VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan itu mobil listrik dan bentuknya mirip passenger car sedan, tapi menyimpan tenaga dan torsi raksasa. Sedangkan lawannya, McLaren 720S Spider berperawakan agresif layaknya supercar.

McLaren 720S memang dikenal sebagai monster di trek drag, makanya sedikit sekali production car standar yang mau duel dengan supercar Woking tersebut. Tapi terkadang penampilan tidak menjamin. Ada peribahasa bilang Don’t Judge A Book By Its Cover.

Selain tampangnya yang ‘lembut’, bobot Taycan Turbo S juga lebih berat. Bobotnya lebih dari 2 ton (2.370kg), sedangkan McLaren cuma 1.468kg.  Namun, jangan salah Porsche Taycan juga jagoan di lintasan drag race, apalagi kalau kita kaitkan kendaraan ini sebagai flagship Turbo S.

Baca juga: Gila! SUV Besar Ini Sanggup Lawan Ferrari Drag Race

Porsche Taycan Turbo S


Taycan boleh saja berat, tapi dia punya torsi 1.050 Nm yang langsung tersalurkan secara instan. Taycan adalah mobil listrik.  Sedangkan Spider mobil bermesin konvensional yang punya torsi hanya 770 Nm yang baru terasa di puncak pada 5.500 rpm. Tenaga kuda Porsche juga lebih tinggi 750 hp versus Spider 710 hp. Namun, mobil Stuttgart harus menyeret bobot ekstra 850 kg.

Meski terdapat perbedaan besar antara keduanya, dalam soal akselerasi hampir sama. Menurut data pabrikan, di atas kertas Taycan Turbo S mampu sprint dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 2,8 detik. Sementara McLaren dari titik diam sampai 100 km/jam hanya lebih pelan sepersepuluh detik saja dari Taycan Turbo S.

Namun kalau soal akselerasi dari titik diam ke 200 km/jam, McLaren lebih kencang. Waktu yang dicatat adalah 7,8 detik, sedangkan Taycan butuh tambahan dua detik (9,8 detik). Di luar semua angka-angka itu, kedua mobil masing-masing mengantungi ramuan sebagai monster di trek adu kencang. Duel seperti ini justru yang ditunggu-tunggu car enthuasiast.

Baca juga: Drag Race Toyota Supra Lawan BMW M2, Siapa Unggul?

McLaren 720S Spider

Hasil duel


Mengutip sumber www.motor1.com yang mengambil postingan channel Youtube, Lovecars, pada waktu diduelkan, McLaren terlihat pelan selepas start. Taycan dengan torsi instannya langsung melesat di depan tak terbendung. Margin jaraknya cukup jauh. Woking terlihat berusaha mengejar maju ke depan, tapi situasi sudah tak memungkinkan. Terlambat. Taycan menyentuh finish lebih dulu.

McLaren 720S droptop mencatat sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,81 detik atau hampir satu detik bulat lebih pelan dari angka resmi pabrikan. Sedangkan Taycan malah lebih kencang sepersepuluh detik dari angka klaim pabrikan dengan waktu 2,7 detik.

Untuk fight jarak 0 – 400 m, McLaren yang bermesin bensin juga kalah dengan selisih 0,34 detik dari Taycan. 720S mencatat waktu 11,1 detik dengan kecepatan rata-rata 204 km/jam. Taycan mencatat 10,76 detik dengan kecepatan 205 km/jam.

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda