Sebelum Produksi, Hyundai Elantra N Lahir Sebagai Mobil Balap

NUBURGRING, Carvaganza.com – Hyundai Motorsport akan semakin perkuat barisannya di ajang balap dunia, dengan telah dirilisnya Hyundai Elantra N TCR. Mobil dengan spesifikasi TCR yang memenuhi kualifikasi balap turing dunia ini siap diajak mengejar kemenangan. Artinya, kini Hyundai memiliki tiga model berbeda yang bisa digunakan untuk balap berspesifikasi TCR.

Sebelumnya, Hyundai sudah mengandalkan dua model hatchback, yaitu i30 N TCR dan Veloster N TCR sebagai armada balap sirkuitnya. Kenapa menambah opsi lain? Karena Hyundai ingin menyediakan pilihan lebih beragam untuk para pembalap berdasarkan representasi negaranya. Ketiga model ini berbeda masing-masing ketersediaannya di setiap negara.

“Model baru ini akan memastikan relevansi maksimal kepada konsumen di seluruh dunia, dengan mobil baru yang ditujukan untuk tim di pasar tersebut di mana Elantra standar dipasarkan,” tulis pernyataan Hyundai.

Mobil ini dikembangkan dan dibangun oleh Hyundai Customer Racing Department, artinya setiap tim balap yang membeli dan gunakan Elantra N TCR. Mobil balap ini tampil perdana pada Beijing Auto Show 2020, pekan ini. Proses pengembangan Elantra N TCR menghabiskan waktu selama tiga bulan, menempuh 5.000 kilometer, di berbagai sirkuit di Eropa.

Basis Elantra sebagai sedan yang sporty dieksploitasi oleh para engineer Hyundai. Pengalaman dan keunggulan yang pernah dituangkan pada i30 N TCR dan Veloster N TCR, diterjemahkan juga pada pengembangannya. Segalanya dioptimalkan demi performa dan estetika terbaik.

Tentunya sebagai mobil balap, Elantra N TCR diberikan paket aero dan body kit yang telah melebar mengikuti tuntutan performa. Wide body terpasang terintegrasi mulai dari bumper depan, fender, side skirts, sampai bumper belakang dengan diffuser.

Fascia depan didominasi grille besar trapesium terbalik, serta splitter lebar. Sementara di belakang terpasang sayap besar khas mobil balap turing. Meski tidak gamblang dikatakan, desain Elantra N versi road car kemungkinan besar akan terpengaruh dari versi balap ini. Karena saat ini belum tersedia dalam line up model seri N, yang berbasis Elantra.

Bicara spesifikasi, memang tidak ada informasi detail diungkap oleh Hyundai. Namun menganut pada regulasi TCR, Elantra N TCR mengandalkan mesin empat silinder 2,0 liter turbo dari model road car terbaru. Mesin ini sama-sama dikawinkan dengan gearbox semi-automatic 6-speed dengan paddle shift, seperti dua saudara tuanya.

Gabriele Tarquini, salah satu pembalap WTCR senior di Hyundai Motorsport memberikan testimoninya pada Elantra N TCR. “Sebagai seorang pembalap Elantra N TCR terasa sangat baik dikemudikan, bahkan sejak tes pertama. Ada banyak ubahan kecil yang akan sangat diapresiasi tim konsumen dan pembalap, seperti pembenahan pada sistem kemudi dari mobil sebelumnya,” kata Taruquini.

Elantra N TCR akan tersedia dalam hitungan bulan ke depan, dan siap dikirim kepada konsumen sebelum akhir tahun 2020 ini. Sejak bergaabung ke WTCR tahun 2017, mobil Hyundai N telah mengantarkan sejumlah pembalap raih gelar juara berturut-turut. Bahkan pada 2019, tim konsumen berhasil merebut total Sembilan gelar di kejuaraan berbeda. Salah satunya adalah IMSA Michelin Pilot Challenge, melalui Veloster N TCR.

Sumber: Hyundai, Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda