Toyota Prius Generasi Terbaru Debut, Pamer Teknologi Hybrid Yang Semakin Canggih

  • 2022/11/All-New-Toyota-Prius-2023-4.jpg
  • 2022/11/All-New-Toyota-Prius-2023-5.jpg
  • 2022/11/All-New-Toyota-Prius-2023-3.jpg
  • 2022/11/All-New-Toyota-Prius-2023-2.jpg
  • 2022/11/All-New-Toyota-Prius-2023-6.jpg
  • 2022/11/All-New-Toyota-Prius-2023-1.jpg

TOKYO, Carvaganza - Generasi terbaru Toyota Prius resmi diperkenalkan menyusul teasernya yang sempat dirilis beberapa waktu lalu. Lewat generasi baru ini, Toyorta menunjukkan keunggulannya dalam pengembangan teknologi hybrid yang telah menjadi highlight utama Prius sejak awal. Prius membuat terobosan teknologi hybrid lebih maju lagi.

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota Prius generasi terbaru resmi diperkenalkan

    Mengusung desain kendaraan elektrifikasi bergaya hammerhead dan platform TNGA terbaru
  • Tetap menonjolkan teknologi hybrid yang ramah lingkungan

    Prius ditawarkan lebih dulu dengan varain HEV, kemudian disusul dengan PHEV pada tahun depan
  • Rencananya, Prius terbaru akan sudah tersedia di pasaran pada tahun ini, dengan pilihan format Series Parallel Hybrid (HEV). Kemudian pada musim semi tahun depan, baru disusul oleh varian Prius PHEV (Plug-in Hybrid).

    Bicara desain eksterior, Prius generasi terbaru memiliki pendekatan sporty meski tetap memperlihatkan beberapa garis desain yang menyerupai siluet Prius original. Proporsinya lebih bergaya dengan low center gravity serta ban berukuran 19 inci yang dipasangkan pada platform TNGA generasi kedua. Tampilan depannya mengingatkan pada model bZ4x karena Toyota mengadopsi desain bentuk hammerhead, alias hiu martil. Ini untuk menghadirkan keseimbangan desain hingga ke bagian belakang kendaraan yang lagi-lagi menawarkan stop lamp dengan LED horizontal ikonik. Soal warna, terdapat delapan pilihan warna kendaraan termasuk dua warna baru yakni Ash (abu-abu) dan Mustard (kuning gelap) yang menciptakan kesan sporty.

    Toyota Prius

    Masuk ke bagian interior, Toyota memberikan pendekatan yang disebut “island architecture”. Konsep ini menciptakan lingkungan yang meminimalisir stres, memberikan kesan lapang pada area pengemudi serta memberikan kesan pengoperasian beragam tombol yang intuitif juga menyenangkan. Warna interiornya dominan gelap dengan detail seperti jahitan di beberapa bagian bisa ditemukan. Toyota memberikan keseimbangan antara rasa sporty serta canggih dan modern.

    Baca Juga: Toyota Innova Hybrid Siap Meluncur Pekan Depan, Ini Bocoran Spesifikasinya

    Prius terbaru juga menggunakan panoramic view moonroof yang bisa dibuka untuk mendapatkan kesan lapang di kabin. Model PHEV mendapatkan tawaran solar charging system generasi kedua untuk efisiensi penggunaan energi yang diklaim mampu membawa kendaraan sejauh 1.250 kilometer per tahun. 

    Sistem peringatan terbaru berupa pencahayaan dikoneksikan dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS). Sistem ini akan memberikan peringatan pada pengemudi lewat serangkaian lampu peringatan sebelum peringatan dalam bentuk suara. Ini menciptakan pengalaman berkendara yang lebih meyakinkan juga menghindari gangguan.

    Paling menarik adalah soal teknologi hybrid yang disematkan. Toyota menawarkan Prius generasi terbaru dalam pilihan mesin Dynamic Force Engine 2.0L dengan teknologi Plug-In Hybrid. Baterainya menggunakan lithium ion yang disalurkan ke motor penggerak yang menghasilkan tenaga 2231 hp sembari menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibanding model lawas. Klaim Toyota, model PHEV ini dapat melesat dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu 6,7 detik.

    Toyota Prius

    Peningkatan lainnya yang disebut Toyota adalah jarak tempuh dalam mode EV yang lebih jauh 50 persen dari model lawas. Toyota juga menghadirkan “My Room Mode” untuk pengemudi dan penumpang menikmati sistem AC dan audio sistem dari sumber listrik eksternal. Ini memberikan kenyamanan saat pengisian daya yang membuat kondisi kabin lebih nyaman.  Model PHEV ini memaksimalkan platform baru TNGA dengan menempatkan baterai di bagian bawah jok belakang. Ini membuat Prius terbaru mendapatkan titik pusat gravitasi yang lebih rendah sembari memaksimalkan kapasitas bagasi. 

    Model lainnya adalah pilihan mesin 2.0L dan 1.8L namun dengan teknologi Series Parallel Hybrid System. Model ini disebutkan menawarkan akselerasi lebih maksimal dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Pada mesin 2.0L tenaga yang ditawarkan sekitar 191 hp atau 1,6 kali lebih besar dari model lawas. Model ini juga hadir dengan teknologi E-four System di mana motor listrik berdaya besar hadir untuk memberikan performa di berbagai kondisi jalan seperti saat bersalju, pasir dan memberikan kestabilan saat berbelok.

    Platform TNGA generasi kedua memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik terutama dari distribusi beban yang lebih merata. Selain itu penggunaan rangka yang lebih kaku menghadirkan pengendaraan yang lebih senyap. Suspensinya menggunakan MacPherson strut di depan dan double wishbone di belakang yang memberikan pengalaman berkendara serta respons terbaik di berbagai kondisi jalan. 

    Soal fitur, seperti yang sudah disebutkan di atas, Prius akan menggunakan TSS generasi terbaru dan diberikan di seluruh varian. Lewat kamera monokular di depan, kamera dalam lewat Digital Inner Mirror serta rekaman video di dalam kendaraan seperti aksesori dashcam. Selain itu hadir juga fitur advance park yang membantu pengemudi memarkirkan kendaraannya di berbagai kondisi. Plus dengan sambungan telepon seluler, pengemudi dapat mengendalikan mobilnya dari jarak jauh untuk masuk dan keluar tempat parkir.

    Toyota Prius

    Prius yang menjadi salah satu pelopor kendaraan ramah lingkungan di dunia telah membantu mengurangi emisi karbon sebesar 82 juta ton sejak diperkenalkan. Kehadirannya juga menginspirasi berbagai merek untuk menawarkan model hybrid di seluruh lini produk yang ditawarkan. Setelah generasi pertama di 1997, generasi kedua hadir dengan siluet monoform untuk pertama kali. Generasi ketiga hadir dengan mesin 1.8 liter dan sistem hybrid yang lebih efisien. 

    Prius generasi keempat ini akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk pertama kalinya. Model ini telah memimpin pasar hybrid sejak diperkenalkan pada 1997 silam dan terjual sebanyak 5 juta unit secara global. Untuk model terbaru ini, tim desain Toyota berkonsentrasi agar mempertahankan bentuk populer model yang sudah berusia 25 tahun ini. Beberapa desain kunci antara lain stylish, performa berkendara mengesankan, serta sporty modern.

    Rencananya Prius generasi terbaru akan diperkenalkan di pasar Amerika Utara, Eropa serta pasar lainnya. Di Jepang, Prius terbaru akan ditawarkan lewat solusi Kinto. Toyota akan menghadirkan detail layanan ini pada akhir tahun.
    (SETYO ADI / WH)

    Baca Juga: 11 Ribu Unit Honda Laku Sepanjang Oktober 2022, HR-V Ungguli BR-V

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature