40 Lebih Mobil Baru dan Konsep Siap Debut di GIIAS 2024, Ini Daftarnya

Banyak pabrikan Cina hadir sebagai pendatang baru saat GIIAS 2024 nanti.

Suasana GIIAS 2023

JAKARTA, Carvaganza - Dalam dua pekan, GIIAS 2024 akan dibuka sebagai pameran otomotif berskala internasional dan terbesar di Tanah Air. Diklaim akan menjadi perhelatan GIIAS terbesar yang pernah dibuat, dengan membludaknya jumlah peserta dari sisi pabrikan. Tentunya menjanjikan banyak debut mobil baru dan konsep.

Setidaknya diungkap akan ada lebih dari 40 mobil baru dan konsep yang hadir di GIIAS 2024. Semua demi menyedot perhatian pengunjung. Jadi, ada model debutan, peluncuran, purwarupa dan unit pajangan semata. Berikut rangkuman detailnya:

Pre GIIAS 2024

Merek Model
BAIC X55-II, BJ40 Plus
BYD M6, YangWang U8
Chery Tiggo 8 Pro Max, Tiggo 9
DFSK Seres 7
GAC Aion Y Plus, Hyper HT
GWM Haval Jolion HEV, Tank 300
Honda Sustaina-C Concept, StepWGN e:HEV, e:N1
Hyundai Ioniq 5 N, All New Kona EV, N Vision 74 Concept
Jaecoo J7
Jetour Dashing
Kia New Sonet, New Seltos, New Carnival, New EV9 Variant
Lexus LBX, Eelctrified Sport
Mercedes-Benz All New E-Class, AMG C63 SE, AMG GLC 43 Coupe, Smart #1 Brabus
MG Cyberster, Maxus 9, ES EV
Mitsubishi All New Triton, New Xfroce (upgrade fitur)
Neta V-II, X
Nissan Serena e-Power, X-Trail e-Power, Ariya EV, Sakura EV
Porsche Macan EV
Toyota All New Prius, New GR Yaris, New Corolla Cross, Hilux Rangga
Volvo EX30

Baca Juga: SPYSHOT: Sosok Calon EV Pertama Ferrari Terlihat, Pakai Knalpot Palsu

"Saat ini produsen mobil global khususnya dari Cina terus bidik pasar Indonesia. Dan mereka semangat berinvestasi guna membangun pabrik dan infrastruktur di Tanah Air. Bagi Gaikindo sebagai asosiasi. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat positif bagi perkembangan industri otomotif di sini," jelas Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan banyaknya merek-merek kendaraan bermotor baru yang masuk pasar Indonesia. Termasuk perkembangan teknologi otomotif kian masif. Gaikindo mengaku, terus berusaha menaungi dan menjadi penghubung antara industri kendaraan bermotor Indonesia kepada pemerintah. Sehingga dapat berkontribusi maksimal untuk negara. Putaran ekonomi di sektor ini dinilai begitu besar.

Nah, seluruh peserta GIIAS 2024 siap memenuhi total 11 area hall ICE BSD-City, Tangerang. Ada penambahan satu hall baru, seluas 12.000 meter persegi. Termasuk total 50 merek peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor dan ratusan merek industri pendukung.

Suasana GIIAS 2023

”Tahun ini akan menjadi penyelenggaraan GIIAS dengan area terbesar dan terlengkap. Antusiasme peserta yang ingin menjadi bagian dari pameran GIIAS 2024 masih sangat tinggi. Kami masih terus berkoordinasi dalam mengakomodasi semua kebutuhan para peserta. Di GIIAS tahun ini tercatat ada delapan merek baru mobil dan motor bakal tampil. Kami masih dalam proses diskusi kepesertaan bersama beberapa merek lain. Sehingga angka peserta masih dapat bertambah,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS.

Adapun merek-merek kendaraan bermotor kelas dunia yang berpartisipasi di GIIAS 2024 meliputi Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang. Di antaranya Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda. Lanjut ada Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen. Kemudian turut hadir Volvo, Wuling dan dari kendaraan komersial Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Pasar kendaraan di Indonesia masih sangat potensial dan menarik bagi produsen otomotif dunia. Oleh karena itu semakin banyak merek kendaraan bermotor berusaha membangun jaringan penjualan di sini. Nusantara merupakan salah satu pusat ekonomi besar di Asia Tenggara, dengan kaum muda mendominasi mayoritas dari 275 juta penduduk. Tak ayal kalau menjadi lahan bisnis mobil sangat potensial dan dinamis.
(ANJAR LEKSANA / WH)

Baca Juga: Menebak Model SUV Baru Chery di GIIAS 2024 Nanti, Tiggo 9 Atau 8 Pro Max?

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature