Toyota Siapkan SUV Baru Lawan HR-V dan Creta, Begini Tampangnya

Toyota Hyryder

JAKARTA, Carvaganza – Segmen SUV (Sport Utility Vehicle) kompak akan semakin ramai, dengan bocornya tampang calon model baru Toyota Urban Cruiser Hyryder. Model baru ini digadang-gadang masuk ke kelas yang diisi oleh Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Kia Seltos. Pengembangan model ini dilakukan oleh Toyota untuk pasar negara berkembang.

Debut Urban Cruiser Hyryder dikabarkan akan diawali di India mengingatnya sebagai produk kolaborasi dengan Maruti Suzuki, dijadwalkan pada bulan depan. Dengan karkateristiknya, berarti Toyota bisa meluncurkannya di negara berkembang lain, termasuk Indonesia. Tampang mobil ini bocor saat sedang melakukan pengambilan gambar untuk TVC.

Toyota Hyryder singkatnya, diprediksi menawarkan dua pilihan mesin. Pertama jenis mild hybrid 1.5 liter dengan kode K15C (seperti milik Suzuki Ertiga India). Padanannya transmisi manual atau otomatis 6-speed. Tenaga mencapai 103 hp di 6.000 rpm dan 136,8 Nm. Kemudian rumor selanjutnya pakai opsi hybrid 1.5 liter bertenaga 116 hp yang dikawinkan transmisi CVT.

Toyota Hyryder

SUV ini tidak mendapatkan opsi mesin diesel karena lebih fokus mengurangi emisi gas buang. Kemudian ia didasarkan pada versi lokal dari platform TNGA-B Toyota. Maruti Suzuki juga bakal membesut produk serupa berdasarkan platform sama.

Baca Juga: Mengenal Dekat Jeep Compass, SUV Sarat Dengan Kemewahan

Hyryder telah dikembangkan secara khusus untuk pasar India. Perusahaan berbagi platform dengan Maruti Suzuki, yang juga bakal memperkenalkan versi mereka. Dipastikan kedua SUV akan menampilkan gaya eksterior khas masing-masing. Juga punya diferensiasi visual eksterior. Nah, dalam hal bentuk, SUV garapan Maruti Suzuki diduga memiliki kisi-kisi depan lebih besar dari Toyota. Desain bumper juga berbeda.

Sedangkan punya Toyota yang bisa kita lihat dari bocoran terdapat intake udara besar di depan. Grille jaring-jaring membentang, khas garapan Toyota. Lalu headlamp depan memiliki pendar cahaya LED DRL (Daytime Running Light) yang dipasang tinggi dengan lampu depan di bawah. Lantas penggunaan velg diprediksi bakal memiliki desain dan finishing sebagai pembeda. Adapun sejumlah fitur diharapkan terpasang di keduanya. Seperti teknologi mobil terhubung (Toyota Connect, ADAS, kamera 360 derajat, sunroof, 6 airbag dan perangkat keamanan lain.

Hyundai Creta

Ada juga yang mengabarkan, interiornya memiliki fitur premium. Seperti layar sentuh 9 inci, HUD (Head-Up Display), konsol semi-digital, pengisi daya nirkabel. Lanjut panoramic sunroof, kursi berpendingin dan banyak lagi. Maruti maupun Toyota berusaha sekuat tenaga untuk merebut pasar segmen SUV kompak. Asal tahu, Suzuki Baleno dan Toyota Glanza yang baru-baru ini diluncurkan, terbilang sukses.

Perusahaan sepertinya banyak berharap kepada kedua SUV ini juga. Beberapa perlengkapan di produk berkode YGF maupun D22 diperkirakan tak kalah canggih dari rival. Dari sini kita bisa melihat, peluang market yang menjadi terbuka ketika dua perusahaan otomotif saling kerja bareng dalam menciptakan mobil. Nantikan informasi selanjutnya.
(ANJAR LEKSANA / WH)

Baca Juga: Volvo XC40 dan XC60 Siap Meluncur, Sudah Mendarat Di Indonesia

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature