VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan elevasi permukaan trek. Saking panjangnya untuk ukuran sirkuit modern, trek ini tidak dipakai lagi untuk balapan modern, tapi masih tetap dipakai untuk pengujian mobil-mobil baru. Pasalnya, dianggap memiliki ragam layout tikungan dan kontur.

Di trek inilah Hyundai Elantra N Model Tahun 2022 kegep sedang di uji coba kemarin ini. Berdasarkan sumber dari channel Youtube, CarSpyMedia yang dikutip web motor1.com, Elantra versi kencang itu sedang melahap tikungan-tikungan ‘Green Hell’. Tentu momen tersebut menjadi menarik karena pertama kalinya Elantra N digeber di trek. Publik ingin tahu seperti apakah kecepatan dan suaranya setelah digosipkan dibekali performa 275 hp.

Tapi video  tidak sepenuhnya berisi aksi Elantra N di sirkuit. Ada juga potongan video ketika sedan pabrikan Korsel itu dikemudikan di jalanan dekat sirkuit dengan kondisi bodi tertutup penyamaran. Yang menariknya lagi, video itu bisa menangkap dengan jelas suara geraman yang keluar dari dua knalpot Elantra N beserta letupan-letupannya.

Bisa diartikan mungkin betul suara itu dihasilkan oleh mesin bensin 4 silinder segaris 2000 cc turbocharge. Paling tidak dari mobil prototipe itu, suara Elantra ini memang berkarakter N line. Engine diduga menghasilkan tenaga 275 hp, pas seperti yang diramal orang selama ini.

Baca juga: Sebelum Produksi, Hyundai Elantra N Lahir Sebagai Mobil Balap

Foto: www.motor1.com


Prototipe kabarnya menyematkan girboks otomatis dual clutch. Mungkin level percepatannya delapan speed sama dengan yang disediakan pada Veloster N. Pabrikan tampaknya juga akan menawarkan opsi girboks manual 6-speed yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Untuk suspensi belum bisa ditebak, meskipun dari video bisa terlihat kendaraan begitu stabil dan sedikit oversteer di beberapa tikungan.

Kalau Elantra N ini keluar, berapa harga yang pantas untuk pasar? Pastinya akan lebih mahal dari Veloster N. Palingan harga untuk tipe paling standar mulai dari US$20.000 dengan fitur standar. Bisa jadi Elantra N menjadi pilihan konsumen yang membutuhkan sedan dengan performa menyenangkan. Sama dengan Veloster N untuk pecinta hatchback.

Teaser resmi Hyundai Elantra N sendiri sudah dipublikasi sejak September lalu. Dari situ para pecinta spionase mobil model baru terus mengejar. Mungkin mobil ini bakal dipreview oleh pabrikan pada akhir tahun dan memulai debut awal tahun depan. Siapa tahu kan?

Sumber: www.motor1.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda