Di Atas Trek, Toyota GR Yaris Harus Takluk oleh 2 Hatchback Ini

SACHSEN, Carvaganza – Toyota GR Yaris sudah berhasil menuai banyak pujian dan bahkan sukses mengungguli perform mobil-mobil performa lain, bahkan yang lebih tinggi kelasnya. Namun, pada akhirnya terbukti bahwa GR Yaris tidak sesempurna itu, dan harus mengakui keunggulan performa hot hatchback lain yang sudah lebih lama eksis.

Baru-baru ini dilakukan pengetesan komparasi performa hot hatchback oleh AutoBild, yang diunggah mereka melalui kanal YouTube AutoBildSportsCars. Pegujian ini menaruh GR Yaris berhadapan dengan tiga hatchback performa lainnya, yaitu MINI JCW GP, Ford Focus ST dan Peugeot 208 GTI. Komparasi ini digelar di Sachsenring, salah satu sirkuit balap MotoGP di Jerman.

Yaris yang dibangun dengan homologasi untuk World Rally Championship (WRC) ini terbukti masih harus melakukan pembenahan lagi untuk bisa bersaing lebih kuat. Apalagi, GR Yaris menggendong mesin dengan kubikasi terkecil di antara semuanya pada kesempatan ini.

Di Sachsenring, GR Yaris mencatat lap time tercepat 1:40,65 menit. Catatan waktu tersebut berhasil unggul dari 208 GTI dengan selisih setengah detik. Lap time GR Yaris tersebut juga sudah berhasil lebih kencang nyaris 2 detik dari Fiesta ST yang pernah diuji di sirkuit yang sama sebelumnya. Namun di hadapan rival lainnya, performa GR Yaris harus bertekuk lutut pada akhirnya.

Sudah dibekali ban Michelin Pilot Sport 4S dan penggerak empat roda, GR Yaris masih kalah dari JCW GP terbaru yang hanya berpenggerak roda depan. Oleh MINI terkencang, Yaris takluk sampai 2 detik lebih, yaitu 1:38,48 menit. Selain JCW GP, Yaris juga harus akui kehebatan performa Focus ST terbaru yang mencatat 1:39,69 menit, terpaut satu detik lebih.

Penggerak empat roda pada GR Yaris ditenagai oleh mesin tiga silinder 1,6 liter turbo yang mengahsilkan tenaga 257 hp dan torsi 360 Nm. Hatchback tiga silinder terkencang saat ini tersebut sanggup melesat 0-100 km/jam dalam 5,5 detik. Namun Toyota hanya sediakan GR Yaris dengan transmisi manual 6-percepatan.

208 GTI yang ditaklukannya sama-sama bermesin 1,6 liter turbo, namun empat silinder, bertenaga 205 hp dan torsi 300 Nm. Sementara Fiesta ST pada kesempatan ini sama-sama tiga silinder, berkapasitas 1,5 liter turbo dengan tenaga 197 hp dan torsi 290 Nm.

MINI JCW GP

Bicara soal Focus ST, generasi terbaru ini menggendong mesin terbesar di antara lainnya, yaitu EcoBoost 2,3 liter turbo yang menyimpan kombinasi 276 hp dan 420 Nm. Tidak heran kalau bisa unggul dari GR Yaris. Begitu juga si terkencang, JCW GP, yang menggendong mesin khas 2,0 liter turbo dengan 301 hp dan 450 Nm.

Belum diketaui bagaimana posisi GR Yaris saat dua hathcback kencang dari Jerman lainnya ikut bermain, yaitu Mercedes-AMG A45 S dan Audi RS3 Sportback. Sejauh ini belum ada hasil pengetesan kedua mobil tersebut di Sachsenring.

Kekalahan GR Yaris dari rivalnya bisa dimengerti, terlebih karena Toyota hanya menyediakannya dengan transmisi manual. Sementara para rival mayoritas hanya memiliki transmisi otomatis yang bisa dioperasikan dengan paddle shifter. Atau apakah seharusnya pabrikan lain sediakan juga transmisi manual untuk hot hacthback-nya? WAHYU HARIANTONO

Sumber: AutoBildSportsCars

Artikel yang direkomendasikan untuk anda