Astra Gelontorkan Bantuan Tahap Ketujuh Rp 30 Miliar Untuk Warga Terdampak Covid-19

Astra Donasi

JAKARTA, Carvaganza -- Astra kembali menyerahkan bantuan untuk didistribusikan kepada keluarga yang terkena dampak pandemi Covid-19. Bantuan sejumlah Rp 30 miliar yang diserahkan hari ini, Jumat (23/7/2021), merupakan tahap ketujuh yang dilakukan Astra.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam acara Kick-off Penyerahan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Donasi Pengusaha Peduli NKRI secara virtual. Turut hadir Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Rencananya bantuan tahap ketujuh dari Astra bersama perusahaan lainnya akan digunakan untuk pengadaan 35.000 ton beras, konsentrator oksigen, aktivasi sentra vaksinasi serta pembelian obat-obatan bagi pasien Covid-19. Penyaluran bantuan secara bertahap, yang diadakan bersama perusahaan lainnya di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Nasional Indonesia serta Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, akan melibatkan para relawan di berbagai wilayah di Indonesia dengan dukungan aparat TNI-Polri.

Dengan penyerahan bantuan tahap ketujuh tersebut, maka total bantuan dari Astra untuk penanganan COVID-19 telah mencapai Rp 200 miliar. Sebelumnya, pada bantuan tahap pertama tahun lalu hingga keenam awal tahun ini senilai total Rp 170 miliar, Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat dan melalui berbagai institusi seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Palang Merah Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, dan lainnya.

Bantuan tersebut diantaranya berupa unit kendaraan, ruang intensive care unit, ruang isolasi high care unit, alat uji tes, alat pelindung diri, masker, paket sembako, hingga ventilator untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk mengatakan berbagai partisipasi Astra dalam mendukung pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat. "Bantuan ini bertujuan untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 dan mempercepat terwujudnya herd immunity sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa," katanya.

Astra Vaksin

Vaksinasi Karyawan dan Masyarakat

Tak hanya donasi, Grup Astra juga secara bertahap melakukan vaksinasi Covid-19 untuk karyawan dan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan sejak 18 Mei 2021, melalui program Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong Untuk Pekerja. Secara bertahap Grup Astra melakukan vaksinasi untuk lebih dari 130.000 orang karyawan Grup Astra dan keluarga inti mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketersediaan vaksin dikoordinasikan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sedangkan pelaksanaan vaksinasi bekerjasama dengan Kimia Farma.

“Grup Astra telah mengadakan penyuntikan vaksin secara bertahap kepada karyawan melalui program Vaksinasi Gotong Royong dan memfasilitasi vaksinasi untuk masyarakat. Langkah ini merupakan wujud nyata kontribusi Grup Astra untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat terwujudnya herd immunity agar dapat mendorong pemulihan perekonomian nasional,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro.

Grup Astra yang tersebar pada tujuh lini bisnis Astra secara bertahap telah melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong di berbagai daerah di Indonesia, antara lain PT Astra International Tbk, PT Astra Honda Motor dan anak usahanya, PT Astra Daihatsu Motor, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk dan anak usahanya, PT Federal International Finance, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Pamapersada Nusantara, PT Acset Indonusa Tbk, PT Agincourt Resources, PT Astra Tol Nusantara dan anak usahanya, PT Serasi Autoraya dan anak usahanya.

Selain itu, melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bekerja sama dengan Halodoc dan melalui Dana Pensiun Astra (DPA), Astra Group juga menyediakan fasilitas, sarana, dan prasarana vaksinasi untuk masyarakat di beberapa Sentra Vaksinasi.

Melalui program Sentra Vaksinasi COVID-19 YDBA yang diadakan di Cakung, Jakarta Timur, dan Sentra Vaksinasi COVID-19 DPA di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, telah divaksinasi masing-masing sebanyak 10.467 peserta dan 7.404 peserta yang terdiri dari pralansia, lansia, guru, dan pelayan publik. RAJU FEBRIAN

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya