Pindah ke Aston Martin, Vettel Jual Koleksi Ferrari dan Mobil Mewah Lain Miliknya

LONDON, CARVAGANZA -  Beberapa waktu lalu, baru saja kami sajikan kendaraan mewah dan eksotis yang menjadi koleksi Sebastian Vettel di garasinya. Mengisi garasi pribadi dengan mobil dan motor idamannya menjadi salah satu cara Vettel menikmati hasil kesuksesannya sebagai pembalap Formula 1. Namun, saat ini diketahui bahwa beberapa di antara koleksinya justru dijual, dan bukan model yang bisa dianggap remeh.

Juara dunia F1 empat kali itu,jelang musim balap barunya bersama Aston Martin, memutuskan untuk menjual sebagian koleksi mobilnya. Mayoritas dari mobil mewah dan eksotis Vettel yang dijual adalah model Ferrari, yang kebetulan juga tim yang ditinggalkannya akhir 2020 lalu. Bahkan tiga di antara banyak Ferrari tersebut, adalah model spesial yang tidak bisa dibeli dengan mudah oleh konsumen biasa.

Ferrari menjadi mobil koleksinya yang paling disorot, namun Vettel juga punya selera yang tidak main-main jika melihat deretan mobil lain miliknya. Di antaranya adalah mobil F1 Williams FW14B yang sangat revolusioner di tahun 1992, bahkan kabarnya juga punya McLaren-Honda yang pernah dipakai Ayrton Senna.

Koleksi Vettel tersebut dilansir Motorsport dijual melalui dealer mobil mewah di Inggris, Tom Hartley Jnr., yang dipercaya untuk menangani. Sampai berita ini ditulis, sudah dua Ferrari milik Vettel laku terjual. Yang menjadi nilai lebih adalah Vettel memesan Ferrari idamannya dengan personalisasi logo namanya pada headrest jok. Mayoritas mobil yang dijualnya juga masih memiliki jarak tempuh atau kilometer rendah di odometernya. Berikut daftar mobil koleksi Vettel yang dijual saat ini.

Ferrari LaFerrari 2016

Ferrari LaFerrari

LaFerrari adalah model yang diproduksi untuk merayakan anniversary Ferrari setiap dekadenya. Mobil ini dibeli oleh Vettel pada tahun keduanya menjadi pembalap Ferrari di F1. Dan LaFerrari ini adalah satu dari tiga model Ferrari yang Vettel pesan dalam kondisi baru. Uniknya, LaFerrari ini adalah satu dari beberapa unit terakhir yang diproduksi dari Maranello.

Hypercar bermesin V12 6,3 liter hybrid ini diproduksi hanya 500 unit sejak diluncurkan pada 2013 lalu. Informasinya, mobil ini baru menempuh jarak 304 mil alias belum menyentuh 500 kilometer, lebih tepatnya 489 kilometer. Bahkan Vettel memesannya dengan terpasang plakat bertuliskan namanya di bagian bawah lingkar setir. Kabar terbaru, LaFerrari ini sudah laku terjual.

Ferrari Enzo 2004

Ferrari Enzo

Merupakan model anniversary 60 tahun Ferrari dan generasi pendahulu dari LaFerrari. Ditaksir, Enzo adalah mobil koleksi dengan nilai tertinggi yang dimiliki mantan pembalap Red Bull itu. Tidak hanya itu, bahkan diklaim Tom Hartley Jnr. bahwa unit Enzo ini adalah yang kondisinya paling baik saat ini di dunia. Supercar V12 ini menggendong mesin 6,0 liter yang dipadukan transmisi semi-automatic dari F1.

Tentunya Vettel tidak membeli mobil yang belum diungkap harga jualnya ini dalam kondisi baru. Diketahui Vettel membelinya dari sebuah dealer di Jerman, dan sejauh ini baru menempuh jarak 1.112 mil atau 1.789 kilometer. Artinya, Vettel sangat sayang dengan Enzo miliknya sampai-sampai jarang dipakai.

Ferrari F50 1996

Ferrari F50

Pengidola Michael Schumacher ini sepertinya punya minat khusus untuk model anniversary Ferrari sebagai koleksinya. F50 merupakan pendahulu Enzo, yang lahir 10 tahun lebih awal merayakan 50 tahun produksi roadcar Ferrari. Dan di antara koleksinya yang dijual, F50 adalah mobil dengan usia produksi paling tua. Mengingat masa produksinya yang berlangsung di masa kanak-kanak Vettel, kemungkinan besar dirinya sudah mengimpikan F50 sejak kecil.

F50 dibeli Vettel begitu dirinya bergabung dengan Ferrari di tahun 2015 lalu. Odometer mobil ini dikatakan baru menyentuh angka 4.312 mil alias 6.939 kilometer sejak diproduksi 25 tahun lalu. Bahkan saat ini F50 masih menjadi salah satu yang paling diincar kolektor Ferrari. Bisa dibilang ini adalah roadcar yang pertama menerapkan teknologi langsung dari mobil F1, melalui mesin V12 4,7 liter yang dipakai F1 pada era tersebut.

Ferrari F12tdf 2016

Ferrari F12 TdF

Versi hardcore dari gran turismo F12 Berlinetta ini dibeli oleh Vettel saat melakoni musim kedunya sebagai pembalap Ferrari. Eksteriornya tampil dengan warna kuning yang bernama Giallo triplo strato dan disertai sejumlah detail khusus. Di antaranya adalah logo khas Vettel pada headrest joknya. F12tdf ini tercatat baru menyentuh angka 738 mil atau 1.187 kilometer di odometernya.

Mesin V12 6,3 liter pada mobil ini punya output tenaga yang membengkak menjadi 769 hp dari versi Berlinetta. Selain performa meningkat, varian ini juga hadir menjadi homage untuk ajang balap reli Tour de France yang merupakan kepanjangan dari TDF. Puluhan tahun lalu, Ferrari pernah eksis di ajang ini dengan mobil 250 TdF.

Ferrari 458 Speciale 2015

Ferrari 458

Inilah mobil Ferrari pertama yang Vettel beli langsung secara pribadi bergitu bergabung ke Ferrari. Adalah versi hardcore dan track-ready dari model 458 Italia, yang juga adalah model mid-rear engine terakhir Ferrari yang diproduksi bermesin V8 4,5 liter naturally aspirated alias tanpa turbocharger.

Unit milik Vettel satu ini dipesan dengan warna hitam metalik dengan aksen glod fleck dan dihiasi striping racing. Seperti model lainnya, Vettel memesan dengan terpasang logonya di headrest jok serat karbon. Soal odometer, konon baru menyentuh atau dipakai sejauh 1.905 mil alias 3.65 kilometer. Harga yang dipasang untuk 458 Speciale ini yaitu £ 350.000 atau setara Rp 6,882 miliar lebih.

Mercedes-Benz SL65 AMG Black Series 2009

Mercedes-AMG SL65

Di antara mobil-mobil koleksi yang dijual, SL65 AMG Black Series ini bukan mobil yang Vettel beli. Mobil ini merupakan hadiah yang diberikan oleh penyelenggara Grand Prix Abu Dhabi saat Vettel memenangi gelaran pertama di Yas Marina pada 2009 lalu. Saat itu, Vettel baru akan menyelesaikan musim pertamanya sebagai pembalap Red Bull Racing.

Menjadi salah satu model paling bertenaga buatan Mercedes-AMG saat itu, SL65 Black Series ini merupakan versi eksklusif yang hanya diproduksi 350 unit. Dibandingkan SL65 AMG standar, veris Black Series lebih hardcore lewat aplikasi serat karbon ekstensif baik di interior maupun paket aerodinamika. Bermesin V12 6,0 liter, mobil sport super pabrikan Jerman ini dikabarkan baru menyentuh 1.752 mil atau 2.819 kilometer.

Mercedes-Benz SLS AMG 2010

Mercedes-AMG SLS

Mungkin yang satu ini tidak sespesial mobil-mobil yang lain jika menakar dari sisi eksklusivitas, karena SLS AMG yang ini merupakan varian standar. Mungkin Vettel membelinya karena terkesan saat melihatnya dari belakang, menjadi safety car di F1 pada periode 2010-2012. Mobil ini dibelinya saat masih menjadi pembalap Red Bull, dengan spesifikasi tertinggi.

SLS generasi ini adalah mobil pertama yang dikembangkan dan dibuat sepenuhnya oleh divisi AMG, berbekal mesin V8 6,3 liter. Untuk bekas Vettel yang dibanderol £ 175.000 atau setara Rp 3,445 miliar ini, diklaim baru menempuh 4.305 mil atau 6.928 kilometer.

BMW Z8 Roadster 2002

BMW Z8 Roadster

Tahun lalu Vettel sempat menyebut Z8 sebagai mobil James Bond favoritnya saat ditanya terkait kepindahannya ke Aston Martin. Dan ternyata sebagai pembalap yang pernah didudukung oleh BMW, Vettel juga punya salah satu model modern BMW yang paling ikonik. Dikatakan, Z8 dibeli Vettel pada tahun 2015, saat tahun pertamanya di Ferrari.

Membelinya dengan mengimpor ke Swiss yang merupakan tampat tinggalnya, Vettel kemudian membawa mobil ini ke BMW Classic untuk direstorasi. Membeli dari Amerika Serikat, proses restorasi sekaligus dikonversi ke versi spesifikasi Eropa, khususnya pada sisi elektronik. Hampir berusia 20 tahun, roadster yang menjadi homage untuk 507 ini menggendong mesin V8 5,0 liter dan baru menyentuh 13.494 mil atau 21.716 kilometer. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Ragam sumber / Sumber Foto:  Tm Hartley Jr.

Artikel yang direkomendasikan untuk anda