Begini Efek Jika Mobil Pakai Bahan Bakar Tak Sesuai Saran Pabrikan

SPBU Pertamina

JAKARTA, Carvaganza – Sejumlah SPBU di Tanah Air sudah mulai menerapkan pembelian BBM Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina. Langkah tersebut dilakukan pemerintah untuk membatasi kendaraan dengan spesifikasi tertentu tidak menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan rendah yakni RON90 seperti Pertalite. Sejalan dengan hal tersebut, sejumlah pabrikan justru menyarankan agar para pemilik kendaraan untuk menggunakan bahan bakar dengan standar RON92 seperti Pertamax.

Salah satunya ialah Toyota yang memiliki teknologi katup variable ganda atau Dual VVT-i diklaim membutuhkan kualitas bahan bakar yang sesuai agar kerja mesin dapat lebih optimal saat digunakan. Di sisi lain, kendaraan yang dipasarkan saat ini termasuk Toyota juga memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi. Bahkan untuk kendaraan Low Cost Green Car seperti Agya memiliki rasio kompresi di atas 10;1 dengan rekomendasi penggunaan bahan bakar RON92.

Sementara itu, Auto2000 yang menyediakan layanan sales dan aftersales untuk konsumen Toyota menjelaskan bahwa BBM yang tidak sesuai akan membuat mesin tidak bekerja secara maksimal. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi ialah sifat mudah terbakar dari BBM beroktan rendah yang jika digunakan pada kendaraan baru Toyota bisa terbakar sebelum busi memercikkan api sesuai siklusnya. Jika tetap menggunakan BBM beroktan rendah, tidak hanya kerja mesin yang kurang maksimal tetapi juga berpengaruh pada BBM yang tak efisien dan gangguan mesin seperti knocking.

ganti oli

 

“Penggunaan bensin sesuai rekomendasi pabrikan sangat penting artinya bagi kendaraan supaya dapat bekerja dengan baik. Mesin yang prima dan efisien membuat tenaganya dapat disalurkan dengan mudah dan menjaga konsumsi bensin tetap irit, dan menghindari masalah pada mesin di kemudian hari. Pastikan selalu servis berkala untuk membantu menjaga kondisi mesin dan manfaatkan keuntungan promo aftersales Auto2000 spesial hanya ada di Auto2000 Digiroom,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Selain memakai bahan bakar yang sesuai kebutuhan, konsumen juga bisa menjaga kondisi mesin dengan servis berkala secara teratur setiap 6 bulan sekali. Saat melakukan servis berkala, setelan ECU mesin akan diatur agar bekerja seideal mungkin guna menjaga efisiensi mesin. Selain itu ,seluruh komponen pendukung seperti filter-filter mesin, busi, dan onderdil lainnya akan dibersihkan dan diganti jika sudah tidak layak pakai atau waktunya diganti. Tahapan uji emisi gas buang juga akan dijalankan sebagai indikator pendukung apakah kondisi mesin sudah prima atau membutuhkan perawatan khusus.

Berbagai cara juga dapat dilakukan oleh tiap konsumen agar mendapatkan pemahaman tentang penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya ialah bisa melihat buku manual kendaraan dan berkonsultasi dengan sejumlah teknisi di bengkel resmi salah satunya ialah Auto2000. Saat ini Auto2000 menghadirkan sejumlah program menarik untuk konsumen yang ingin melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau layanan Home Service Auto2000.

Auto2000 dealer

Promo Auto2000

Promo Booking Servis Tinggal Klik, Hadiahnya Bikin Asik ditujukan bagi konsumen yang melakukan booking service melalui Auto2000 Digiroom akan berkesempatan mendapatkan tas laptop eksklusif dan tote bage Digiroom. Ada pula Promo Beli Kebutuhan Toyota Hadiahnya Bikin Greget yang ditujukan khusus bagi 1 pelanggan dengan nilai transaksi tertinggi untuk pembelian aksesoris, kupon servis, paket servis, atau gabungan di antaranya selama periode promo akan mendapatkan kamera Canon EOS M100. Sementara 10 pelanggan dengan transaksi tertinggi berikutnya berhak mendapatkan e-money senilai Rp 100 ribu.

Sementara untuk konsumen THS - Auto2000 Home Service, tersedia Promo Check Up Gratis THS, Setiap check up kendaraan selama bulan Juli 2022 lewat petugas THS dan mendapatkan gratis filter oli untuk setiap ganti oli. Selain itu, konsumen juga bisa memperoleh 2 liter TMO Synthetic (10W-40) secara gratis untuk setiap servis berkala di Auto2000 Home Service.

Selain itu, tersedia pula Promo Auto Sehat Serba Hemat dengan opsi diskon jasa dan spare part untuk penggantian kopling, shock absorber, ban, aki, dan oli. Serta paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) khusus AutoFamily yang memiliki mobil Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 km atau sudah tidak memiliki kuota free servis berkala. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga:  Bingung Beli BBM Subsidi Pakai Aplikasi Pertamina? Begini Caranya

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature