Viral! Ini Dia Mobil-Mobil Mewah yang Diberhentikan Polisi di Tol Andara, Harganya Milyaran

konvoi mobil mewah dihentikan polisi

JAKARTA, Carvaganza – Heboh iring-iringan mobil mewah yang terjadi beberapa hari lalu (23/1) di tol Andara ternyata menguak beberapa fakta menarik. Foto yang disiarkan oleh pihak TMC Polda Metro Jaya menunjukkan beberapa mobil mewah seperti BMW, Chrysler hingga Porsche. Sejumlah kendaraan yang berada dalam satu konvoi tersebut tampak sudah dimodifikasi mulai dari velg hingga body kit tambahan di eksteriornya. Selain itu, tampak pula beberapa model ikonik dalam konvoi tersebut salah satunya, ialah BMW M2 dan Porsche 911 RWB yang juga sudah mengalami modifikasi di beberapa bagiannya.

Sayang mobil-mobil mewah miliaran Rupiah yang apik ini malah dipakai kurang bertanggung jawab lantaran sempat diberhentikan polisi di tol Andara karena mengganggu pengguna jalan lain saat melakukan dokumentasi.  Berikut kami hadirkan beberapa mobil yang terlihat dalam rombongan konvoi tersebut di tol Andara:

BMW M2

1. BMW M2

Salah satu kendaraan yang terlihat ialah BMW M2 berkelir ungu yang sempat berada di barisan depan sesaat sebelum diberhentikan oleh pihak polisi. Terdapat beberapa ubahan pada bodi kit dengan ruang roda berukuran besar serta terdapat aero kit tambahan berupa rear spoiler. Beberapa kendaraan lain yang berada di barisan tersebut juga menggunakan tema desain yang sama, velg aftermarket dengan tambahan bodi kit di seluruh eksetriornya. Tampilan tersebut membuatnya terlihat lebih agresif dan mencolok saat berada di jalan raya.

BMW M2 ini diduga miliki oleh Mochamad Chandra Kurniawan biasa dikenal Charock (CRK). BMW M2 milik CRK tersebut menggunakan velg SV2 Forged Radix CRK Edition yang dipesan khusus untuk mobilnya. Ukuran yang dipilih cukup besar yakni diameter 19 inci dengan lebar 10 inci untuk roda depan dan belakang menggunakan ukuran 11 inci. Selain itu, velg tersebut juga sudah didukung dengan pengereman big brake kit dari M Performance dan suspensinya menggunakan air suspension by AirBFT dual kompresor.

Baca Juga: Polisi Beberkan Fakta dan Bukti Kisruh Rombongan Mobil Mewah di Tol Andara

Mesin yang digunakan oleh BMW M2 adalah 6-silinder 3.0-liter turbo yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan dual clutch. Paket mesin tersebut memuntahkan tenaga 365 hp dan torsi puncak 463 Nm. Kabarnya pada mobil milik CRK tersebut, telah mendapat remapping pada performa mesinnya yang menghasilkan tenaga yang lebih maksimal lagi.

Porsche 911 RWB

2. Porsche 911 RWB

Terlihat juga Porsche 911 dengan gaya modifikasi Rauh-Welt Begriff di antara puluhan mobil yang ikut dalam konvoi tersebut. Porsche 911 RWB ini merupakan generasi dengan kode bodi 993 yang memiliki desain sangat ikonik. Lihat saja spoiler kit di bagian belakang dengan ukuran besar yang berfungsi untuk meningkatkan tingkat aerodinamika kendaraan saat berakselerasi.

Porsche 911 dengan kode 993 lansiran tahun 1994 memiliki desain coupe yang sangat kental. Mesin yang digunakan adalah 6-silinder 3.6-liter twin-turbo yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 450 hp dan dialirkan ke seluruh rodanya. Sementara mobil yang berada dalam iring-iringan tersebut terlihat menggunakan bodi kit dengan kelir eksterior biru.

Kisaran harga yang dibanderol untuk Porsche 911 di Indonesia sendiri berada di angka Rp 3 – 5 Miliar off the road untuk model terbarunya.

Nissan GT-R

3. Nissan GT-R

Siapa yang tidak kenal Godzilla, Nissan GT-R memang sangat diminati oleh pecinta otomotif dunia. Alasannya apalagi kalau bukan karena Nissan GT-R memiliki performa dan pengendaraan yang sangat agresif bahkan untuk ukuran sportscar sekalipun. Bahkan Nissan sendiri menghadirkan beberapa versi untuk GT-R lengkap dengan ubahan dan tuningan pada sektor mesinnya.

Nissan GT-R dibekali dengan mesin V8 berkapasitas 3.8-liter yang mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 480 hp dan torsi puncak yang mencapai 588 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke seluruh rodanya melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Performa yang dihasilkan pun tidak main-main, ia mampu berakselerasi 0 -100 km/jam dalam waktu 3,9 detik dengan kecepatan maksimal 311 km/jam.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Jalan Tol Tidak Bisa Digunakan Untuk Berhenti Seenaknya

Beberapa tahun lalu, Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang brand Nissan di Indonesia pernah memasarkan GT-R R35 di tanah air. Terdapat beberapa varian yang disediakan untuk konsumen dengan banderol mulai dari Rp 3 Miliar. Pada 2020 lalu, Nissan GT-R sempat melahirkan generasi baru dengan dibekali mesin V6 3.8-liter dengan dukungan twin-turbocharged. Otomatis performa yang dihasilkan pun meningkat, di atas kertas tenaga maksimalnya mampu mencapai 565 hp dan versi Nismonya tembus hingga 600hp.

Chrysler 300C

4. Chrysler 300C

Tidak hanya mobil sports, tetapi juga ada sedan mewah Chrysler 300C dalam rombongan konvoi minggu lalu. Sedan saloon berukuran besar ini pernah dijual resmi di Indonesia oleh Garansindo Inter Global pada beberapa tahun silam. Saat itu, Chrysler 300C dijual dengan banderol Rp 1,1 Miliar dan dikirim secara utuh atau CBU (Completely Built-Up) dari Amerika Serikat.

Mesin yang digunakan adalah V6 3.6-liter Pentastar yang mampu menghasilkan tenaga 291 hp dengan tendangan torsi puncak 352 Nm yang dikawinkan ke transmisi otomatis 8-percepatan. Meski memiliki performa yang cukup mumpuni, namun Chrysler 300C ini lebih fokus pada kenyamanan penumpang di dalam kabin.

Selain menghadirkan material kulit dengan desain yang nyaman di dalam kabin, Chrysler 300C juga membekali sistem suspensi Independent SLA (Short Long Arm) di bagian depan serta Multi link suspension di bagian belakang. Terdapat beberapa penyempurnaan pada sistem suspensinya tersebut sehingga mampu mereduksi guncangan secara maksimal terlebih saat mobil menikung di kecepatan tinggi.

Toyota 86

5. Toyota 86

Sportscar ini adalah model yang cukup populer di Indonesia dan masih dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor dalam tiga varian. Toyota 86 memiliki karakteristik sportscar yang kental mulai dari tampilan eksterior hingga pada performanya. Terdapat beberapa garis-garis bodi yang dinamis di seluruh eksteriornya dan penggunaan spoiler kit di bagian belakangnya untuk meningkatkan aerodinamika pada kendaraan.

Sementara di balik kapnya terdapat mesin boxer 4-silinder 2.0-liter yang mampu menghasilkan tenaga 200 PS dengan torsi puncak yang mencapai 204 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan untuk varian terendah dan otomatis 6-percepatan untuk dua varian di atasnya. PT TAM membanderol Toyota 86 dengan harga mulai dari Rp 830 juta dalam beberapa pilihan varian bertransmisi manual, otomatis dan versi TRD yang paling tinggi. 
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: BMW Stop Produksi Mesin V12 Tahun Ini, akan Ada Edisi Spesial

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature