CEC Awards 2022: Impresifnya Ferrari Roma, Honda HR-V & Gelar Terbaik Hyundai Ioniq 5

  • 2022/11/Carvaganza-Editors-Choice-Awards-2022.jpg
  • 2022/02/Ferrari-Roma-Test-Drive-Jakarta-3.jpg
  • 2022/05/ALL-NEW-HONDA-HR-V-RETOUCH-6.jpg
  • 2022/06/Hyundai-Ioniq-5-Test-Drive-3.jpg

JAKARTA, Carvaganza – 14 kategori dihadirkan pada Carvaganza Editors’ Choice 2022, yang menganugerahkan piala kepada mobil terbaik sesuai kategorisasi. Bukan sekadar berdasarkan segmentasi atau kelas dari mobil yang ada, tapi untuk mengapresiasi komitmen pabrikan dalam membuat dan menghadirkan mobil yang mampu menonjol dalam aspek spesifik.

Gelaran penganugerahan ini menjadi edisi ke-6 yang telah digelar oleh Carvaganza sebagai media otomotif yang berfokus ke segmen roda empat. Setiap kandidat yang masuk dalam penghargaan kali ini adalah mobil yang pernah meluncur dan pernah dites langsung oleh awak Carvaganza, selama periode Agustus 2021 sampai Agustus 2022.

Setiap pabrikan dan mobil dari segmen apapun punya peluang sama kuatnya untuk menjadi pemenang kategori, yang menilai keunikan dan keunggulan setiap mobil dalam sebuah aspek. Seperti kali ini, kami akan jelaskan kenapa mobil-mobil berikut ini menjadi pemenang di kategori “Best Engineering Excellence”, “Best Design”, dan “Best Driving Experience”.

Best Design Award

Best Design Award

Ferrari banyak menghadirkan model baru dalam kurun tiga tahun belakangan. Secara bertahap model-model tersebut juga telah didatangkan ke Indonesia, termasuk Roma. Nah, Roma adalah model dengan gaya desain terbaru dari keseluruhan line up model Ferrari. Desain baru ini menegaskan arah segmen baru Ferrari yang belum pernah diambil sepanjang sejarah mereka.

Baca Juga: CEC Awards 2022: Faktor Juara Hyundai Creta, Mitsubishi Xpander Cross & Porsche 911 GT3

Gaya desain yang Ferrari terapkan pada Roma menginterpretasikan arah baru. Ini adalah model grand tourer mesin depan pertama Ferrari dengan mesin V8, tapi tanpa atap lipat. Desain radikal dibanding model Ferrari lain membuatnya menonjol dan ditargetkan untuk menarik hati calon konsumen baru, mereka. Proporsi grand tourer klasik dikombinasikan dengan garis body mengalir dan futuristik.

Bukan hanya di luar, Ferrari Roma juga mengaplikasi nuansa baru pada desain interiornya. Teknologi haptic touch yang awalnya tersedia di SF90 sebagai flagship, bisa dinikmati di Roma bahkan sebelum tersedia di model lain di atasnya. Roma memadukan revolusi desain dan teknologi baru, untuk memberikan sensasi baru dalam menikmati performanya.

Best Driving Experience Award

Best Driving Experience Award

Generasi terbaru Honda HR-V telah menjadi revolusi dari model ini baik dari sisi desain sampai performa. Dan untuk pertama kalinya setelah beberapa generasi beredar, HR-V ditawarkan dalam trim RS sebagai opsi tertinggi. Teknologi sudah bukan satu-satunya yang ditonjolkan dari HR-V, tetap lebih kepada pengalaman berkendara yang lebih tinggi lagi.

Kebetulan kesempatan bercengkrama dengan HR-V terjadi di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada saat Honda menggelar media test drive perdana untuk mobil ini. Performa mesin 1.5 liter turbo yang hanya ditawarkan di varian ini, ditambah kedinamisan karakter pengendaliannya menjadi paduan yang belum tertandingi model SUV lain di kelasnya sejauh ini.

Selain keseruan berkendara dengan varian RS, Honda juga tidak pelit menyediakan teknologi keselamatan canggih Honda Sensing di seluruh varian HR-V. Yang artinya seluruh konsumen HR-V terbaru bisa merasakan sensasi dan pengalaman berkendara yang sama setiap saat. Kenyamanan menikmati perjalanan bersama HR-V disertai keselamatan paripurna yang hadir melalui lengkapnya Honda Sensing juga.

Baca Juga: CEC Awards 2022: Alasan Daihatsu Xenia, Wuling Air ev & BMW Seri 5 Touring Menang Penghargaan

Best Editors' Choice Award

Best Editors’ Choice Award 2022

Tidak mudah bagi kami dalam menentukan mobil apa yang layak mendapat mahkota terbaik dari yang terbaik ini. Karena setiap jurnalis dalam redaksi Carvaganza memiliki jagoannya masing-masing. Menandakan bahwa ada banyak mobil yang layak menjadi pemenang dan dinamisnya pasar otomotif Tanah Air dalam periode setahun ke belakang.

Akhirnya disepakati bahwa Best Editors’ Choice Award 2022 diberikan kepada Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik murni ini telah merevolusi industri kendaraan listrik di Indonesia. Saat belum diluncurkan saja, Ioniq 5 telah berhasil mencuri perhatian bukan hanya masyarakat Indonesia, tapi juga dunia. Kombinasi desain futuristik dan retronya menjadi angin segar di antara banyak desain kendaraan baru yang cenderung semakin seragam.

Ioniq 5 juga mencatat sejarah baru di industri otomotif dalam negeri, dengan menadi mobil listrik pertama yang dirakit langsung di Indonesia. Mobil ini bahkan sejak awal sudah dirancang spesifik untuk menjadi mobil listrik murni, dengan platform yang didedikasikan khusus untuk powertrain listrik. Rangkaian teknologi canggihnya juga sukses membuat Ioniq 5 langsung diidamkan pasar Indonesia, contohnya V2L (Vehicle to Load) yang menyediakan listrik dalam kondisi darurat dan SmartSense yang memberikan keselamatan tingkat tinggi.

Maka dari itu, Hyundai Ioniq 5 layak menjadi juara terbaik di Carvaganza Editors’ Choice Award 2022. Selain menjadi mobil yang atraktif luar dan dalam, juga memicu pergerakan massif industri otomotif dalam negeri untuk semakin menyambut era elektrik. Selamat, Hyundai, untuk Ioniq 5!
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: CEC Awards 2022: Nilai Istimewa Pengantar Mazda CX-5 & Honda BR-V Raih Penghargaan

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature