CEC Awards 2022: Alasan Daihatsu Xenia, Wuling Air ev & BMW Seri 5 Touring Menang Penghargaan

  • 2022/11/Carvaganza-Editors-Choice-Awards-2022.jpg
  • 2021/11/Dahatsu-Xenia-5.jpeg
  • 2022/07/Wuling-Air-ev-PEVS-2022-2.jpg
  • 2022/06/BMW-530i-Touring-M-Sport-LCI-2022-6.jpg

JAKARTA, Carvaganza – Pada Carvaganza Editors’ Choice Award 2022 terdapat 14 penghargaan yang diberikan ke mobil terbaik menurut catatan dari punggawa redaksi Oto Media Group. Kami menyeleksi ratusan mobil yang telah beredar di Indonesia termasuk yang sudah kami uji secara langsung baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kami menilai berdasarkan dengan apa yang kami lihat dan rasakan langsung baik dari sisi desain, kenyamanan, performa hingga pada kelengkapan fitur.

Selain itu, kami juga memiliki tanggung jawab kepada konsumen untuk memberikan penilaian terhadap produk mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya saat membeli mobil. Maka dari itu, sejumlah nama-nama yang populer seperti Daihatsu Xenia dan BMW 530i Touring M Sport juga masuk dalam pemenang. Tetapi ada juga nama baru seperti Wuling Air ev yang penjualannya sudah moncer bahkan sebelum penghargaan ini kami berikan.

“Penghargaan ini merupakan wujud tanggung jawab kami sebagai media untuk membangun literasi otomotif Indonesia. Konsumen yang cerdas akan mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan serta uang yang mereka keluarkan saat membeli sebuah mobil,” kata Munawar Chalil, Publisher and Editor-in-Chief OTO Media Group.

BEst Functionality Award

Best Functionality Award

Saat desas desus mengenai kehadiran generasi terbaru dari All New Daihatsu Xenia pada tahun lalu, semuanya menebak bahwa ia akan naik kelas. Benar saja, bahkan Daihatsu mengusung tagline The Next Level pada All New Xenia saat diluncurkan pada awal tahun ini dan benar saja kami menyebutnya “lompatan yang jauh.” Terdapat sejumlah hal yang membuatnya layak dianggap naik kelas, salah satunya desainnya yang kini jauh lebih agresif dengan sentuhan SUV boxy dengan peningkatan di sisi teknologi maupun kelengkapan fitur di dalamnya.

Bahkan All New Xenia yang berdiri di atas platform Daihatsu New Global Architecture ini mengubah sistem penggerak yang sebelumnya menggunakan roda belakang kini menjadi roda depan (FWD). Hal tersebut bukan tanpa alasan, Daihatsu mengklaim bahwa keputusan tersebut demi menghasilkan pengendaraan yang dinamis, performa yang maksimal serta memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Mesinnya sendiri ditawarkan dalam dua pilihan yakni 4-silinder 1.3R dan 4-silinder 1.5R yang dipadukan dengan transmisi manual dan otomatis CVT.

Baca Juga: Agar Lebih Terjangkau, DFSK Berencana Produksi Gelora E di Indonesia

Kami juga memuji penyematan fitur Advanced Safety Assist (ASA) yang disematkan pada All New Xenia varian tertinggi. Di dalamnya terdapat lima menu menarik yang bisa dinikmati oleh konsumen saat berkendara mulai dari Collision Warning Function, Pedal Misoperation Control, Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention. Peningkatan dimensi yang membuatnya lebih melar di generasi ketiga ini juga membuat kami yakin bahwa All New Xenia mampu memenuhi kebutuhan konsumen MPV di Tanah Air.

Best Innovation Award

Best Innovation Award

Keberanian Wuling Motors dalam menghadirkan kendaraan listrik dengan konsep yang praktis ini patut kita acungi jempol. Pasalnya, kehadiran Wuling Air ev di era demam mobil listrik ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi konsumen yang ingin beralih ke kendaraan elektrifikasi yang dikenal mahal. Wuling membanderol Air ev tidak sampai Rp 300 juta namun bisa menghadirkan pengalaman mengendarai mobil listrik pada konsumen.

Wuling Air ev menawarkan dua pilihan varian untuk konsumen yang terbagi atas kapasitas baterai yakni 17,3 kWh yang mampu menjelajah sejauh 200 km dan varian dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh. Varian tersebut diklaim mampu diajak berkendara sejauh 300 km dengan sekali pengisian daya penuh. Di samping itu, Wuling Air ev juga cukup praktis dengan konfigurasi empat penumpang serta menyediakan sedikit ruang penyimpanan di baris paling belakang.

Di samping menawarkan mobil listrik yang praktis, namun Wuling Air ev tetap menyediakan ragam fitur yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tersedia layanan Internet of Vehicle (IoV) yang memungkinkan pengendara mengoperasikan Air EV melalui smartphone serta Wuling Indonesian Command (WIND). Fitur tersebut merupakan perintah suara berbasis bahasa Indonesia untuk mengatur beberapa perangkat di dalam kabin mulai dari membuka jendela, mengaktifkan layanan hiburan hingga mengunci pintu.

Best Luxury Car Award

Best Luxury Car Award

Julukan "The Business Athlete" untuk BMW 5-Series ini sebenarnya sudah cukup bisa mewakili alasan kami menjatuhkan 530i Touring M Sport menjadi Best Luxury Car di ajang CEC 2022. BMW 530i Touring M Sport baru saja mendapatkan polesan facelift pada pertengahan 2022 lalu, kami memuji sejumlah peningkatan yang terdapat padanya. Salah satunya ialah penyempurnaan desain eksterior yang tampil lebih elegan namun tetapi sporty di beberapa bagian seperti fascia depan, spoiler, side skirt dan diffuser belakangnya.

Bahkan jika beralih ke bagian kabinnya kita akan disuguhkan nuansa yang begitu elegan berkat balutan Sensatec perforated berkelir coklat di seluruh jok dan bagian door trimnya. Disusul dengan aksen M Aluminium Rhombicle Smoke Grey dengan finishing Pearl Chrome menghiasi bagian dashboard dan konsol tengah yang meningkatkan kesan sporty di dalam kabin. Untuk urusan hiburan berpusat pada layar 12,3 inci dengan BMW Operating System 7 dan sudah didukung oleh wireless Apple CarPlay dan Android Auto. Konsumen juga akan disuguhi oleh beragam fitur canggih mulai dari Remote Engine Start, Parking Assistant dan Driving Assistant.

Sementara pada urusan performa, BMW 530i Touring M Sport masih mempercayakan mesin 4-silinder berkapasitas 2.0 liter TwinPower Turbo dengan teknologi BMW EfficientDynamics. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 252 hp dan torsi puncak 350 Nm yang mampu melesatkan dari 0-100 km/jam dalam tempo 6,7 detik. Kami tidak perlu banyak berdebat saat menentukan BMW 530i Touring M Sport sebagai pemenang Best Luxury Car di ajang CEC 2022 kali ini. Congrats, BMW Indonesia!
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Toyota Prius Generasi Terbaru Debut, Pamer Teknologi Hybrid Yang Semakin Canggih

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature