Dari Dulu Kendaraan Futuristik Sudah Diimajinasikan, Begini Ilustrasinya

JAKARTA, Carvaganza.com -  Gaya kendaraan futuristik nyatanya sudah terbesit di pikiran desainer otomotif sejak dulu. Bahkan 60 tahun ke belakang, beberapa ilustrasi model konsep hadir, membuat pikiran publik berimajinasi tinggi atau bahkan menganggapnya mustahil terwujud. Berikut daftarnya.

Super Cycle (1936)
Tampil perdana di sampul depan majalah Modern Mechanix & Inventions pada 1936, desainnya futuristik. Tak diketahui siapa yang merancangnya. Namun, dalam penjelasan motor menganut dua mesin. Pengendara ditempatkan dalam cangkang kaca bulat, lengkap dengan setang lebar. Uniknya, kedua ban terpasang berbentuk bulat layaknya bola. Diisi udara bertekanan rendah, komponen diklaim turut bertindak sebagai peredam getaran. Sekaligus memberikan aliran udara yang baik, sehingga motor dapat melesat kencang tanpa tertahan banyak angin.



Singoletta (1962)
Imaji kendaraan modern ini dipublikasikan pada 1962 dalam koran mingguan La Domenica del Corriere di Italia. Dinamakan Singoletta, wujudnya bak perpaduan transportasi Segway dengan versi mungil mobil Smart. Beroda empat. Muat untuk satu orang yang diposisikan berdiri, di dalam terpasang setang. Ukurannya kompak, disebutkan bila 10 unit disatukan setara dimensi satu mobil konvensional. Pengendara dilingkupi kubah kaca yang bertindak sebagai pelindung cuaca. Di kedua sisi turut diselipkan jendela, guna memudahkan interaksi. Tunggangan merupakan karya jurnalis Franco Bandini yang menggunakan nama samaran Cesare Armano. Ia sengaja menghadirkan ilustrasi lalu lintas yang dipenuhi Singoletta, sebagai solusi kepadatan lalu lintas.

Baca juga: Features for Future, Fitur di Mobil Masa Depan



Chrysler Heir (1941)
Hasil karya desainer otomotif, Gil Spear dirilis pada 1941. Wajah depan menjadi perhatian utama. Pasalnya, sentuhan pria yang bekerja untuk General Motors, Chrysler dan Ford selama 25 tahun ini terlihat jelas. Ada kombinasi model Plymouth 1939, New Yorker 1939 dan Saratoga 1940. Semuanya adalah buah tangan dari Gil. Nuansa modern terpancar pada sisi dan buritan. Tidak Ada lengkungan di sisi yang memperlihatkan keempat roda. Kemudian bodi belakang dibuat landai dan tajam. Mampu menampung dua orang, kabinnya bulat dengan hidung panjang untuk menyimpan enjin.

Baca juga: Ini 3 Mobil Masa Depan Kia di Geneva Motor Show 2019



McLouth – XV’61 Concept (1961)
Unit ini didesain Syd Mead. Seniman yang namanya sangat dikenal di dunia perfilman Hollywood. Beberapa karyanya seperti motor pada Tron, mobil terbang Blade Runner. Ia pun menginspirasi banyak pihak dalam menciptakan kendaraan futuristik. Salah satunya raksasa AT-AT karya George Lucas di Star Wars. Tak aneh bila karyanya sangat unik. XV sendiri adalah model konsep buatan Syd untuk perusahaan McLouth Steel Corporation. Unit ditampilkan di pameran New York International Automobile Show pada 1961.

Nuansa modern disajikan lewat penyematan garis bodi sederhana. Uniknya, bagian yang tampak seperti buritan justru merupakan wajah. Rupanya dihiasi kaca besar trapezoid. Sementara belakang dipasangkan atap landau dengan sedikit buntut layaknya sedan. Makin menarik karena XV yang memiliki kepanjangan Xperimental Vehicle ini dapat dikendarai di jalur monorail.

Baca juga: Peugeot e-208 Raih 3 Gelar Balap Mobil Listrik di Republik Ceko



Mead/Purdy Urban Car (1970)
Satu lagi mobil konsep hasil coret-coretan Syd Mead pada 1970. Berkapasitas dua orang, ilustrasi menjadi perwujudan dari deskripsi penulis otomotif di majalah Playboy, Ken W. Purdy. Dalam artikel disebutkan tunggangan punya banderol murah dan ramah lingkungan. Lantaran memakai teknologi turbin gas. Transportasi roda empat ini terbagi dua bagian. Kabin dan ruang mesin di belakang. Keduanya dapat dipisah untuk memudahkan perawatan.

Di dalam ruang duduk pengemudi dan penumpang tertanam tuas pengendali seperti di pesawat, alih-alih memakai kemudi. Telepon juga diimbuhkan. Teknologi yang dianggap sangat canggih bila terpasang pada kendaraan pada masa itu.

Baca juga: Tips Merawat Baterai Kendaraan Listrik, Seberapa Mudah?



Mobil anti gravitasi (1979)
Masih karya Syd Mead, desain mobil ini jauh menggambarkan masa depan. Muncul pada 1979, sesuai namanya unit tak memiliki roda dan melayang. Bentuknya seperti kombinasi Spinner dari film Blade Runner dengan Batwing milik Batman. Kabin oval dihiasi kaca masif yang mengelilingi, guna memberikan daya pandang luas bagi pengemudi. Di kedua sisi menempel sayap dengan kover vertikal. Menariknya, Syd sangat detail ketika mengilustrasikan, terutama soal keadaan sekitar transportasi. Terlihat ada dinding transparan di pinggir jalan, sebagai pembatas untuk melindungi pejalan kaki dari sambaran sayap.



MUHAMMAD HAFID

Sumber: www.journal.classiccars.com

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda