Toyota Yaris GR Sudah Bisa Dipesan Di Indonesia Mulai 25 Maret

JAKARTA, Carvaganza – PT Toyota-Astra Motor (TAM) memastikan akan segera merilis Toyota GR Yaris ke Indonesia pada kuartal kedua 2021. Namun sebelum resmi diluncurkan unitnya sudah mulai dapat dipesan melalui diler resmi Toyota pada 25 Maret 2021. Secara global Yaris GR akan dijual sebanyak 25.000 unit dan Indonesia sendiri akan kebagian sebanyak 126 unit.

Meski demikian, PT TAM belum merilis secara resmi harga yang akan dibanderol pada Yaris GR ini. Namun pihak TAM sudah memproyeksikan harga Yaris GR akan berkisar di Rp.750-850 Juta (on the road), tergantung pada kurs saat pengiriman. Direktur Marketing PT. Toyota Astra Motor, Anton Jimmy juga menyatakan bahwa harga tersebut termasuk yang paling terjangkau jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Pasalnya beberapa negara seperti Thailand dan Malaysia yang juga kedapatan merilis Yaris GR akan membanderolnya dengan harga sekitar Rp. 1 Miliar.

Toyota Yaris GR

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap mobil sport Toyota termasuk saat kami perkenalkan Toyota GR Supra pada tahun 2019 lalu, sebagai wujud apresiasi, kami akan segera menghadirkan Toyota GR Yaris untuk masyarakat Indonesia dalam waktu dekat dengan jumlah unit yang cukup terbatas yaitu hanya 126 unit,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

 

Toyota Yaris GR sendiri merupakan hatchback yang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing dengan basis kendaraan spesifikasi untuk World Rally Championship. Yaris GR sendiri dibekali dengan mesin 3 silinder 1,6 liter turbocharger berkode G16E-GTS dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga maksimal 259 hp dan torsi 350 Nm.

Toyota Yaris GR

Karena merupakan kendaraan yang didesain untuk berlaga di ajang WRC, GR Yaris dikemas dengan fokus pada aerodinamika, bobot yang ringan dan center of gravity yang rendah. Gazoo Racing bekerja sama dengan pengemudi profesional di seluruh dunia untuk memberikan input dalam hal performanya. Bahkan Akio Toyoda sebagai big bos Toyota dan cucu pendiri Toyota pun ikut memberikan masukan sebagai Toyota Master Driver.

Sebelumnya pengembangan Yaris GR ini merupakan salah satu langkah Toyota untuk berlaga di ajang WRC 2020. Selain memiliki performa yang sesuai standar, kendaraan yang berlaga di WRC juga wajib dipasarkan di seluruh dunia dengan spesifikasi yang sama. Oleh karena itu, Toyota Yaris GR diproduksi sebanyak 25.000 unit di seluruh dunia agar memenuhi syarat berkompetisi di ajang bergengsi tersebut. (ALVANDO NOYA/EZ)

Sumber: Toyota Indonesia

Artikel yang direkomendasikan untuk anda