Beranda Updates Bantu Cegah COVID-19, Astra Serahkan Bantuan Tahap Kedua Rp 30 Miliar

Bantu Cegah COVID-19, Astra Serahkan Bantuan Tahap Kedua Rp 30 Miliar

SURABAYA, Carvaganza.com – Astra melakukan penyerahan bantuan tahap kedua dalam bentuk donasi senilai Rp 30 miliar dalam pencegana penyebaran COVID-19 di Indonesia. Donasi diberikan kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya hari ini, Selasa (7/3/2020).

Pada tahap pertama Astra memberikan donasi awal senilai Rp 63 miliar. Dengan demikian, total bantuan dari Astra telah mencapai Rp 93 miliar.

Bantuan tahap kedua tersebut merupakan kontribusi nyata dari Astra bersama-sama dengan dunia usaha lainnya seperti CT Corp-Bank Mega dan Grup Salim untuk mencegah meluasnya virus COVID-19, sekaligus memperkecil tingkat kematian, terutama bagi penderita usia lanjut. Tiga grup perusahaan tersebut menyerahkan total donasi Rp 90 miliar.

“Untuk mencegah penyebaran pandemi ini harus dilakukan secara serentak oleh seluruh lapisan, baik itu pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Semoga kontribusi dari kami ini dapat bermanfaat dalam menghambat tingkat penyebaran COVID-19,” ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto.

Acara dihadiri Guru Besar Universitas Airlangga M. Nuh, Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga Prof. dr. Nasronudin, dr. Nizar Yamanie, SpS (K) sebagai konsultan medis donasi, dan Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Surabaya Faris Henky Irawan.

Baca juga: Perangi Wabah COVID-19, Astra Serahkan Bantuan Rp 63 Miliar

RS Rujukan

Hingga Selasa sore, pemerintah mencatat corona sudah menyerang seluruh wilayah Indonesia. Diketahui hingga saat ini ada 2.738 kasus dengan jumlah kematian mencapai 221 orang.

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia. Keduanya memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Pada tahap awal, donasi ini akan dimanfaatkan untuk membiayai pengadaan 20 tempat tidur intensive care unit (ICU) dan 100 tempat tidur kamar isolasi ketat atau high care unit (HCU) di tiap-tiap rumah sakit tersebut. Jumlahnya akan ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan alat kesehatan.

Selain itu, pada tahap kedua ini Astra juga berkontribusi melalui PT Harapan Bangsa Kita untuk mendukung acara HEBAT senilai Rp 113 juta dalam bentuk makanan sehat untuk tenaga medis di rumah sakit yang menangani COVID-19.

Baca juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Astra Serahkan Bantuan untuk BNPB

Bantuan

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk mengatakan sebelumnya, Astra telah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Juga kepada Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, serta donasi Rp 40 miliar melalui suatu Yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia.

Astra telah mendonasikan 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR 71) kepada Palang Merah Indonesia yang akan digunakan sebagai kendaraan penyemprot disinfektan.

Ada juga bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek dan inisiatif Astra dalam menggerakkan beberapa penerima SATU Indonesia Awards dipelosok tanah air untuk turut membantu pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah masing-masing.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Daihatsu Perluas Edukasi Program Penyu Untuk Indonesia

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai program digelar PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus membuktikan komitmen dan tanggung jawab sosialnya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)....

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...

Hyundai World Premiere Sportscar Listrik RM20e di Auto China Show 2020

BEIJING, Carvaganza.com – Pabrikan Beijing Hyundai Motor Company memanfaatkan pameran Beijing International Automotive Exhibition 2020 untuk membagikan visi elektrifikasi di masa depan. Sebagai bagian...

Cina Sudah Normal lagi, Gelar Pameran Otomotif Di Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Kehidupan di Cina sepertinya sudah normal kembali sejak dihantam pandemic COVID-19. Yang terbaru adalah untuk pertama kalinya digelar pameran otomotif di...

Honda CR-V PHEV Telah Meluncur di Cina, Ini Kelebihannya

BEIJING, Carvaganza.com – Honda CR-V Plug-in Hybrid (CR-V PHEV) telah mendebut global di Beijing International Automotive Exhibition 2020 di kota Beijing, China. Pembukaan selubung...