Wabah COVID19 Meluas, Daihatsu Dorong Penjualan via Digital

JAKARTA, Carvaganza.com – Perkembangan dan meluasnya virus corona (COVID-19) yang kian mengkhawatirkan membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengambil berbagai langkah antisipasi. Secara internal mereka menerapkan kerja dari rumah bagi karyawan. Sedangkan untuk tetap mendukung penjualan Daihatsu mendorong penjualan lewat platform digital.

Dalam rangka menghindari penyebaran coronavirus, pemerintah mengeluarkan ragam kebijakan seperti Work From Home (WFH), social distancing, dan juga physical distancing atau jaga jarak. Sejalan dengan himbauan pemerintah tersebut, Daihatsu juga menerapkan kegiatan WFH sejak Senin, 23 Maret 2020, bagi karyawan di beberapa bagian. Mereka menerapkan split team dan koordinasi menggunakan digital meeting, sehingga operasional tetap bisa berjalan.

Langkah-langah pencegahan penularan Covid-19 ini dilakukan mulai dari pengecekan suhu tubuh karyawan ketika masuk area kerja, penyemprotan disinfektan di area kerja, dan juga karyawan yang akan masuk ke ruangan kantor, menjaga jarak dalam setiap kegiatan, bahkan saat istirahat makan siang juga di atur menjadi beberapa shift.

“Kami prihatin dengan pandemi corona yang telah merebak secara global, termasuk Indonesia. Daihatsu melakukan segala usaha dalam memperioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan. Semoga wabah corona ini dapat segera berlalu, dan kita dapat beraktivitas secara normal kembali,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangannya hari ini, Sabtu (28/3/2020).

Sebagai informasi, angka warga yang terpapar Corona hingga Sabtu malam mencapai 1.155 kasus. Sementara yang meninggal karena wabah ini sudah mencapai 105 orang.

Baca juga: Ini yang Bikin Daihatsu New Ayla dan New Sirion Disukai Milenials


Layanan Digital


Pada bagian penjualan dan servis, Daihatsu juga melakukan penyesuaian aktivitas. Pembelian Daihatsu juga dapat dilakukan via digital, yaitu melalui website dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Astra Daihatsu Mobile memberikan layanan diantaranya adalah beli mobil Daihatsu, request test drive, dan Booking Service.

Chief Executive Officer (CEO) PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto mengatakan ADM mengambil strategi marketing online untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona.

“Kami harus tetap menjalankan bisnis seperti biasa karena kami memiliki tanggung jawab terhadap para karyawan. Tentunya dengan tetap mengikuti arahan dari pemerintah. Prinsipnya, kesehatan dan keamanan konsumen dan karyawan prioritas utama,” kata Supranoto.

Baca juga: Ayla dan Sirion, Transformasi Daihatsu yang Tampil Kekinian



Melalui saluran digital ini, konsumen bisa memperoleh penjelasan mengenai kendaraan yang diinginkan. Apabila konsumen berkeinginan membeli, proses tersebut akan ditindaklanjuti oleh tenaga pemasaran.

Daihatsu mengakui jika SPK (surat pemesanan kendaraan) dalam satu pekan terakhir ini mengalami penurunan signifikan. Tak hanya penurunan penjualan, wabah corona juga membuat kunjungan konsumen ke bengkel juga menurun. Karena semua orang disarankan bekerja di rumah.

Supranoto mengatakan bagi pelanggan yang enggan datang ke bengkel resmi, Daihatsu menyiapkan sarana booking servis agar pelanggan bisa datang ke bengkel sesuai jadwal yang diinginkan. Layanan service perawatan berkala kendaraan Daihatsu juga dapat dilakukan di rumah (Home Service) menggunakan situs web Daihatsu, DMS (Daihatsu Mobile Service) dengan menghubungi Daihatsu access di 1-500-898.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda