Beranda Updates Astra UD Trucks Kuzer RKE 150, Ini 6 Keunggulannya

Astra UD Trucks Kuzer RKE 150, Ini 6 Keunggulannya

JAKARTA, Carvaganza.com – Persiangan di pasar light duty truck sebenarnya cukup panas meski tidak banyak yang tahu. Salah satu pemainnya adalah Astra UD Trucks lewat Kuzer RKE 150. Model ini bermain di segmen truk ringan enam ban yang merupakan segmen pasar terbesar di bisnis kendaraan niaga di Indonesia saat ini.

Tentu saja tidak mudah bagi Astra UD Trucks untuk bersaing di pasar kendaraan niaga pada segmen ini. Lantaran market saat ini dikuasai oleh trio Colt Diesel dari Mitsubishi Fuso, Hino Dutro dan Isuzu Elf NMR.

Kuzer RKE 150 sendiri punya beberapa keunggulan yang bisa jadi nilai jual. Secara produk, truk ini tidak boleh dipandang sebelah mata lantaran punya kelebihan.

Ini 6 kelebihan yang bisa dicatat:

Ukuran Cab

Kuzer RKE dibangun sebagai truk ringan kategori 2 dengan GVW 8,5 ton. Astra UD Trucks menawarkan dua jenis bila mengacu pada jarak antarsumbu. WB 3350 ditujukan sebagai model Short Wheelbase, sementara WB 3850 merupakan nomenklatur Long Wheelbase. Keduanya memang bukan truk penjelajah jauh dengan sleeper cab. UD Trucks membekali Day Cab saja alias tanpa ekstra tempat istirahat.

Bukan berarti Kuzer dibuat seadanya. Kabin truk ini tetap dibuat lapang. Astra UD Trucks bahkan mengklaim kabin terlebar di antara kompetitor sekelas dengan mencatatkan 2,1 meter. Hal ini membuat pengemudi lebih nyaman dan leluasa. Posisi duduk dapat diatur mulai dari reclining, maju-mundur, sampai ketinggian jok.

Ukuran cab memberi keuntungan bagi pengusaha truk. Izin dimensi pada SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) muatan belakang pun mengikuti. Contoh bila dibangun boks, dikatakan boleh sampai selebar 2,3 meter, yang tentunya volume bertambah besar.

Fitur Keselamatan

Masuk segmen komersial bukan berarti Astra UD Trucks melupakan soal keselamatan. Misalnya saja di kaca samping, ada bagian yang dibuat lebih besar. Bagian ini tentunya akan meningkatkan visibilitas pengemudi ke luar guna mengurangi blindspot. Safety belt juga sudah model ELR (Emergency Locking Retractor) seperti di mobil penumpang. Rangka dibuat lebih besar dan ditambahkan anti-roll bar untuk mengurangi risiko terguling.

Perhatian utama diberikan pada sektor penerangan. Rangkaian lampu utama terdiri dari tumpukan lampu posisi, lampu dekat, dan lampu jauh, lalu lampu sein di samping. Ada juga pendar ekstra terpisah di sudut terluar berupa peranti penerangan di kala menerjang kabut.

Baca juga: Astra UD Trucks Handover Kuzer RKE 150 kepada PT JBL

Real Time Fuel Coach

Kuzer mendapat fiur canggih yaitu Fuel Coach. Ini bukan sekadar pengingat sedang berkendara hemat. Sesuai dengan terjemahan, ada perangkat yang bakal terus memberitahu cara berkendara. Seperti instruktur yang terus menerus mengingatkan pengemudi untuk mengemudi dengan benar. Fitur ini mengatur strategi efisiensi bahan bakar terbaik secara real time.

Sistem ini bekerja dengan membaca putaran mesin dan bobot mesin (load). Kemudian, ia akan memberi tahu kapan harus meningkatkan putaran mesin dan kapan harus menurunkan. Sistem juga bisa membaca apakah beban torsi terlalu besar, kecil, atau dalam batas optimal.

Cruise Control

Ada fitur lain yang cukup unik dan aneh yaitu cruise control. Boleh dibilang tak pernah terdengar digunakan untuk truk berukuran sedang. Biasanya kita temukan di mobil penumpang, biasanya lazim ditemukan pada tractor head besar. Juga di kendaraan bertransmisi otomatis.

Kuzer malah aneh, dibekali fitur cruise control di truk yang menggunakan transmisi manual. Peranti ini bekerja meringankan kerja pengemudi di jalan lowong. Ia dapat diaktifkan bila melampaui 30 km/jam. Kecepatan dapat diatur lewat stalk bagian kanan rumah setir.

Mesin

Kuzer mempercayakan pemacu daya 3,8 liter berkode GH4E untuk mengimbangi beban kerjanya. Total daya yang dihasilkan mencapai 150 hp di 2.800 rpm. Tapi, torsi puncaknya sanggup mencapai angka 490 Nm.

Bicara untuk truk ringan, output yang dihasilkan tergolong berlimpah. Hal ini tentunya disesuaikan dengan GVW 8,5 ton. Tenaga kemudian disalurkan ke single reduction axle belakang lewat transmisi manual enam percepatan. Satu lagi, Astra menyebut jika mesin ini siap meminum bahan bakar B30.

Telematics

Satu kelebihan Astra UD Trucks adalah soal kontrol data. Hal ini merupakan penunjang efisiensi biaya operasional perusahaan. Sistem Fleet Management dapat dikoneksikan ke Kuzer. Teknologi telematics ini memungkinkan tracking berikut Geofencing Alert. Berguna untuk mengetahui secara langsung bila terjadi deviasi rute perjalanan. Sistem pun dapat memberikan peringatan maintenance.

Informasi yang didapatkan bisa digunakan manajemen dalam menganalisa kinerja tiap truk. Hal utama yang dibaca adalah penggunaan bahan bakar. Mulai dari seberapa efisien menggunakan truk sampai mewanti-wanti perubahan jumlah BBM.

Terakhir, untuk meningkatkan kepuasan Astra menyediakan garansi produk sampai 100 ribu km atau tiga tahun. Disertai pula free service sampai 60 ribu km atau dua tahun. Di samping itu, tersedia layanan seperti UD Service Agreement untuk mengurangi biaya pemeliharaan. Astra juga menyiapkan program pelatihan pengemudi, mobile workshop, dan layanan purnajual terintegrasi.

Baca juga: Lima Keunggulan Astra UD Trucks Kuzer RKE 150

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto