Beranda Updates Desainer Andalan Hyundai Tiba-Tiba Resign, Pernah Garap Lamborghini

Desainer Andalan Hyundai Tiba-Tiba Resign, Pernah Garap Lamborghini

SEOUL, Carvaganza.com – Di tengah masa pandemi virus Corona yang entah sampai kapan berakhir, Hyundai Motor Group harus kehilangan salah satu karyawan terbaiknya. Desainer Luc Donckerwolke resmi meninggalkan Hyundai dari jabatannya sebagai Chief Design Officer.

Donckerwolke dikabarkan resign dari Hyundai secara mendadak, pada 29 April 2020 lalu, hari Rabu. Menurut Autocar, mundurnya desainer berdarah Belgia itu karena alasan pribadi, yang tidak disebut jelas.

Karena mendadak, untuk saat ini belum ditunjuk oleh Hyundai siapa yang akan mengisi kursi kosongnya. Dikatakan, SangYup Lee akan terus bertanggung jawab sebagai pimpinan desain untuk merek Hyundai, Genesis. Sementara Karim Habib eks-Infiniti akan bertugas mengawasi Kia.

“Telah menjadi kehormatan dan keistimewaan untuk berkontribusi pembentukan masa depan Hyundai, Kia dan Genesis. Sikap berani dan progesif mereka telah memungkinkan saya untuk mendorong batasan dan menantang status quo,” tulis pernyataan resmi Donckerwolke.

Hasilkan Kona

Donckerwolke bergabung ke raksasa otomotif Korea Selatan itu pada tahun 2015, setelah meninggalkan raksasa otomotif lainnya dari Jerman, Volkswagen Group. Awal karirnya bersama Hyundai Motor Group, dirinya ditugaskan mengawasi divisi desain Hyundai dan Genesis.

Pada tahun 2018, Donckerwolke mendapat tanggung jawab lebih besar dengan juga ditugaskan untuk merek Kia. Selain deretan model terbaru Genesis, karya Donckerwolke yang populer belakangan ini adalah Hyundai Kona dan Palisade.

Sepeninggalan dirinya, peran President of Design Management di Hyundai Motor Group tetap dipegang oleh Peter Schreyer. Seperti Donckerwolke, Shreyer juga sesame ‘alumni’ VW Group yang lebih dulu bergabung dengan Kia pada tahun 2006. Meski tidak menyebut alasannya, dikabarkan Donckerwolke mundur karena ingin lebih habiskan waktunya bersama keluarga di Bavaria, Jerman.

Dari Skoda Sampai Lamborghini

Berusia 54 tahun saat ini, Dokcerwolke memulai karirnya sebagai desainer mobil saat menjalani magang di Peugeot, setelah lulus dari Art Center College di Swiss. Titik lompatan karir diambilnya saat bergabung ke VW Group, menghabiskan dua tahun di Audi, sebelum mendapat posisi permanen di Skoda.

Skoda Octavia menjadi mobil pertama dirinya terlibat signifikan dalam proses perancangan, yang meluncur pada tahun 1996. Setelah sempat kembali ditugaskan ke Audi, dirinya mendapat promosi menjadi Head of Design di Lamborghini pada 1998.

Murchielago LP 650-4 Roadster Limited Edition

Sepanjang karirnya di Lamborghini, Donckerwolke berperan dalam lahirnya model ikonik Diablo VT, Murcielago dan Gallardo. Ketiga model ini mengantarkannya meraih Red Dot Award pada tahun 2003.

Setelah sempat dipindahtugaskan ke SEAT, Donckerwolke kembali mendapat tugas menangani merek mewah VW Group. Pada tahun 2012, dirinya ditunjuk menjadi Design Director untuk Bentley. Tiga tahun kemudian, Donckerwolke mengambil langkah berani bergabung ke Hyundai Motor Group.

Sumber: Autocar, Motor1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto