Toyota Rilis Teaser Tampang Hyryder, SUV Hybrid Calon Rival Creta dan HR-V

  • 2022/06/Toyota-Urban-Cruiser-Hyryder-teaser-1.jpg
  • 2022/06/Toyota-Urban-Cruiser-Hyryder-teaser-4.jpg
  • 2022/06/Toyota-Urban-Cruiser-Hyryder-teaser-2.jpg
  • 2022/06/Toyota-Urban-Cruiser-Hyryder-teaser-3.jpg
  • 2022/06/Toyota-Urban-Cruiser-Hyryder-teaser-5.jpg
  • 2022/06/Toyota-Urban-Cruiser-Hyryder-teaser-6.jpg

NEW DELHI, Carvaganza – Toyota semakin siap untuk mengungkap penuh calon SUV (Sport Utility Vehicle) kompak terbarunya dalam waktu dekat, yaitu Toyota Hyryder. Mobil ini akan jadi lawan baru untuk Hyundai Creta dan Honda HR-V, dijadwalkan meluncur tanggal 1 Juli 2022, dua hari lagi. Nah sebelum peluncuran itu, Toyota merilis teaser resmi yang memperlihatkan semakin jelas desain dari Hyryder.

Salah satu hal yang ditonjolkan oleh Toyota lewat teaser Hyryder adalah teknologi hybrid yang akan dimilikinya. Beberapa lalu bahkan sempat beredar bocoran Hyryder yang sedang melakukan syuting untuk TVC. Beberapa elemen desainnya terlihat unik dan baru untuk sebuah Toyota, yang kemungkinan mobil ini akan dibawa juga ke pasar Indonesia.

Dari video teaser berdurasi hanya 15 detik itu, langsung terlihat lampu depan yang menjadi signature dari Hyryder. Lampu utama LED yang ramping mendominasi fascia depan, yang diberikan aksen chrome di bagian grille hitamnya. Sementara di bagian belakang menampilkan desain lampu dengan grafis LED bermotif capit ganda di setiap sisi, yang juga dihiasi lis chrome di pintu bagasinya.

Toyota Hyryder Teaser

Emblem “Hybrid” terpasang di pintu depan, tepatnya di bawah spion. Melihat tampilannya, spion luar juga dilengkapi dengan lampu sein dan kamera yang kemungkinan besar untuk menyajikan video 360 derajat di layar infotainment. Hal ini membuka kemungkinan akan adanya rangkaian teknologi keselamatan canggih dari TSS (Toyota Safety Sense) pada Hyryder.

Baca Juga: Toyota Siapkan SUV Baru Lawan HR-V dan Creta, Begini Tampangnya

Bicara soal hybrid, Toyota akan menyajikan opsi utama mobil ini dengan mesin 1.5 liter dan sistem elektrifikasi untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Sistem hibridisasinya bisa jadi identik dengan yang dimiliki Corolla Cross dan C-HR, yang memungkinkan berkendara sesaat dengan hanya tenaga listrik. Setidaknya itu prediksi yang beredar sejauh ini, soal powertrain yang akan dipadukan transmisi CVT.

Toyota Hyryder Teaser

Opsi sekunder Hyryder adalah menggunakan sistem mild-hybrid, namun dengan mesin 1.5 liter K15C dari Suzuki Ertiga di India. Kadar elektrifikasinya memang lebih kecil dibandingkan versi di atas sebelumnya. Teknologi ini juga baru Suzuki bawa ke Indonesia lewat Ertiga Hybrid. Opsi mesin ini kabarnya punya alternatif transmisi manual 5-speed dan otomatis 6-speed.

Soal dimensinya, Toyota Hyryder diperkirakan akan lebih dari 4 meter panjangnya, untuk memberikan ruang kabin yang lebih luas. Platformnya akan mengadopsi TNGA-B, lalu desain body yang akan berbagi dengan produk kembarannya di India dengan label Suzuki. Soal harga, jika melihat posisi segmennya, besar kemungkinan akan lebih terjangkau daripada C-HR yang lebih mahal dari Creta dan HR-V.

Toyota Hyryder Teaser

Toyota akan memproduksi Hyryder di Karnakata, India, bersama dengan produk kembarannya lansiran Maruti Suzuki nanti. Debut globalnya juga akan berlangsung di India, yang langsung disusul penjualannya. Dari situ, belum diketahui apakan Hyryder akan diekspor ke negara lain. Karena kalau melihat karakteristik pasarnya, India memiliki cukup kemiripan dengan Indonesia. Kita tunggu tanggal 1 Juli nanti jawabannya.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: SPYSHOT: Sosok Calon Toyota Vios Generasi Baru Keliaran di Thailand

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature