3 Tahun DFSK di Indonesia, Didukung 90 Jaringan Dealer Dan Gemuk di SUV

JAKARTA, carvaganza – Jika dibandingkan dengan brand kompetitornya dari Jepang, kehadiran DFSK di pasaran Indonesia belum juga seumuran jagung. Baru tiga tahun, yang diawali dari peresmian pabrik DFSK di Cikande, Serang, Propinsi Banten, pada 28 November 2017.

Kompetisi yang diberikan oleh DFSK terhadap kompetitornya di kolam persaingan yang sama belum melebur. Namun, DFSK sudah memiliki line-up di pasar Indonesia yang cukup gemuk, yaitu di SUV. Ada DFSK Glory 580, DFSK Glory 560 dan DFSK Glory i-AUTO. Untuk sektor komersial, pabrikan asal Tiongkok ini sudah memiliki pikap ringan Super Cab yang cukup bisa diandalkan.

Pada tahun 2020, DFSK juga melengkapi line-up merilis Gelora dengan model blind van. Kendaraan ini menyasar pasar komersial untuk mendukung dunia perniagaan di Indonesia.

Baca juga: TEST DRIVE: 700 Km Bersama DFSK Glory i-Auto (Bagian 1)



Ketika DFSK masuk ke Indonesia, mereka sudah menyediakan infrastruktur terlebih dahulu yang cukup besar. Pabrik di Cikande adalah pabrik perakitan mobil, di mana semua kendaraan DFSK yang dijual di Indonesia adalah hasil assembling di sini. Sehingga harga yang ditawarkan pun sangat kompetitif dengan rival-rivalnya dari Jepang, maupun rivalnya senegara, Wuling.

Pabrik didirikan di atas lahan seluas 20 hektar dengan kapasitas produksi bisa dimaksimalkan sampai 50.000 unit per tahun. Didukung teknologi canggih robotik untuk proses pencetakan, pengelasan, pengecatan, perakitan sampai quality control kendaraan yang dihasilkan.

“3 tahun eksistensi yang sudah sudah dicapai di Indonesia selama ini menjadi bukti komitmen kami dalam melayani kebutuhan mobilitas di Indonesia dengan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Semua ini kami lakukan sesuai dengan motto yang menjadi nilai inti perusahaan DFSK, All for Customers, di mana kepuasan pelanggan adalah yang utama dan akan kami teruskan hingga di tahun-tahun berikutnya,” ungkap Managing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

Untuk menggebrak pasar nasional, DFSK membuat Langkah mengagetkan. Pabrikan ini berani memberikan jaminan kualitas garansi sampai 7 tahun atau 150.000 km. Tergantung mana yang dahulu dicapai. Warranty itu diberikan dari mulai mesin, transmisi, kelistrikan dan berbagai komponen lainnya. Padahal saat itu, tidak ada pabrikan di pasar nasional yang memberikan warranty semaksimal itu.

DFSK Glory 560


Baca juga: Blind Van DFSK Gelora Resmi Didagangkan, Harga Rp 169 Juta

Menandakan, DFSK sangat yakin dan percaya pada kualitas produk yang mereka miliki. Warranty saja tidak cukup, DFSK dalam waktu 3 tahun sudah memiliki 90 jaringan dealer resmi yang tersebar di Indonesia, umumnya di kota-kota besar dengan standar pelayanan 3S (sales, service dan spare part).

“Seluruh pencapaian dan aktivitas yang dilakukan DFSK selama 3 tahun ke belakang ini menjadi komitmen kami dalam mengembangkan ekosistem masyarakat yang lebih baik, melalui kendaraan-kendaraan yang berkualitas tinggi namun terjangkau, hingga turut berpartisipasi aktif di tengah masyarakat Indonesia. DFSK terus akan berusaha memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen di Indonesia dengan standar tinggi yang sudah kami tentukan di tahun-tahun berikutnya dengan mengusung semangat All for Customers,” pungkas Franz Wang.

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda