Akhir Tahun, Dua Varian Mercedes-Benz GLE Coupe Meluncur Bersamaan

JAKARTA, Carvaganza.com – Dalam berupaya memepertahankan gairah pasar otomotif di masa pandemi ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menggelar kembali Star Expo di akhir tahun. Bertempat di mall Astha District 8, Jakarta Selatan, dalam pameran ini sekaligus diluncurkan dua model baru Mercedes-Benz. Generasi baru Mercedes-Benz GLE Coupe langsung hadir dalam dua varian pada kesempatan ini.

Mercedes-Benz Star Expo dibuka pada hari Kamis, 3 Desember 2020, yang akan berlangsung selama 3-6 Desember 2020. Peluncuran yang dilakukan pada acara ini adalah untuk generasi baru Mercedes-Benz GLE 450 Coupe, dan Mercedes-AMG GLE 53 Coupe. Peluncuran GLE Coupe menyusul debut generasi baru GLE versi SUV pada tahun 2019 lalu.

Dengan bodystyling coupe, mobil baru ini menawarkan proporsi desain yang lebih dinamis dan sporty dalam arsitektur GLE, salah satu SUV termewah Stuttgart. Dua trim diluncurkan, yaitu untuk versi standar pada GLE 450 4Matic Coupe. Sementara untuk pengemudi yang suka menantang diri dengan kecepatan, bisa meminang AMG GLE 53 4Matic+ Coupe.

Secara visual, GLE Coupe punya desain coupe yang sporty seperti namanya, dengan bagian atap yang landai dari pilar B ke D. tampilan ini untuk menyaingi para rivalnya seperti BMW X6, Audi Q8, dan Prosche Cayenne Coupe. Pada GLE Coupe, kemewahan dan kecanggihan dari GLE versi SUV turut ditransfer. Eksterior mengandalkan tampilan dari paket AMG Line, yang mendukung kedinamisan karakternya.

Mesin bawaan adalah enan silinder 3,0 liter turbo, yang menyajikan total output tenaga 367 hp dan torsi hingga 500 Nm. Sistem powertrain juga didukung oleh EQ Boost yang mengandalkan elektrifikasi 48 Volt, yang menyediakan 22 hp dan 250 Nm. Seluruh output mesin tadi disalurkan ke seluruh roda oleh sistem 4Matic, dengan transmisi 9G-Tronic.

Sama seperti GLE standar, versi coupe sudah pula didukung sistem infotainment MBUX yang lengkap dan informatif. Selain kaya fitur, MBUX juga bisa dipersonalisasi oleh setiap pengguna GLE Coupe pada layar sentuh 12,3 inci. Nuansa premium dalam kabin diwakili oleh lapisan kulit ARTICO pada dashboard dan setiap jok, sementara setir berlapis kulit Nappa.

Kemudian untuk AMG GLE 53 4Matic+ Coupe, merupakan versi kencang untuk mereka yang inginkan paduan kepraktisan dan performa sporty dalam satu paket. Bedanya, mesin 3,0 liter turbo untuk GLE 53 punya performa lebih ganas. Tenaganya mencapai 435 gp, sementara torsi diklaim 520 Nm. Sistem EQ Boost juga hadir pada varian ini, yang memberi dukungan 22 hp dan 250 Nm dari starter-alternator 48 Volt.

Laju SUV coupe ini mengandalkan drivetrain yang lebih mumpuni, yaitu penggerak 4Matic+ dan transmisi AMG Speedshift TCT 9G. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam GLE 53 generasi ini bisa dicapai dalam waktu 5,3 detik. Manuverabilitas di atas lintasan ditangani oleh AMG Active Ride Control, yang menjaga pergerakkan body selalu optimal memenuhi kebutuhan performa.

Tampilan lebih sporty ikut melengkapi GLE 53, dengan aero kit lengkap bawaan AMG sebagai standar. Grille model Panamericana menjadi khas AMG, serta rangkaian saluran udara di sejumlah titik body. Fender yang lebih lebar menjadi rumah dari velg alloy dari AMG, berdiameter 20 inci. Interior sporty memakai kombinasi material kulit ARTICO dan microfiber DINAMICA, dengan aksen jahitan merah.

Untuk pasar Indonesia, GLE 450 4Matic Coupe bisa dibeli dengan harga Rp 1,979 miliar (off the road). Sementara untuk AMG GLE 53 4Matic+ Coupe tersedia dengan harga Rp 2,399 miliar (off the road), yang keduanya sudah tersedia di dealer resmi Mercedes-Benz. Setiap model sudah didukung oleh program ISP (Integrated Service Package) sebagai standar, yang menjamin kenyamanan kepemilikan para konsumen.



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda