Toyota Janjikan Harga bZ3 Terjangkau, Calon Rival Tesla Model 3

Toyota bZ3

JAKARTA, Carvaganza – Keseriusan Toyota untuk terus menghadirkan kendaraan elektrifikasi pada konsumen terlihat begitu gencar belakangan ini. Salah satunya ialah peluncuran bZ4X yang mengisi segmen crossover listrik dan akan dilanjutkan dengan peluncuran bZ3 yang berada di segmen sedan. Secara gamblang, Toyota juga akan mengisi pada segmen lainnya mulai dari supermini untuk kendaraan perkotaan, roadster, SUV, komersial kompak hingga sedan untuk meramaikan pasar EV dunia.

Sementara sedan konsep bZ yang digadang-gadang akan menjadi salah satu pemain besar di perang EV ini akan segera masuk jalur produksi dengan nama bZ3. Toyota juga dikabarkan akan menempatkan bZ3 pada pasar potensial seperti Cina dan Amerika, diikuti dengan isu untuk menjegal eksistensi Tesla Model 3. Meski demikian, Toyota saat ini tengah melakukan sejumlah penyempurnaan pada sedan konsepnya tersebut dan direncanakan akan dipasarkan pada 2024 mendatang.

Toyota yang bekerja sama dengan BYD untuk pengembangan bZ3 ini akan menggunakan teknologi baterai lithium fosfat blade yang lebih inovatif. Bahkan teknologi tersebut disebut sebagai salah satu alternatif yang aman dan lebih pada energi dibandingkan dengan lithium ion konvensional. Toyota juga menyatakan bahwa dimensi pada baterai tersebut jauh lebih kompak sehingga memberikan ruang kabin yang kompetitif dibandingkan model sejenisnya.

Toyota bZ3

Sayangnya sebelum Toyota berniat meluncurkan bZ3 pada beberapa tahun ke depan, saat ini VW tengah bersiap untuk memasarkan ID6 pada tahun depan diikuti oleh Hyundai Ioniq 6 dengan sasaran pasar yang sama. Sementara Toyota baru saja merilis Crown dengan konsep fastback untuk pasar Cina dan AS namun ditenagai oleh mesin pembakaran internal.

Baca Juga: Sebelum Meluncur, Simak Dulu Informasi Platform Milik Toyota Innova Zenix

Kembali lagi pada rencana untuk memasarkan Toyota bZ3 dikutip dari US News, Toyota berniat akan memproduksinya di Cina di fasilitas yang sama dengan Toyota bZ4X. Sementara dengan perakitan lokal tersebut diharapkan Toyota akan membanderol bZ3 dengan harga yang lebih murah dari Tesla Model S atau kendaraan sejenisnya. Sebagai gambaran, Toyota bZ3 dikabarkan memiliki dimensi menyerupai Corolla namun dengan ruang belakang yang lebih lega serta fungsional.

Sedan Toyota bZ3 pertama kali dipamerkan pada tahun lalu bersama dengan 15 kendaraan prototipe Toyota lainnya seperti bZ4X, bZ Small Crossover, bZ Compact SUV, bZ SDN, bZ Large SUV, Lexus Electrified Sport, Lexus RZ, Lexus Electrified Sedan, Lexus Electrified SUV, Mid Box, Micro Box, Sports EV, Crossover EV, Compact Cruiser EV, Pickup EV, dan Small SUEV.

Toyota bZ3

Dalam pengembangan kendaraan listrik, Toyota memastikan akan menggunakan model yang sepenuhnya baru termasuk penggunaan khusus e-TNGA. Apalagi di sisi lain, Toyota diketahui masih percaya diri bahwa elektrifkasi bukan satu-satunya jawaban untuk dekabornisasi dari mobil.

"Kami tidak hanya akan menambahkan opsi EV baterai ke model kendaraan yang ada tetapi juga akan menawarkan jajaran lengkap model produksi massal dengan harga terjangkau, seperti seri bZ, untuk memenuhi kebutuhan semua jenis pelanggan," kata Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Renault 5 Turbo 3E Siap Debut di Paris Motor Show, Hatchback EV Jago Drifting

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature