4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi dan memiliki brand image yang sangat kuat.

Mau bukti? Masih ingat kan sebuah mobil Porsche 911 tahun 1995 yang sudah tenggelam selama 4,5 tahun di dasar sebuah sungai di Italia tahun 2019 lalu? Nah, Neunelfer tersebut sudah dalam pengerjaan rebuild. Prosesnya sudah lumayan jauh dan sang pemilik  akan memulihkan sportscar generasi 993 itu menjadi seperti mobil baru.

Kok bisa sportscar mewah itu masuk ke sungai? Ceritanya panjang. Neunelfer berpendingin udara itu bisa terjun ke sungai di wilayah Tuscany, Italia, itu setelah melewati kisah yang cukup dramatis. Sang pemiliknya yang sekarang, Paolo, rela mengeluarkan duit yang tidak sedikit untuk mengangkat mesin Zuffenhausen dari kali.

Baca juga: Ketemu di Gudang, Ford Falcon Umur 47 Tahun Laku Rp 3,1 Miliar



Waktu diangkat, mobil berwarna kuning itu dalam keadaan kacau berantakan. Dipenuhi lumpur dan sampah. Ketika mobil mau dibawa ke bengkel, harus menyingkirkan terlebih dahulu sekitar 1.100 kg lumpur yang menyelimuti 911. Dan itu dilakukan sendirian oleh Paolo.

Paolo memang senang mobil-mobil eksotis. Makanya dia berani angkat Porsche 911 dari sungai untuk direbuild lagi. Bukan cuma sekadar restorasi.

Dari obrolan kalangan enthusiast di forum Rennlist, awalnya Paolo membeli mobil tersebut untuk dijual komponennya, terutama bagian girboks.  Entah kenapa, Paolo berubah pikiran. Ia putuskan tidak menjual komponennya, tapi justru akan dibangun ulang. Ia akan membangun mobil bangke itu menjadi mobil balap RSR/CUP.

Porsche Neunelfer tersebut sekarang sedang direbuild di Project Limoncella. Pelat nomor lama tetap dipertahankan. Kalau mobil sudah jadi, sang pemilik bakal memacunya di jalan raya.

Baca juga: Mercedes-Benz 300 SL Roadster Berdebu Ini Dijual Rp 17,2 Miliar

https://www.instagram.com/p/CEgsZexAGy0/?utm_source=ig_web_copy_link

Baca juga: Aston Martin Klasik Dijual di Facebook, Punya Kejutan Dahsyat

Karena bentuknya sudah berantakan, di mana bagian depan sudah penyok, hampir semua panel bodi mesti diganti. Terkecuali panel di bagian bawah kaca depan dan pilar A. Yang menarik, ternyata semua panel bodi Porsche tersebut tak berkarat.

Pengerjaannya sekarang sudah lumayan berbuah hasil. Panel-panel bodi sudah dielas dengan pengelasan spek RSR. Sejumlah komponen juga diganti dan banyak di antaranya yang didatangkan langsung dari Jerman.

https://www.instagram.com/p/CFSCXa3luuo/?utm_source=ig_web_copy_link

Lantas kapan mobil ini akan selesai dikerjakan? Paolo belum bisa memastikan waktunya. Tapi ia akan tetap melanjutkan proses panjang itu sampai mobilnya jadi. Kalau soal duit, Paolo tak mau menyebutkan nilainya karena perjalanan rebuild Porsche 911 tersebut masih panjang. Yang pasti sih tidak murah. Lihat saja kondisinya ketika diangkat dari sungai.

Baca juga: Wow, Mobil Klasik Rolls-Royce Phantom V 1961 Diubah Jadi Mobil Listrik

Kalau mau lihat perkembangannya, masuk ke akun Instagram @limoncellaprojekt. Disitu bisa dilihat restorasi mobil dari nol sampai berwujud jadi mobil lagi, bukan bangke.



Sumber: www.autoevolution.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda