Renault 5 Turbo 3E Siap Debut di Paris Motor Show, Hatchback EV Jago Drifting

  • 2022/09/Reanult-5-Turbo-3E-EV-6.jpg
  • 2022/09/Reanult-5-Turbo-3E-EV-1.jpg
  • 2022/09/Reanult-5-Turbo-3E-EV-5.jpg
  • 2022/09/Reanult-5-Turbo-3E-EV-4.jpg
  • 2022/09/Reanult-5-Turbo-3E-EV-2.jpg
  • 2022/09/Reanult-5-Turbo-3E-EV-3.jpg

PARIS, Carvaganza – Dalam rangka merayakan eksistensi Renault 5 ke-50 tahun, pabrikan berencana untuk menghadirkan Renault 5 Turbo 3E pada Paris Motor Show 2022. Hal menarik yang akan disematkan pada Renault 5 Turbo 3E ini adalah desain eksteriornya menggunakan wujud Turbo 2 dan memiliki fitur khusus drifting dengan sumber tenaga listrik murni. Meski demikian, model yang akan tampil ini merupakan wujud prototipe dan belum dijadwalkan apakah segera diproduksi dalam waktu dekat.

“Konsep yang disajikan pada prototipe Renault 5 Turbo 3E ini adalah mobil listrik tetap dapat dikendarai dengan gaya apapun termasuk untuk bersenang-senang atau drifting. Kami bertujuan untuk memberi penghormatan pada Renault 5 yang telah memberikan banyak kontribusi pada pabrikan khususnya di dunia motorsport,” kata Gilles Vidal, Vice President Design of Renault Brand.

Motor listrik yang ditanamkan pada Renault 5 Turbo 3E ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 370 hp tanpa jeda. Di samping itu, pabrikan juga menyematkan tiga mode drifting yang ditujukan untuk memudahkan pengendara melakukan drifting, berputar-putar atau berakselerasi secara cepat. Walaupun ketiga fitur ini belum pernah tersedia dalam jajaran Renault 5 yang pernah eksis di era 1980-an.

Renault 5 Turbo 3 E

Uniknya lagi, ketika salah satu mode pengendaraan tersebut diaktifkan secara otomatis lampu LED di bagian depan mobil akan menyala dengan pilihan warna kuning, pink dan biru. Bahkan Renault juga mengakomodasi kebutuhan pengendara yang ingin mengabadikan momennya drifing bersama dengan Turbo 2 dengan menyediakan 10 braket untuk kamera aksi seperti Gopro di dalam dan luar mobil.

Baca Juga: Pengujian Total Rolls-Royce Spectre Lanjut Ke Nurburgring Untuk Asah Performa

Di samping itu, Renault 5 Turbo 3E yang dibuat untuk kebutuhan drifting memang dirancang secara khusus dengan beberapa material khusus. Salah satunya ialah air intake di bagian depan yang dapat meningkatkan downforce serta menjadi pendingin alami untuk baterai. Selain itu, tersedia pula spoiler berukuran besar yang juga meningkatkan tingkat aerodinamika kendaraan lebih maksimal lagi.

Renault 5 Turbo 3E ini akan dibekali dengan baterai lithium ion berkapasitas 42 kWh yang menggerakan dual motor ke seluruh rodanya. Meski tidak ada angka resmi, namun sejumlah sumber mengatakan bahwa Turbo 3E ini mampu berakselerasi dari 0–100 km/jam dalam 3,5 detik dengan kecepatan maksimal 200 km/jam. Di samping itu, baterai yang terisi penuh ini juga mampu membawa Renault 5 Turbo 3E ini menjelajah sejauh 321 km.

Renault 5 Turbo 3 E

“Turbo 3E menggabungkan desain ultra-teknologi dan kegembiraan yang disengaja dengan banyak referensi ke dunia balap mobil dan video game. Selain itu, Renault 5 Turbo 3E ini menunjukkan bahwa mobil listrik juga bisa menyenangkan dengan kinerja yang luar biasa,” tambah Vidal.

Sementara itu terdapat aksen-aksen dari Turbo 2 yang juga disematkan pada prototipe Turbo 3E ini di antaranya ialah saluran udara di bagian samping dan fender belakang dengan desain yang ikonik. Serta desain bonnet, pintu dan kokpit yang juga terlihat begitu mirip dengan Turbo 2. Sebelum dibawa ke Paris Motor Show 2022, prototipe bersama dengan keluarga Renault 5 lainnya hadir di ajang Chantily Arts and Elegence Contest di Perancis.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: BMW XM Meluncur Sebagai Model PHEV Pertama M, Torsinya Tembus 1.000 Nm

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Renault Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature