Beranda Updates Wuling Rilis MPV Victory, Bagaimana Peluangnya Masuk Indonesia?

Wuling Rilis MPV Victory, Bagaimana Peluangnya Masuk Indonesia?

JAKARTA, Carvaganza — Wuling Motors secara resmi meluncurkan MPV barunya menggunakan mesin turbo. Diberi nama Wuling Victory. Kendaraan keluarga dengan konfigurasi tiga baris tempat duduk ini memiliki empat varian. Di Cina, unit dihargai antara RMB 85.800 hingga RMB 116.800. Angka itu setara Rp 187 juta sampai Rp 254 juta. Seperti apa kelengkapannya? Bagaimana peluangnya masuk Indonesia?

Oke, pertama kita bahas tentang spesifikasi Victory lebih dulu. Mobil ini mendapat jantung pacu mesin bensin 1,5 liter turbo empat silinder segaris DOHC. Daya terlontar 150 PS, torsi puncak mencapai 250 Nm. Unit berpadu girboks manual 6-speed atau CVT plus mode berkendara Eco dan Sport. Sektor mekanikal sangat mirip dengan Cortez yang didagangkan di Tanah Air. Hanya saja besaran tenaga beda sedikit. Angka itu lebih dari cukup untuk mendorong sebuah kendaraan keluarga.

Untuk dimensi, Victory memiliki panjang 4.875 milimeter, lebar 1.880 milimeter, tinggi 1.700 milimeter. Kemudian mempunyai wheelbase 2.800 milimeter, memberikan kelapangan interior. Kabin berwarna krem di serta jok dilapisi material kulit sintesis lembut. Tempat duduk di baris pertama dan kedua sangat ergonomis untuk mengurangi kelelahan dalam perjalanan jauh. Kursi model kapten baris kedua dapat direbahkan. Lalu memiliki sandaran kaki tersendiri hingga 560 milimeter untuk memberikan ruang ekstra. Tat kala baris ketiga dan kedua dilipat rata, area kargo bisa mencapai lebih dari 1.500 liter.

Terkait soal kesehatan yang saat ini menjadi perhatian, Wuling memasang filter udara PM2.5 dan penghasil ion negatif. Itu berfungsi memblokir debu, virus dan bakteri demi menciptakan kondisi interior sehat, dengan tingkat perlindungan N95. Pemanfaatan bahan kedap suara yang ekstensif dan kaca tebal 4 milimeter berkontribusi secara signifikan terhadap kesenyapan kabin.

Tampilan

Sebagai gambaran, tampilannya berbeda dengan desain Cortez atau Confero yang kita kenal di Indonesia. Ia mengadopsi desain bentuk relatif halus. Proporsi pandang amat terkoordinasi. Ia memiliki karakter lain dari lini produk maupun Baojun, sebagai saudaranya. Roman depan mobil baru punya grille berbentuk perisai. Agar terlihat padat, di dalamnya mirip sarang lebah.

Logo global lima berlian warna perak terlihat mendominasi. Mirip kepakan sayap lebar burung elang. Tepat di bawahnya empat sorot depan LED bersemayam. Terbelah diatur dalam sebuah matriks beserta day running light (DRL) membentuk bumerang. Sungguh perpaduan indah dibanding Wuling Cortez sekalipun.

Berputar ke belakang, di bagian buritan, desain lampu ekor mirip senanda dengan depan. Amat sipit dan memanjang. Kemudian kala dipandang dari samping bodi mobil. Alis roda (fender) menonjol di bagian depan dan belakang mobil. Berpadu apik bersama garis pinggang mengalir tajam. Tampak memberi siluet efek cahaya dan postur cemerlang.

Saat yang sama, ia menggunakan desain pilar B / C / D tersembunyi. Jadilah mencuat efek atap mengambang stylish nan indah. Urusan penopang bodi dan pemanis tampilan. Wuling Victory menggunakan pelek lima spoke ganda amat dinamis. Tentu bentuk itu semua membuat perpedaan dari Almaz, Cortez, atau kendaraan lain lansiran Wuling.

Menurut pabrikan, Wuling Victory memiliki struktur bodi berkekuatan tinggi pakai aviation-grade ultra-high-strength steel 31 persen plus 63 persen high-strength steel. Lantaran paduan material alumunium, struktur sasis ini dianggap sanggup menyerap dan menyebarkan energi jika terjadi tabrakan.

Kehebatan lain, MPV ini juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan yang mencakup Electronic Stability Program 9.3 (ESP) lansiran Bosch. Kemudian tersisip advanced driver assistance system (ADAS). Enam kantong udara terpasang di depan dan samping. Melindungi pengemudi serta penumpang.

Kemudian, empat kamera eksterior memberikan pandangan yang komprehensif kepada pengemudi. Sehingga meminalisasi titik buta (blind spot). Victory telah melalui lebih dari 60 pengujian dalam berbagai kondisi. Wuling ingin memaksimalkan keselamatan, keandalan dan daya tahan.

Peluang Masuk Indonesia

Nah, pertanyaannya bagaimana kemungkinan Wuling Victory masuk Indonesia? Melihat spesifikasi dan harga tipe dasar jauh lebih murah dari katakanlah pabrikan Jepang, peluang itu ada. Apalagi mobil ini merupakan produk global. Sehingga tak menutup kemungkinan dijual di Indonesia, walau tidak dalam waktu dekat.

Sejauh ini, Wuling Indonesia selalu mendatangkan produk anyar yang sudah lebih dulu didagang di Tiongkok. Namun, model masuk melalui proses studi dan spesifikasi sesuaikan market sini. “Kebiasannya memang begitu. Di sana (Cina – Red) keluar dulu, baru kami studi pasar apakah produknya potensial atau tidak. Kami juga bisa memilih dari katalog pusat, yang memang cukup banyak. Dan model apa yang cocok, bisa Victory bisa mobil lain,” terang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia beberapa waktu lalu.

Ok, kita tunggu saja.

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Honda HR-V 1.5L Special Edition Jadi Hadiah Indonesia’s Next Top Model 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Banyak cara untuk mengenalkan merek dan membuatnya diingat orang. Salah satu yang sering dilakukan para pemegang mereka adalah menjadi sponsor atau...

Honda Resmi Kenalkan City Hatchback, Bakal Gantikan Jazz?

BANGKOK, Carvaganza -- Satu model baru Honda melakukan debut dunia. Lewat Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. All New Honda City Hatchback -- bersama New Honda...

Mobil Sultan, Mercedes-Benz S-Class Terbaru Punya Versi Maybach

STUTTGART, Carvaganza.com – Belum lama lalu, Mercedes-Benz baru saja melansir generasi terbaru untuk S-Class yang semakin canggih dan mewah. Sebagai flagship sedan, tentunya S-Class...

Semakin Mahal, BMW Segera Stop Jual Varian Diesel di Inggris

MUNICH, Carvaganza.com – Segmen dan pasar diesel akan segera ditinggalkan oleh BMW dalam waktu dekat. Baru-baru ini, BMW Group mengumumkan akan menyudahi produksi dan...

Mobil Tanpa Sopir Di Cina Keliling Jualan Ayam Goreng KFC

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak yang beranggapan kalau pandemi Coronavirus bikin perkembangan mobil otonom ikutan digembleng belakangan ini. Tentu saja perkembangan teknologi masih sepenuhnya diarahkan...