15 Catatan Menarik Sepanjang GIIAS 2022, Tak Ada Lagi El Clasico

  • 2022/08/DSC06644.jpg
  • 2022/08/d626965f-545b-47b7-8401-698ce07d5c63-1.jpg
  • 2022/08/Foto-6-1.jpeg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-2.jpg
  • 2022/08/Daihatsu-Ayla-EV-10-1.jpg
  • 2022/08/Honda-accord-HEV-1.jpg
  • 2022/08/Honda-SUV-RS-Concept-2022-2-1.jpg

ICE BSD CITY, Carvaganza - Banyak hal menarik sepanjang gelaran pameran otomotif GIIAS 2022 kemarin di BSD City, Tangerang. Selain produk, banyak hal menarik yang kita bisa ambil dari pameran otomotif terakbar se-ASEAN itu.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa jumlah pengunjung GIIAS 2022?

    Menurut catatan Gaikindo, penyelenggaraan 11 hari itu menyedot 385.487 orang.
  • Apa model mobil hybrid Honda di GIIAS 2022 dan apa nama teknologinya?

    Honda menamakan teknologi hybridnya e:HEV yang di Indonesia diperkenalkan lewat Honda Accord Hybrid dan CR-V hybrid.
  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 nyaris selalu dipenuhi pengunjung setiap hari. Tak perduli hari kerja atau pun weekend. Memang yang paling padat adalah di weekend (Jumat – Minggu). Menurut Gaikindo, pameran selama 11 hari itu (11 – 21 Agustus) mencatat pengunjung hampir 400.000 orang. Tepatnya 385.487 orang.

    Sekaligus jumlah pengunjung yang tertinggi pasca pandemic COVID-19. Pada tahun 2021 kemarin, total pengunjung GIIAS selama 11 hari adalah 293.252 orang. Namun, menurut angka Gaikindo, angka itu masih di bawah kunjungan GIIAS 2019 yang mencatatkan 472.956 orang.

    Kami mengumpulkan 15 catatan menarik sepanjang GIIAS 2022. 

    Booth Toyota vs Hyundai GIIAS 2022 Booth Toyota vs Hyundai GIIAS 2022

     

    1. Tak Ada Lagi El Clasico

    Di dalam sepakbola, sebutan ini merujuk pada rivalitas sengit antara FC Barcelona dan Real Madrid. Di dunia otomotif Indonesia, ada yang sedikit mirip dengan itu. Mungkin dalam 15 tahun terakhir gelaran pameran otomotif akbar tersebut sampai 2021 kemarin, ada dua raksasa otomotif Indonesia selalu mendominasi. Dalam artian, mereka berdua adalah penguasa lahan booth terluas. Yaitu Honda dan Toyota.

    Jaman pameran masih bernama Indonesia International Motor Show (IIMS), manufaktor Toyota lewat PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan Honda lewat PT Honda Prospect Motor (HPM) selalu berival. Lokasi kedua brand selalu berhadapan dan luasnya sama. Ketika IIMS pecah menjadi GIIAS, ‘duel’ dua raksasa terus berlanjut.

    Namun pada GIIAS 2022 kemarin, duel El Clasico sudah tidak ada. Booth yang berhadapan dengan Toyota digantikan oleh Hyundai. Manufaktur asal Korea Selatan ini memang sedang unjuk gigi. Berinvestasi jutaan dollar di Indonesia, termasuk membangun pabrik di Cikarang, memproduksi MPV Hyundai Stargazer secara lokal dan juga memproduksi mobil listrik IONIQ 5 di Indonesia. Hyundai sekarang ini sedang menjadi pabrikan rising star di jagat otomotif nasional.

    Luas booth Hyundai 2.744 meter persegi dengan memamerkan 25 mobil. Luas booth Toyota adalah 3.000 meter persegi. Sedangkan booth Honda sendiri, bergeser ke samping Hyundai.

    2. Rekor Mobil Listrik

    Untuk pertama kalinya dalam sejarah otomotif Indonesia, GIIAS 2022 memecahkan rekor. Angka peluncuran dan display mobil listrik dan elektrifikasi tertinggi tercatat di sini. Untuk mobil listrik, mendebut Toyota bZ4X, Kia Niro EV, Kia EV6, Daihatsu Ayla EV, Wuling Mini ev, DFSK Mini EV, Chery Omoda, All New Nissan Leaf, MG ZS EV, MG 5 EV dan Porsche Taycan Turbo. BMW juga membawa mobil listrik BMW i4 dan iX. Untuk kategori Hybrid Electric Vehicle (HEV) hadir Toyota Prius PHEV, Honda CR-V Hybrid, Honda Accord Hybrid, Daihatsu Rocky Hybrid, Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid.

    So, selamat datang era mobil elektrifikasi di Indonesia.

    Booth Hyundai GIIAS 2022

    3. Giant Screen Raksasa

    Kami menyebutnya layar raksasa. Hyundai menyebutnya sebagai LED Wall. Dinding LED ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Didominasi oleh permainan warna dan bentuk visual menarik. Menyuguhkan ragam kumpulan media art. LED wall seraksasa ini baru pertama kali di pameran otomotif Indonesia.

    Terdiri dari 1.008 panel LED dengan ukuran 84 x 6 meter dan luasnya 504 meter persegi. Visual yang sangat menarik adalah ketika LED Wall memperlihatkan deburan ombak besar. Memberiksan kesan booth menjadi lebih dramatis.

    4. 23 Merek Mobil dan 8 Merek Motor

    Gelaran yang berlangsung selama 11 hari itu diikuti oleh 23 merek mobil dan 8 merek motor. Diikuti oleh para pelaku bisnis industri aksesoris, suku cadang dan makanan.

    5. Tak Ada Tiket On The Spot

    Gara-gara pandemic COVID-19, dalam dua tahun terakhir ini gelaran GIIAS tidak menjual tiket di lokasi. Tiket hanya bisa dibeli online di aplikasi GIIA Auto360 atau situs www.auto360.id. Dengan harga tiket Rp 50.000 untuk hari biasa (Senin-Jumat), Rp 100.000 untuk akhir pekan.

    Baca juga:  GIIAS 2022: Ini Deretan Kendaraan Elektrifikasi Yang Dipamerkan Toyota

    Booth mobil komersial GIIAS 2022

    6. Booth Mobil Komersial dan Karoseri

    Tidak hanya kendaraan penumpang dan roda dua saja, hadir juga dari kendaraan komersial dan karoseri. Hino membawa GB 150 AT, 136 HDL, FM 280 JD, FMX 280 TH,M Dutro Z EV dan 200 Series. Isuzu membawa ELF, D-Max, MU-X, Giga, Traga dan juga ELF EV. Sedangkan Mitsubishi Fuso menghadirkan Canter, E-Canter, dan Fighter X FN.

    UD Trucks hadir dengan membawa New Quester GWE 410, GWE 350, CDE 250 dan GKE 280. Beberapa di antaranya juga merupakan kendaraan elektrifikasi. Disediakan juga lahan Test Drive B yang terletak di Loading Dock Hall 5.

    Dari karoseri hadir Adiputro, Laksana dan Tentrem. Selain itu hadir meramaikan lebih dari 100 industri pendukung otomotif, mulai dari kaca film, aksesoris, helm, ban, spare part, dan lain-lain.

    7. Test Ride Motor

    BSD City - Kab. Tangerang. Selama berlangsungnya pameran GIIAS 2022, pengunjung juga dapat merasakan langsung sensasi mengendarai berbagai motor yang turut serta dipamerkan pada program Test Ride yang bertempat di Loading Dock Hall 9, termasuk juga diantaranya adalah motor listrik.

    Beragam motor listrik bisa di GIIAS. Ada program test ride yang dibawa oleh Komunitas Sepeda Motor Listrik (KOSMIK). Ada Vespa Ellectrico, Dhapur, Vertebike, Largo, Atom Alpha, Emostra EM 1.0, Elka, Luke. Hadir juga motor listrik dari ALVA One dan Minerva Electron. Lokasi test ride di Loading Dock Hall 9.

    Hyundai Stargazef GIIAS 2022

    8. World Premiere Hyundai Stargazer

    Debutnya sudah ditunggu-tunggu publik di GIIAS 2022. Masyarakat juga ingin melihat langsung MPV yang bikin heboh jagat otomotif nasional. Menjadi pesaing low MPV yang sudah mapan seperti Toyota Avanza, Veloz dan Mitsubishi Xpander.

    GIIAS 2022 kemarin menjadi saksi kelahiran Stargazer. Alhasil, Stargazer menjadi bintang GIIAS.

    9. Toyota Gelar 6 Model GR Sport

    Baru kali ini, Toyota memboyong enam model GR Sport dalam satu pameran. Bahkan dibuatkan satu zona khusus untuk mobil ini. Zona Toyota Gazoo Racing. Keenam mobil Toyota itu adalah Hilux GR Sport, Agya GR Sport, Yaris GR Sport, Fortuner GR Sport, New GR 86, Agya GR Sport dan Raize GR Sport.

    10. Honda Perkenalkan Model Hybrid

    Dibandingkan dengan rival beratnya, Toyota, Honda tergolong ‘pendiam’ dalam hal mobil elektrifikasi. Pernah merilis mobil hybrid, Honda CR-Z dan bahkan sempat meluncurkan versi faceliftnya pada tahun 2016. Setelah itu, Honda lebih banyak main di mobil konvensional, tidak ikut-ikutan ‘happening’ merilis versi elektrifikasi.

    Namun, pada GIIAS kemarin PT HPM memperkenalkan teknologi e:HEV lewat Accord dan CR-V. Teknologi ini merupakan pendekatan Honda terhadap produk yang lebih ramah lingkungan. Lewat penggunaan teknologi hybrid, Honda berharap dapat mempercepat target elektrifikasi yang sudah mereka tetapkan.

    11. Honda Pajang Mobil F1

    Ada satu mobil yang juga menarik perhatian pengunjung di GIIAS 2022. Mobil F1 Red Bull Racing Honda RB16B yang terpajang di booth Honda. Tampil dalam skala utuh 1:1. Mobil ini menggunakan sasis berkode RB16B dengan mesin turbo hybrid Honda RA621H.

    Mobil ini mengantarkan Max Verstappen menjadi juara dunia F1 tahun 2021. Sekaligus mematahkan dominasi Lewis Hamilton dengan mobil Mercedes AMG.

    12. Lahan Test Drive Kendaraan Listrik Indoor

    Untuk pertama kalinya, penyelenggara GIIAS menyediakan tempat test drive untuk mobil listrik di dalam ruangan. Lokasinya indoornya di Hall 10, yang direkayasa sedemikian rupa sehingga jadi tempat pengunjung mendapatkan experiences mobil listrik.

    Lahan indoor ini untuk memberi bukti kepada pengunjung kelebihan mobil listrik. Mobil listrik tidak mengeluarkan asap karbon monoksida sehingga aman jika tes diselenggarakan di ruang tertutup dan berAC. Mobil listrik bukan sekadar senyap tidak mengeluarkan suara seperti mobil konvensional, tapi juga tak mengeluarkan polutan emisi berbahaya.

    Porsche GIIAS 2022

    13. Porsche Ikutan Lagi

    Setelah absen selama beberapa tahun, Porsche ikut lagi di ajang akbar GIIAS. Langsung meluncurkan tiga mobil barunya yakni Taycan Turbo, Cayenne Turbo S E-Hybrid dan 718 Cayman GT4. Seperti diketahui, Porsche Indonesia di bawah satu payung yang sama dengan Mazda, Rolls-Royce, Maserati dan bahkan Ferrari yaitu Eurokars Group.

    14. Subaru Muncul Lagi

    Nama Subaru mencuat lagi di gelaran GIIAS. Sama dengan Porsche, brand premium Jepang ini hadir lagi di Indonesia di bawah bendera PT Plaza Auto Mega (Plaza Subaru). Atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan Subaru Indonesia.

    Menjadikan GIIAS untuk mendebut Subaru XV dan BRZ. Juga mendisplay model yang sudah lebih dulu didebut yakni Subaru Forester.

    15. Jumlah Pengunjung Naik 30 Persen

    GIIAS 2022 didatangi oleh 385. 487 pengunjung selama gelaran 11 – 21 Agustus 2022. Naik 30 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 293.252 pengunjung. Sampai berita ini diturunkan, pihak penyelenggara belum mengumumkan berapa jumlah transaksi selama gelaran itu. Pada tahun lalu, pihak Gaikindo tidak menyebutkan nilai transaksi yang diperoleh. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  GIIAS 2022: Hyundai Keraskan Gema Stargazer dari ICE BSD City

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature