Beranda Updates Toyota Uji Yaris Versi SUV Diuji di Kutub Utara

Toyota Uji Yaris Versi SUV Diuji di Kutub Utara

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota kedapatan tengah melakukan uji coba sebuah mobil di Kutub Utara pada Kamis (26/3/2020) kemarin. Mobil yang dijajal tersebut memang masih ditutupi kamuflase. Meski demikian kita bisa menerka jika unit tersebut adalah hatchback Toyota meski memiliki tubuh yang lebih jangkung dari model yang ada di jalanan saat ini. Dugaannya, inilah prototipe Yaris SUV.

Kabar mengenai rencana pabrikan Jepang itu melansir SUV atau crossover menggunakan Yaris sudah lama tersiar. Uji coba ini kian meyakinkan jika pabrikan Jepang itu akan mewujudkan rencananya.

Dari foto spyshot yang diunggah autoevolution, terlihat jika ini adalah bodi milik Yaris generasi ketiga XP130 – versi lama yang lazim ditemukan di Eropa, Kanada, dan AS. Diyakini di balik tubuh itu tersembunyi platform TNGA-B serupa Yaris teranyar keluaran Jepang. Kolong mobil (ground clearance) pun tampak lebih tinggi dari biasanya.

Keyakinan wujud crossover pun diperkuat lewat perbandingan proporsi tubuh. Di salah satu foto ia berdiri persis di samping Renault Captur. Tingginya nyaris setara. Diyakini akan ada beberapa elemen coupe seperti pada C-HR.

Terlepas dari apapun nama crossover ini nantinya, ia dibangun atas ide serupa: Crossover berbasis platform hatchback. Sebagaimana Captur dibangun dari Clio. Nantinya, Yaris versi jangkung ini bakal memasuki ring tinju crossover mungil, memanaskan kompetisi yang juga digeluti Hyundai Venue dan Nissan Kicks.

Baca juga: Begini Reka Tampilan Toyota Avanza Berdasarkan DN Multisix Concept

Teaser

Belum ada gambaran jelas soal tampilan eksterior lantaran test mule belum mengenakan baju anyar. Kendati begitu, Toyota sebenarnya pernah menampilkan foto teaser bokong dan siluet samping. Elemen kupe kemungkinan besar bakal diadaptasi. Mungkin bergaya bak CH-R mungil dan sedikit mengotak. Menarik perhatian justru imaji bokong. Lampu horizontal segaris menciptakan kesan futuristis, ditambah lagi sudut kaca belakang dibuat melandai.

Opsi Powertrain belum bisa diungkapkan. Namun, pasar Eropa diharapkan mendapatkan versi 1.5 liter hybrid dan non-hybrid, cocok dengan transmisi CVT atau manual enam kecepatan. Di Jepang, Toyota akan menawarkan sistem AWD e-Four sebagai opsi, seperti pada Prius. Sistem AWD ini unik karena tenaga untuk menggerakan roda belakang tidak berasal dari saluran daya pemacu konvensional. Sebuah motor listrik melekat di suspensi belakang dan langsung terhubung ke roda.

Baca juga: Auto2000 Digiroom Meluncur, Beli Mobil Toyota Bisa dari Rumah

Tertunda

Rencana menghadirkan small crossover di pasar Eropa pernah diungkapkan Autonews.com. Hanya saja rencana itu tertunda menyusul pembatalan ajang Geneva Motor Show karena kasus virus corona. Tidak seperti pabrikan lain seperti BMW, Volkswagen atau BMW, pabrikan Jepang itu tidak buru-buru mengenalkan. Jadwal unveiling small crossover ini ditunda dalam hitungan minggu atau bahkan bulan.

Menurut autoevolution, baby crossover ini sepertinya tidak ditujukan untuk pasar Amerika. Eropa bisa jadi adalah pasar utama karena hatchback bertubuh kecil sangat diminati saat ini. Atau bisa juga untuk pasar Asia. Diperkirakan seperti apa Yaris SUV ini baru terungkap di awal 2021 mendatang.

Sumber: Autoevolution, Autonews, Drivetribe; Foto: Autoevolution

Baca Juga: Toyota Yaris Versi Crossover Kedapatan Tengah Menguji di Kutub Utara

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...