Toyota “Tacozilla”, Inspirasi Modifikasi Double Cabin untuk Camping Asik

  • Toyota Tacozilla
  • Toyota Tacozilla
  • Toyota Tacozilla

JAKARTA, Carvaganza – Belakangan tren campervan hampir terjadi di seluruh belahan dunia, beberapa orang mengubah kendaraannya menjadi tempat tinggal temporer yang bisa dibawa kemana-mana. Tapi bagaimana dengan tampilan Toyota Tacoma yang sudah dirombak dengan ruang serba guna dibelakangnya? Wujudnya tidak lagi “galak” seperti kendaraan bak terbuka pada umumnya dan berubah menjadi lebih ramah bagi para pecinta kemah. 

Kendaraan ini dijuluki sebagai Tacozilla karena menawarkan sebuah pengalaman baru dengan menggunakan basis Toyota Tacoma. Adalah Marty Schwerter yang menjadi motor dari modifikasi  Toyota ini dan mengubah bak belakang Tacoma menjadi sebuah ruang privat semi permanen lengkap dengan kebutuhan pendukung kemah. Meski demikian Toyota tidak menyebutkan bahwa kendaraan ini adalah sebuah campervan. 

Dalam menciptakan Tacozilla, Marty terinspirasi pada tema pekemah dari era 1970-1980an. Hal tersebut juga sangat tampak dari sentuhan eksterior yang terdapat pada Tacozilla baik komponen yang digunakan hingga pada penggunaan warna yang lebih kalem. Selanjutnya Marty secara khusus menggunakan suku cadang TRD dengan cangkang rumah belakang yang harus dipesan terlebih dahulu ke pabrikan. 

Toyota Tacozilla

Marty Schwerter menampilkan Toyota Tacozilla ini pada ajang pameran SEMA dan sukses menarik perhatian pengunjung. Bahkan tampilannya ini bisa menjadi inspirasi modifikator dunia yang ingin mengubah kendaraan double cabinnya menjadi lebih ramah keluarga. Marty beralasan bahwa kendaraan yang digunakan oleh para pekemah juga harus terlihat keren dan ini salah satu wujudnya. 

Baca Juga: McLaren Kenalkan SUV Pertamanya untuk Ikuti Kejuaraan Off-Road Mobil Listrik

“Tujuan kami adalah membuat kendaraan yang direkayasa dengan benar tetapi juga dibuat agar terlihat sangat keren. Berada di sekitar mobil balap sepanjang hidup saya, mobil balap terlihat keren. Saya ingin para pekemah juga terlihat keren,” kata Marty Schwerter. 

Toyota Tacozilla

Meskipun Toyota Tacozilla ini terlihat sangat keren namun masih banyak bagian yang terlihat kurang maksimal salah satunya ialah ruang toiletnya yang terlalu sempit. Tapi menurut Marty Tacozilla bisa membawa orang dengan tinggi enam kaki (1,8 meter) mengendarai Tacoma ke tempat yang diinginkan dan memiliki ruang tambahan di belakang. Ia juga mengakui bahwa banyak kesulitan membuatnya benar-benar sempurna sebagai kendaraan kemping bahkan ia dan timnya menghabiskan waktu lebih dari 100 jam untuk merancang pintu belakangnya saja. 

Selain tampilan dalam yang dibuat untuk menampung orang dengan tinggi 180 cm lebih, Tacoma rancangan Marty ini juga dibekali dengan peralatan off-road pendukung. Salah satunya Marty menggunakan ban segala medan dengan ukuran besar dan tebal serta snorkel yang diikat di pilar A agar bisa melewati genangan air yang tinggi. Namun Marty tidak mengubah teknis di balik performanya, Toyota Tacozilla ini tetap dibekali dengan mesin V6 3.5 liter yang menghasilkan tenaga 278 hp dan dialirkan keempat rodanya.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Begini Tampilan Booth Toyota di GIIAS 2021, Ada Apa Aja?

Sumber: Top Gear

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya