, Hamilton langsung kerahkan kecepatan mobilnya untuk mengejar dua rivalnya di depan. Posisi ketiga diraihnya kembali dengan menyalip Charles Leclerc di lap 45. Beberapa lap kemudian, Mercedes instruksikan kedua pembalapnya bebas untuk bersaing, bukannya memberi perintah untuk tahan posisi.

Hasil dan Klasemen

Sampai lap 50, dengan ban yang lebih segar, Hamilton menyalip dan rebut posisi kedua dari Bottas. Posisi tersebut kemudian bertahan sampai finish balapan di lap 52, yang dimenangkan oleh Verstappen. Kemenangan diraih Verstappen dengan jarak11,3 detik di depan Hamilton dan Bottas. Posisi keempat menjadi milik Leclerc yang lagi-lagi diuntungkan oleh pembalap lain yang harus melakukan pitstop ekstra. Salah satunya adalah Hulkenberg, yang karena keausan ban diisntruksikan masuk pit, beberapa lap jelang finish. Dengan status menggantikan Sergio Perez yang positif COVID-19, Hulkenberg finish ketujuh, tepat di belakang Lance Stroll rekan setimnya. Sumber: Formula 1, Motorsport WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda