Beranda Updates Beli Mobil Lewat Lelang Lebih Mudah dan Cepat, Tapi…

Beli Mobil Lewat Lelang Lebih Mudah dan Cepat, Tapi…

JAKARTA, 7 September 2019 – Membeli mobil bekas bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa ke showroom, lewat pedagang mobil bekas, iklan, langsung ke penjual, atau juga bisa di balai lelang. Pasar mobil bekas yang cukup menjanjikan ini membuat PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) meresmikan pool lelang barunya di Ciledug Raya, Petukangan, Jakarta Selatan.

“Membeli mobil bekas di lelang memang harus teliti, karena kita menjual mobil ada adanya. Mobil dengan catat atau bahkan bekas tabrakan kita jual apa adanya,” kata Ari W. Andrian, General Manager Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi).

Meski demikian, kata Ari, ada kelebihan yang bisa didapatkan konsumen lewat lelang. Apa saja?

Pertama aspek hukum terjamin. Dari sisi legalistas Auksi menjamin surat menyurat yang dibutuhkan. Setiap asset yang akan dilelang harus melalui proses pengecekan ke instansi yang terkait. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian kepada pembeli agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

“Kita sampaikan apa adanya, misal pajak mati, atau tidak ada STNK,” kata Ari. “Yang jelas asset yang dilelang tidak dalam masalah hukum.”

Baca juga: Siap Bersaing, Balai Lelang Auksi Resmikan Pool Baru di Ciledug

Mobil-mobil bekas yang dilelang di Auksi umumnya adalah mobil pribadi, eks kendaraan operasional kantor, serta eks kendaraan perusahaan rental. Selain jenis kendaraan penumpang, Auksi juga melelang kendaraan niaga seperti pick up, mobil boks blind van dan sebagainya.

Selanjutnya membeli melalui lelang lebih cepat dan efisien. Untuk penjualan asset dalam jumlah besar, maka dari sisi waktu penjualan sistem lelang akan lebih cepat sekaligus ekonomis karena akan mengurangi biaya penyimpanan. “Kita beri waktu 3 hari setelah pemenang lelang untuk melakukan pembayaran, barang sudah bisa diambil. Bahkan jika bayar hari itu, hari itu juga bisa dibawa,” kata Ari.

Sementara ketiga lebih terbuka dan objektif. Lelang dilaksanakan dengan mengundang peminat atau calon pembeli sebanyak mungkin. Sehingga pelaksanaannya sangat terbuka dan objektif. “Anda berminat dengan sebuah asset, silahkan bersaing terbuka dan disaksikan banyak orang. Yang melakukan penawaran tertinggi adalah pemenangnya,” kata Ari.

Hingga saat ini Auksi telah berhasil menyelenggarakan 620 kali kegiatan lelang di wilayah Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, Balikpapan, Makassar, Medan, Palembang, dan Pekanbaru dengan jumlah kendaraan yang berhasil di lelang sebanyak 42,536 unit.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

GALERI FOTO: Mahindra Scorpio Pikup, Mobil 4×4 Termurah

BOGOR, 17 Oktober 2019 - Menyusul Tata Motors, Mahindra kini resmi hadir di Indonesia sebagai pabrikan asal India untuk meramaikan segmen pasar kendaraan niaga....

10 Program Unggulan Siap Ramaikan IIMS Surabaya 2019

SURABAYA, 17 Oktober 2019 – Pameran otomotif di penghujung tahun akan digelar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 pada...

Jadi 4×4 Paling Murah, Harga Mahindra Scorpio Geser Jimny

BOGOR, 17 Oktober 2019 – Mahindra menandakan kebangkitannya kembali di pasar Indonesia dengan meluncurkan Scorpio Pikup, sebagai mobil 4x4 dengan harga paling terjangkau di...

Toyota Yaris Terbaru Sudah Meluncur di Jepang, Ini Penampakannya

TOYOTA CITY, 17 Oktober 2019 – Pabrikan Toyota Motor Corporation (TMC) telah meluncurkan Yaris model terbaru pada hari Rabu kemarin...

Gandeng RMA, Merek India Mahindra Bangkit Lagi di Indonesia

BOGOR, 17 Oktober 2019 – Pabrikan asal India kini bertambah di pasar otomotif Indonesia, dengan resmi datangnya merek Mahindra. Kehadiran...