CEC Awards 2022: Faktor Juara Hyundai Creta, Mitsubishi Xpander Cross & Porsche 911 GT3

  • 2022/11/Carvaganza-Editors-Choice-Awards-2022.jpg
  • 2022/04/WhatsApp-Image-2022-04-11-at-10.10.20-PM-1.jpeg
  • 2022/08/New-Mitsubishi-Xpander-Cross-Test-Drive-2.jpeg
  • 2022/04/Porsche-911-GT3-2022-14.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Berbagai kategori penghargan dihadirkan untuk Carvaganza Editors' Choice Award 2022, yang merupakan edisi ke-6 gelaran ini diselenggarakan. Sebanyak 14 kategori dilombakan pada edisi tahun ini, yang meliputi berbagai aspek keunggulan dari sebuah mobil yang disajikan para pabrikan di industri otomotif.

Kali ini giliran kategori Best Newcomer Award, Best Product Development Award, dan Best Sportscar Award yang akan kami jabarkan alasan dari ditunjuknya setiap pemenang. Lalu apa alasan dari masing-masing pemenang menjadi yang terbaik di kategori ini? Berikut penjelasannya.

Best Newcomer Award

Best Newcomer Award

Seluruh awak redaksi kami sepakat, untuk menyandangkan mahkota Best Newcomer Award buat Hyundai Creta. Sebagai pendatang baru, ia memiliki banyak terobosan mengenai teknologi. Tak hanya itu, value for money jadi aspek mendasar yang diberikan Hyundai untuk masyarakat. Ada banyak kelebihan sehingga layak mendapat penghargaan.

Hyundai Creta dibekali panoramic sunroof yang memberikan penumpang pandangan luas saat menoleh ke atas. Lebih jauh lagi, mobil ini juga menawarkan pemanja telinga eksklusif. Terpasang perangkat Bose Premium Audio System, serta TFT LCD Cluster 10,25 inci. Tampilan serba digital dapat memberikan informasi lengkap bagi pengemudi, supaya memaksimalkan kenyamanan berkendara.

Baca Juga: CEC Awards 2022: Alasan Daihatsu Xenia, Wuling Air ev & BMW Seri 5 Touring Menang Penghargaan

Unggulan lain berupa Hyundai Bluelink, yaitu sebuah teknologi konektivitas. Memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan Creta melalui smartphone. Anda juga bisa mendapat akses ke berbagai fitur canggih lain. Seperti Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization. Mereka beroperasi pada saat terjadi percobaan pencurian kendaraan. 

Lantas bakal ada notifikasi ke gadget pelanggan dan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total, ketika pemilik menghubungi Call Center. Selain itu, ada pula fitur Valet Parking Mode. Fungsinya mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment. Misal saat mobil sedang mendapatkan layanan parkir valet.

Best Product Development Award

Best Product Development Award

Mitsubishi Xpander Cross disuguhkan bagi konsumen ingin naik kelas ke level Small SUV. Versi facelift kini diberi imbuhan Active Yaw Control (AYC). Perangkat membantu meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman di roda depan. Sehingga mengoptimalkan kestabilan mobil ketika bermanuver secara cepat atau di jalan licin. Makanya ia menyandang sebagai mobil dengan pengembangan terbaik. Layak dianugerahi Carvaganza Editor’s Choice Award.

AYC sangat membantu Anda saat berkendara. Sistem otomatis sigap mengerem roda depan di bagian dalam tikungan. Hal ini dapat meminimalisasi understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang diinginkan pengemudi. Ia berkolaborasi bersama Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC). Kesatuan sistem ini mendukung keselamatan, keamanan dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan. 

Visual Xpander Cross juga memikat. Sorot lampu depan keduanya menggunakan T-shaped design bareng LED. Sehingga komposisi menjadi lebih padat nan sporty. Lantas fog lamp menyatu bareng pelindung bumper depan. Selanjutnya, ada juga fender di atas roda, body moulding, roof rail hingga side skirt. Bagian itu tidak ditemukan di Xpander reguler. Terus velg berukuran 17 inci bikin tampilan kian sporty. Beralih ke buritan. Daya pikat utama datang dari rumah lampu belakang, menggunakan lengkung huruf L. Kemudian corak pendaran LED pun dibuat tambah bagus. Hanya saja bumper belakang dibuat lain. 

Best Sports Car Award

Best Sports Car Award

Sukar memungkiri kalau Porsche 911 GT3 merupakan salah satu sports car terbaik. Redaksi memberikan gelar sebagai Best Sports Car Award 2022. Dari wujudnya saja sangat menggoda para pecinta kendaraan pemacu adrenalin. Produsen otomotif asal Jerman ini melakukan ubahan aerodinamika lewat bentuk dan desain eksterior. Tujuannya supaya gaya tekan ke bawah (downforce) semakin sempurna. Mimik depan memiliki lekukan dan spoiler supaya memaksimalkan aliran udara. Lalu kap depan yang memiliki dua lubang angin seperti di GT3 RS sebelumnya. Menawan!

Performa yang dimilikinya bikin siap berdansa di sirkuit. GT3 generasi ini agak berbeda dari kebiasaan. Ia tidak menggunakan mesin turbo, melainkan 6-silinder 4.0 liter naturally-aspirated. Tarian piston sanggup membuncahkan daya maksimal 510 hp plus momen puntir puncak 470 Nm. Tersedia dua opsi transmisi, pertama manual 6-percepatan lalu PDK 7-percepatan. Porsche tidak pertahankan transmisi PDK 8-percepatan dari 911 reguler di generasi baru. 

Anda dapat menungganginya dengan tiga mode berkendara: Normal, Sport dan Track. Mengenai kinerja 911 GT3 juga telah diuji secara intensif di Nurburgring Nordschleife. Bahkan telah mencatat rekor lap 6:59,927 detik oleh Porsche sendiri. Catatan ini 17 detik lebih cepat dari model generasi pendahulunya.
(ANJAR LEKSANA / WH)

Baca Juga: CEC Awards 2022: Jurus Ampuh Hyundai Ioniq 5, Toyota GR Yaris & Veloz Menjadi Terbaik di Kategorinya

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature