Beranda New Cars 8 Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Biasa

8 Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Biasa

JAKARTA, 13 November 2019 – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya melansir model terbarunya, Mitsubishi Xpander Cross. Pengenalan model baru ini dilakukan secara besar-besaran di sebuah hotel di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019) kemarin.

Meski tampilannya lebih macho dibandinkan Xpander – yang sudah macho — MMKSI menyebut model ini sebagai Crossover MPV. Hal ini tentunya menempatkan Xpander Cross berada di wilayah antara Low MPV dengan Low SUV.

Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam 3 varian yaitu Xpander Cross 5 M/T yang dijual seharga Rp 267.700.000, Xpander Cross 4 A/T (Rp 277.700.000), dan varian tertinggi yang menggunakan jok kulit Xpander Cross Premium Package A/T (Rp 286.700.000).

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, Xpander Cross merupakan keluarga tertinggi Xpander yang menggabungkan kenyamanan MPV dengan ketangguhan SUV. Pernyataan ini sekaligus memberikan point beda antara Xpander Cross dengan Xpander biasa. Meski keduanya memiliki basis yang sama namun ada beberapa hal yang menjadi pembeda.

Ini dia perbedaannya:

1. EKSTERIOR

Di bagian depan terlihat jelas jika Xpander Cross menggunakan grille dengan warna hitam, bingkai lampu kabut (foglamp) dengan desain lebih kotak berbeda dengan Xpander biasa. Tampilan rumah foglamp ini lebih mirip seperti pick-up New Triton.

Ventilasi depam lebih kotak dan terbelaha dua bagian. Sebagai standar kini sudah tersedia lampu utama dan fog lamp dengan teknologi LED. Pada bagian atap disematkan roof rail yang tidak ada pada Xpander. Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper.

Dari bagian samping terlihat penggunaan new design 17-inch alloy wheel atau lebih besar dari Xpander yang menggunakan velg 16 inci. Velg ini dipadukan dengan wheel arch molding dan side body garnish yang memberikan kesan sporty.

2. INTERIOR

Tidak ada perubahan besar untuk interior, karena sebagian besar dari Xpander masih dipertahankan. Xpander Cross juga didesain untuk memuat 7 penumpang. Kecuali, Xpander Cross punya nuansa warna gelap pada kabin yang datang dari trim pada jok, dashboard, dan pintu. Untuk fitur, Xpander Cross sudah dilengkapi dengan Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang sudan mendukung koneksi smartphone.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Meluncur, Ini Daftar Harga Lengkapnya
Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Resmi Meluncur Mulai Rp 267,7 Juta

3. DIMENSI

Xpander Cross tetap menggunakan Xpander sebagai basisnya. Sesuai dengan gayanya, Xpander Cross memiliki body yang lebih besar dibandingkan Xpander biasa. Secara dimensi Xpander Cross lebih panjang 22 mm (4.500 mm), lebih lebar 50 mm (1.800 mm), dan lebih tinggi 50 mm (1.750 mm) dibandingkan Xpander.

4. SUSPENSI

Sebagai crossover yang disediakan bagi petualangan, Mitsubishi meracik ulang suspensi yang lebih kuat. Secara umum, Xpander Cross menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang. Namun damper, pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Tak Mau Disebut SUV, Kenapa?
Baca juga: GALERI FOTO: Mitsubishi Xpander Cross, MPV Macho ala SUV

5. GROUND CLEARANCE

Ground clearance Xpander Cross lebih tinggi 20 mm (225 mm) dibandingkan Xpander yang memiliki jarak terendah ke tanah antara 200 mm dan 205 mm. Jarak terendah ke tanah yang dimiliki Xpander Cross ini bahkan lebih baik dibandingkan Low SUV yang ada. Hal ini tentunya sangat menguntungkan ketika harus menghadapi genangan air atau jalanan bergelombang.

6. MESIN

Mesin yang digunakan sama dengan Xpander yaitu 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-valve. Mesin berkapasitas 1.499 c itu memiiki tenaga 102 hp dan torsi 141 Nm. Demikian juga dengan transmisi yang digunakan masih ada dua pilihan yaitu 4-speed AT dan 5-speed MT.

7. FITUR KEAMANAN

Beberapa fitur keamanan tetap tersedia. Versi Cross mendapat dual airbags, kontrol stabilitas dan traksi, cruise control serta hill start assist. Untuk pengereman masih sama. Hanya mengandalkan cakram di depan dan drum di roda belakang. Tapi tersisip teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

8. HARGA

Sebagai varian tertinggi, Mitsubishi Xpander Cross dibanderol dengan harga di atas Xpander biasa. Ada 3 varian yang ditawarkan yaitu – Xpander Cross M/T (Rp 267,7 juta), Xpander Cross A/T (Rp 277,7 juta), dan varian tertinggi Xpander Cross Premium Package A/T (Rp 286,7 juta). Khusus untuk premium package mendapatkan jok kulit, engine hood emblem, dan kaca film V-Kool.

Sementara Mitsubishi Xpander biasa dijual dibawahnya. Harga dimulai dari GLX M/T yang dijual Rp 210,3 juta hingga varian tertinggi Ultimate A/T yang dibanderol Rp 265,1 juta.

WAHYU HARIANTONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Ini 6 DJ yang Siap Goyang Booth Toyota Yaris di DWP 2019

JAKARTA, 14 Desember 2019 -- Toyota Yaris hadir memeriahkan Festival Djakarta Warehouse Project (DWP) yang berlangsung 13-15 Desember di JIExpo Kemayoran,...

Pilih-Pilih Promo Spesial Akhir Tahun dari Auto2000

JAKARTA, 14 Desember 2019 -- Jelang tutup tahun 2019 merupakan salah satu momen yang tepat untuk membeli mobil baru. Auto2000...

Yuk, Mampir ke Booth Toyota Yaris di Festival Djakarta Warehouse Project

JAKARTA, 14 Desember 2019 -- Toyota Yaris hadir di Festival Djakarta Warehouse Project (DWP) yang berlangsung 13-15 Desember di JIExpo Kemayoran,...

Ini 3 Aksesoris yang Bikin Suzuki Baleno Makin Ganteng

JAKARTA, 13 Desember 2019 – Suzuki Baleno menjadi salah satu pilihan hatchback yang ditawarkan Suzuki. Sosok Baleno hadir dengan tampilan...

Toyota New Yaris, Paket Lengkap Hatchback Pilihan Millennial

JAKARTA, 13 Desember 2019 - Demografi konsumen otomotif saat ini tengah beralih dari generasi X ke millennial yang seiring waktu...