World Car Awards 2022 Segera Digelar, Libatkan Juri dari Indonesia

World Car Awards

JAKARTA, Carvaganza – Ajang penghargaan World Car Awards 2022 akan segera dihelat mulai bulan Agustus 2021. Pengumuman ajang dunia yang melibatkan pengamat/wartawan otomotif dunia ini akan dilakukan bertepatan dengan New York International Auto Show 2021 mendatang. Pada kesempatan tersebut juga akan diumumkan secara sekilas tentang syarat-syarat yang berlaku untuk penilaian ajang World Car Awards 2022. 

Proses penilaian ini juga akan melibatkan 90 juri internasional dari seluruh dunia yang akan memberikan suara terhadap kendaraan yang sudah diuji dan memenuhi syarat penilaian. Secara keseluruhan, para perjalanan para juri dalam menguji kendaraan-kendaraan tersebut akan direkam secara virtual melalui episode reguler di World Car TV (YouTube.com/worldcartv) dan penonton dapat memberikan komentar tentang kategori Penghargaan Mobil Dunia 2022 dan kendaraan yang memenuhi syarat.

Dari seluruh juri yang terlibat, terdapat satu-satunya nama dari Indonesia yakni Munawar Chalil yang juga dikenal sebagai Publisher & Group Editor-in-Chief dari Oto.com, Carvaganza.com dan Zigwheels.co.id. Diketahui dirinya merupakan wartawan otomotif kawakan dan beberapa kali tampil televisi sebagai pengamat otomotif nasional.

World Car Awards

Dalam kolom Juror/Juri website resmi World Car Awards 2022, Munawar Chalil memiliki latar belakang di dunia otomotif yang cukup panjang. Dirinya memulai karir sebagai wartawan otomotif saat memboyong majalah franchise Inggris, F1 Racing, ke Indonesia di awal 2000-an. Satu tahun berselang ia juga menggaet majalah Rally XS dengan versi bahasa Indonesia dan menjadikan dirinya sebagai Editor-In-Chief. Tidak berhenti di situ, Chalil juga dikabarkan mendistribusikan majalah asal Amerika Serikat, Motor Trend, dengan versi bahasa Indonesia ke Tanah Air selama 15 tahun.

Baca Juga: Mobil Mungil Ini Mengawali Kisah Sukses dan Lahirnya Banyak Mobil Hebat Mazda

Pada 2015, Chalil mulai mendirikan Carvaganza, carvaganza.com dan motovaganza.com yang di akhir 2019 ketiga media miliknya tercatat berafiliasi dengan perusahaan raksasa oto.com dan menjadikannya  Publisher and Group Editor-in-Chief for OTOMedia Group yang membawahi tiga media sekaligus yaitu oto.com, carvaganza.com dan zigwheels.co.id. 

Kepada Carvaganza, Munawar Chalil menyampaikan dirinya akan memberikan masukan yang positif meskipun ini merupakan sebuah tantangan baginya. 

“Bangga sekaligus tertantang, karena ini bukanlah tugas yang ringan. Karena saya harus menilai puluhan bahkan ratusan mobil dari seluruh dunia bersama para juri internasional lainnya. Saya bersama tim juri lain akan memilih mobil terbaik untuk tahun 2022 mendatang,” kata Munawar Chalil yang kini sedang menggemari sedan mewah Eropa.

M Chalil Land Rover

Episode World Car TV juga akan mengabadikan momen pencapaian penghargaan seperti World Car Final yang dimulai Maret 2022 dan pengumuman pemenang nanti di akhir tahun 2022. Pada pemilihan tersebut akan tersedia beberapa nominasi penghargaan di antaranya World Car Design, World Luxury Car, World Performance Car, World Urban Car, World Electric Vehicle dan World Car of the Year.

“Ini adalah misi Penghargaan Mobil Dunia dan 90+ juri globalnya untuk mengakui, menghargai, dan menginspirasi keunggulan otomotif, kepemimpinan, dan inovasi dalam industri otomotif yang berubah dengan cepat dalam skala global. Perjalanan Road to the World Car Awards dan program penghargaan tidak akan mungkin tanpa dukungan dari mitra resmi kami, selain acara New York, juga termasuk ZF, Cision Insights, KPMG dan Newspress – media partner resmi kami. Terima kasih,” dalam siaran pers World Car Awards. 

Dalam proses penilaiannya para juri akan menguji drive dan mengevaluasi kendaraan baru atau yang didesain ulang sepenuhnya dan dijual di lebih dari satu benua setiap tahun. World Car Awards pertama kali diresmikan pada 2003 dan digelar pertama kali di awal 2004 yang dimenangi oleh Audi A6.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Tambah Varian Paling Kencang, Porsche Cayenne Turbo GT Langsung Patahkan Rekor Nurburgring

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature