VIDEO: Test Drive Kenyamanan dan Ketangguhan Volkswagen Tiguan Allspace

JAKARTA, Carvaganza.com – SUV semakin terdongkrak popularitasnya, baik di segmen kendaraan massal sampai yang berkelas premium sekalipun. Di pasar yang kompetitif, setiap pabrikan berusaha untuk menawarkan produknya yang dinilai sesuai dengan kebutuhan konsumen. Volkswagen contohnya, melalui Tiguan mereka menyediakan varian yang lebih utilitarian, Tiguan Allspace, yang berkapasitas penumpang lebih.

Volkswagen Tiguan Allspace merupakan andalan terbaru dari PT Garuda Mataram Motor (GMM), distributor resmi Volkswagen di Indonesia. Meski bermerek dari Jerman yang umumnya identik dengan kelas premium, nyatanya Tiguan Allspace masih ditawarkan dengan banderol terjangkau. Jika dibandingkan, mobil ini lebih terjangkau daripada meminang Mercedes-Benz C-Class atau BMW Seri 3 terbaru.

Bayangkan, dengan modal Rp 625 juta, kita sudah bisa mendapatkan SUV Jerman dengan kapasitas 7 penumpang, desain berkelas, fitur canggih, dan kualitas pengendaraan yang jempolan. Kalau membandingkan harga, mungkin bisa disejajarkan dengan Honda CR-V 1,5 Turbo, yang tidak terpaut jauh angkanya.

Soal spesifikasi teknis, Tiguan Allspace mengandalkan mesin empat silinder 1,4 liter turbo TSI di balik bonnetnya. Mesin yang menawarkan kombinasi performa yang dapat diandalkan, serta produksi emisi dan konsumsi bahan bakar efisien secara bersamaan. Berpenggerak roda depan, output 153 hp dan torsi 250 Nm disalurkan oleh transmisi otomatis 6-speed Direct Shift Gearbox (DSG).

Dalam pengetesan atau test drive yang Carvaganza lakukan, Tiguan Allspace dibawa selain berkeliling kota sebagai habitat utamanya, juga mendaki pegunungan dan bahkan sedikit bermain off road. Jurnalis kami, Rizki Satria, merasa penasaran dengan kemampuan dan kenyamanan Tiguan Allspace untuk mengeksplorasi berbagai medan. Apalagi sambil mencoba trek Puncak Dua yang sedang dirapikan, sebagai jalur alternatif untuk berkunjung ke Puncak, Jawa Barat.

Sebagai Medium SUV, Tiguan Allspace lebih mengakomodasi kebutuhan akan kenyamanan ketimbang kecepatan. Meski begitu, paket fitur yang ditawarkannya terbilang melimpah. Mulai dari ABS (Anti-lock Braking System), ESP (Electronic Stability programme, EDL (Electronic Differential Lock), 6 airbag hingga kursi ISOFIX. Selain itu semua, VW Tiguan Allspace juga punya fitur bantuan berkendara yang lengkap.

Fitur lain yang juga menjadi unggulan Tiguan Allspace adalah Park Assist, yang mampu melakukan manuver parkir secara otomatis. Saat diaktifkan, sistem akan mencari spot kosong lalu menggerakkan roda dan setir dengan sendirinya. Akan cukup membantu saat mengemudikan Tiguan Allspace yang dimensinya membengkak dari versi 5-seater.

Carvaganza mengulas Volkswagen Tiguan Allspace lewat video, yang sudah tayang di channel YouTube kami. Untuk selengkapnya, langsung saja saksikan, dan jangan lupa subscribe juga yaa!

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda