Beranda Review Toyota Rush TRD Sportivo, Ini Fitur Lengkapnya

Toyota Rush TRD Sportivo, Ini Fitur Lengkapnya

JAKARTA, Carvaganza.com – Mobil ergenre SUV — apapun itu baik Low, Medium, maupun Big – mendapat panggung beberapa tahun terakhir. Pasar menginginkan sebuah kendaraan yang memiliki tampang macho dengan kemampuan kemana saja plus kenyamanan. Toyota hadir dengan All New Rush di segmen Low SUV. Kembaran Daihatsu Terios generasi baru bertambah lengkap fiturnya. Menjadikannya layak dipertimbangkan.

Kelengkapan fitur standar Rush saja sudah bisa diacungi jempol. Tapi tentu paling menarik tipe varian tertinggi TRD Sportivo. Update harga Toyota Rush TRD Sportivo Rp 266,55 juta untuk transmisi manual dan Rp 276,55 juta dengan transmisi otomatis 4-speed. Kalau berminat dengan meminang, daftar fitur ini bakal bikin keyakinan lebih mantap. Apa saja?

Secara tampilan, jika kita tidak jeli, mungkin sulit membedakan tampilan luar Rush TRD dan tipe G standar. Sekilas tak ada perbedaan. Kendati daftarnya tak panjang, cukup jelas terlihat. Paling kentara dari tulisan TRD Sportivo maupun aksesori bodi kit. Underguard di bumper depan dan belakang berbeda antara TRD dan tipe G. Side body molding hitam dan pelek machining alloy 17 juga eksklusif untuk TRD.

Lainnya terbilang sama. Fitur-fitur standar Rush disematkan seperti lampu depan LED, positioning lamp LED, lampu belakang kombinasi LED, antena model sirip ikan hiu (shark fin). Kemudian grille kromium hitam, spion elektrik dengan sein terintegrasi dan lampu rem yang ditempatkan pada spoiler. Tentang warna bodi, LSUV andalan T-brand tersedia dalam enam pilihan: putih, silver mica metallic, red mica metallic, bronze mica metallic, bordeaux mica dan black mica.

Baca juga: Modifikasi Toyota Fortuner, Off-roader dari Bollywood

Interior

Bicara kabin terlihat interior yang jauh lebih modern dari generasi pendahulu. Jok terbungkus material kain fabric dengan tuas transmisi dan lingkar kemudi dibungkus kulit sintetis. Warna hitam tetap mendominasi kabin. Khusus varian TRD Sportivo memakai skema dwiwarna hitam dan putih. Warna putih pada pada dasbor dan trim pintu merupakan soft touch. Sedang tutup console box berlapis kulit hitam juga soft touch, bisa difungsikan untuk arm rest pengemudi. Pengatur ketinggian dudukan untuk jok pengemudi dan lingkar kemudinya bisa disetel naik turun (tilt).

Rush TRD Sportivo sudah dilengkapi penyejuk otomatis. Tampilannya pun sudah digital dengan tombol pengaturan. Kabin belakang juga bisa menikmati udara sejuk berkat AC double blower. Tiap baris kursi dibekali dengan power slot 12V/60W. Fitur praktis dan sangat berguna, meski harus menambah alat lagi agar bisa terhubung dengan USB untuk mengisi daya smartphone.

Di tengah dashboard terdapat layar sentuh berpenampang 7 inci sebagai pusat hiburan. Head unit ini bisa memainkan CD/DVD. Maupun format video lainnya. Konektivitas standar lengkap termasuk Bluetooth dan iPod/iPhone Connectivity. Malah bisa langsung terkoneksi jaringan internet dan Miracast / Weblink dengan Waze Support. Selain sentuhan langsung, kendali juga bisa dimainkan dari tombol pada palang kemudi. Oh ya, layar pada dasbor juga berfungsi menampilkan tangkapan kamera di belakang. Sayangnya tanpa bantuan garis parkir.

Baca juga: Dihajar COVID-19, Penjualan Toyota dan Daihatsu Masih Dominan

Mesin

Jantung mekanis Rush menggunakan 2NR, 4-silinder 1,5 liter dual VVT-i. Output tenaganya 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 134 Nm pada 4.200 rpm. Transmisi otomatis konvensional 4-speed atau manual 5-speed tersedia, mendistribusikan output ke penggerak roda belakang. Dapur pacu yang juga digunakan pada keluarga Avanza dan Veloz didesain tetap punya performa meski mengejar efisiensi bahan bakar.

Nah, tak pelu repot dengan kunci remote. Cukup simpan di saku dan tekan tombol pada gagang pintu untuk mengakses kabin Rush TRD. Fitur praktis yang disebut Smart Entry itu punya partner Smart Start/Stop Button. Fungsinya untuk menyalakan dan mematikan mesin dengan cukup menekan tombol saja.

Satu lagi, Rush TRD Sportivo salah satu yang punya daftar fitur safety lengkap. Di segmennya, ia satu-satunya yang punya 6 SRS airbag (dua di depan, samping pengemudi, samping penumpang depan dan model tirai menutupi kaca samping kiri dan kanan. Deselerasi dengan teknologi anti penguncian roda (ABS) ditambah EBD dan BA, hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC) dan emergency brake signal.

Baca juga OTO: Simak Daftar Fitur Komplet Toyota Rush TRD Sportivo

ARDIANTOMI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto