Daihatsu Donasikan 2 Unit Modifikasi Gran Max untuk Mobil Klinik ke Pemprov Jabar

BANDUNG, Carvaganza -- Berbagai upaya terus dilakukan dalam memerangi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Semua pihak bergerak mulai dari pemerintah, tenaga medis, perusahaan, dan juga masyarakat. PT Astra Daihatsu Motor (ADM), salah satunya. Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Daihatsu mendonasikan 2 unit mobil Gran Max yang telah dimodifikasi menjadi Mobile Clinic and Information kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan bantuan dilakukan pada Selasa, 24 November 2020 lalu di Gedung Pakuan, Bandung. Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dan juga sejalan dengan salah satu dari 4 pilar CSR (Corporate Social Responsibility) Daihatsu, yakni pada pilar Sehat Bersama Daihatsu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, mobil klinik ini dimodifikasi agar dapat dipergunakan sebagai sarana untuk edukasi kesehatan, dan ada satu dokter yang nantinya siap melayani kesehatan masyarakat. Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga memberikan apresiasi dan turut mendoakan kesuksesan kepada seluruh perusahaan yang terus berkontribusi kepada masyarakat.

Sesuai namanya, Daihatsu Gran Max yang telah dimodifikasi secara khusus menjadi mobil klinik ini ditujukan untuk tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien, sekaligus memberikan informasi kesehatan yang penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.



Mobil klinik ini juga dilengkapi beragam fasilitas, seperti kursi dokter dan pasien, wastafel, APAR, dan Tabung Oksigen. Sedangkan untuk media informasi, mobil ini juga dilengkapi dengan genset, TV & DVD player, sound system, microphone, dan tenda awning agar dapat memberikan edukasi kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.

Gran Max merupakan mobil yang sangat utilitarian. Bentuknya sederhana dan fungsional. Bermacam kegiatan operasional bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari ambulans, pengangkut barang, berjualan makanan, hingga sekadar mengangkut anggota keluarga.

Area kabin didesain sedemikian rupa demi menunjang kepraktisan. Door trim dibuat tipis dengan struktur pintu yang sedikit terekspos. Bangkunya mudah dilepas dengan memutar beberapa baut saja. Untuk konfigurasinya, jok paling belakang diberikan pilihan saling berhadapan atau menghadap ke depan.

Sektor dapur pacu mengandalkan mesin yang irit bahan bakar. Mesin 1.300 cc mengandalkan unit 3K-DE dengan DOHC, sanggup hasilkan 88 ps. Bila butuh tenaga lebih bisa mengambil varian 1.500 cc berkode 3SZ-VE. Jantung pacu 4-silinder ini dilengkapi dengan VVT-i dengan output 97 ps.

“Kami berharap donasi berupa 2 unit mobil klinik berjalan dan informasi ini dapat membantu tenaga medis dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat. Semoga melalui kontribusi ini, Daihatsu dapat selalu dekat kepada masyarakat,” ujar Feryanto Setyadi, Karawang Assembly Plant Executive Officer ADM.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda