Beranda Updates AMMDes Dimodifikasi Sebagai Penyemprot Disinfektan

AMMDes Dimodifikasi Sebagai Penyemprot Disinfektan

JAKARTA, Carvaganza.com – Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Saat ini untuk menghadang penyebaran wabah virus corona baru (COVID-19) di Indonesia. AMMDes Water Tank dirancang ulang sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan.

Semula, AMMDes jenis ini digunakan untuk air. Dengan kapasitas tangki 600 liter yang cukup besar, mobil ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan enyemprotan disinfektan. Apalagi dengan ukurannya yang kecil bisa menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui kendaraan biasa.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan Kemenperin mendorong PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) untuk aktif mengembangkan AMMDes untuk berbagai kebutuhan saat ini.

“AMMDes Water Tank ini mampu menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan kendaraan besar untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Putu Juli Ardika.

Dengan keunggulan AMMDes yang menggunakan differential lock dan penggunaan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui, diyakini AMMDes tidak akan selip ketika berada di jalan ekstrim dengan infrastruktur yang minim.

Serba Guna

Kemenperin mengajak semua pemangku kepentingan dapat turut berpartisipasi dalam mendukung perluasan pemanfaatan dan pengembangan implementasi AMMDes. Apalagi, AMMDes telah memiliki tingkat komponen lokal yang cukup tinggi hingga 70%.

Mobil berbasis pikap ini memiliki dimensi 3.580 x 1.370 x 1.900 mm (PxLxT). Sedangkan kapasitasnya hanya mampu menampung dua orang di ruang kabin tersebut. Melihat ke bagian bawah, AMMDes menggunakan pelek berukuran 13 inci. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel berkapasitas 660 cc dengan tenaga 14 hp @2400 rpm. Jantung pacu tersebut diletakkan di bagian bekang.

Selain untuk mesin penggerak mobil tersebut, mesin ini juga berguna untuk mengoperasikan alat aplikasinya itu sendiri dengan sistem Power Take Off (PTO). Tak hanya itu, bagian gardan belakang juga dilengkapi dengan differential lock system yang berguna untuk menambah traksi saat melintasi medan jalan yang buruk.

AMMDes memiliki daya angkut sebesar 700 kg, ruang belakangnya bisa diaplikasikan dengan beragam keperluaan. Alat yang diaplikasikan adalah perontok padi, penjernih air, Ice Flake Maker, pengolah kopi, pemoles beras, generator listrik, pascapanen pisang, dan ambulance feeder.

Alih Fungsi

Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto menyatakan AMMDes memang bisa digunakan untuk banyak hal. Misalnya untuk penyemprotan disinfektan ini mereka melakukan alih fungsi AMMDes Water Tank.

“AMMDes dengan aplikasi Water Tank ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Selain untuk fungsi penyemprot cairan disinfektan yang saat ini sedang kami distribusikan ke beberapa tempat, unit ini juga dapat ditandemkan dengan unit AMMDes-KMW penjernih air,” paparnya.

AMMDes-KMW penjernih air telah digunakan sebagai unit yang dapat menghasilkan air bersih dengan standar konsumsi rumah tangga maupun air siap minum. Unit ini dilengkapi dengan filter pembersih penghilang bakteri berbahaya serta penghilang bau dan rasa pada air. Sehingga dapat menjadi fasilitas penyedia air bersih mobile pada daerah-daerah yang sulit mendapatkan air.

“AMMDes-KMW penjernih air pernah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada saat musim kemarau maupun tanggap darurat bencana seperti di Palu, Sigi, dan Donggala pascabencana gempa bumi dan tsunami beberapa waktu lalu,” ungkap Reiza.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...