Woow! Toyota Bakal Luncurkan 30 Mobil Listrik

TOKYO, Carvaganza – Era mobil elektrifikasi plus listrik murni sudah semakin dekat. Salah satu pabrikan mobil terbesar di dunia asal Jepang, Toyota, mengumumkan bakal meluncurkan 30 mobil listrik baru pada tahun-tahun mendatang. Dan semuanya berteknologi canggih.

Enggak tanggung-tanggung, pabrikan yang digawangi Akio Toyoda itu bahkan sudah mempublikasikan sejumlah blue print mobil alias mobil konsep elektrifikasi itu. Nantinya, klaim Toyota, mereka akan merilis mobil listrik dari konsep-konsep yang sudah ada.

Mobil listrik yang bakal dirilis itu tidak hanya brand Toyota, namun juga milik brand premium Lexus. Lexus, selaku sister brand Toyota di segmen premium, memang dikenal sebagai pionir dalam hal mobil elektrifikasi di segmen mobil mewah. Dibuktikan dengan Lexus meluncurkan mobil hybrid pertamanya tahun 2005 lewat RX 400h. Sedangkan Toyota sebagai brand mobil massal, Toyota, juga dianggap sebagai perintis dalam elektrifikasi lewat Toyota Prius.

Lexus Electried Sport Lexus Electrified Sport

Proyek ambisius Toyota itu bakal diwujudkan dalam kurun waktu 8 tahun ke depan alias sampai 2030 mendatang. Nah, 15 mobil konsep di antaranya sudah dipublikasikan kepada publik melalui media masa. Salah satunya adalah supercar Lexus bertenaga listrik murni yang desainya nyaris sama dengan Lexus LFA yang melegenda.

Pabrikan merencanakan nantinya Lexus akan memiliki model listrik di semua segmen sehingga konsumen akan memiliki banyak opsi kepemilikan mobil. Hal ini membuktikan keseriusan Lexus untuk memproduksi kendaraan zero emisi untuk pasar global, terutama Amerika dan Eropa. Bahkan menargetkan penjualannya di Benua Eropa dan Amerika Serikat 100 persen bakal EV pada 2030 nanti, sedangkan untuk pasar global diprediksi 100 persen EV tahun 2035.

Rencana ambisius Lexus lainnya adalah bakal merilis supercar yang sementara diberi nama Lexus Electrified Sport. Bakal dibekali baterai solid-state yang mampu melesat sprint dari 0 – 100 km/jam di bawah waktu 2,0 detik. Untuk daya jangkau dalam kondisi baterai penuh mencapai lebih dari 650 km. Tapi untuk pasar Jepang mungkin daya jangkaunya akan lebih pendek dan untuk kepentingan test EPA mendekati 500-an km.

Baca juga:  5 Keuntungan Memiliki Mobil Elektrifikasi Toyota

Lexus Electrified Sedan Lexus Electrified Sedan

Untuk pasar Indonesia sendiri, Lexus sudah memiliki line-up electrified (kendaraan elektrifikasi) seperti UX 250h dan UX 300e di segmen SUV dan LS 500h serta LS 300h di segmen sedan. Sedangkan Toyota memiliki range produk electrified lebih lebar lagi mulai dari Corolla Cross Hybrid, Altis Hybrid, Camry Hybrid, C-HR Hybrid dan Prius PHEV.

Dengan adanya plan jangka panjang tersebut, menandakan keseriusan Toyota dan Lexus untuk menggarap pasar mobil elektrifikasi dan listrik murni untuk menghadapi pasar kendaraan ramah lingkungan di masa depan. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: motorauthority.com

Baca juga:  Toyota Perluas Kehadiran Mobil Elektrifikasi, Apa Kelebihannya?

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature